Kemampuan Membaca Pada Penerapan Metode The Silent Way Dalam Pengajaran Bahasa Inggris

Main Article Content

Laila Ashila
Wafa Khilda Dalilah

Abstract

Bahasa Inggris merupakan salah satu pelajaran yang sering dikatakan sulit bagi peserta didik. Namun, Pelajaran ini dapat membantu bidang komunikasi dan mendukung pembelajaran secara global. Cara untuk memastikan siswa menikmati pembelajaran bahasa Inggris adalah dengan mengembangkan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi presentasi pada saat di kelas dan melalui kajian literatur (Library Research). Tujuannya untuk menghasilkan data serta memberikan gambaran secara garis besar mengenai kemampuan membaca bahasa Inggris pada penerapan metode “The Silent Way”. Metode “The Silent Way” adalah metode yang memberikan sedikit instruksi dari guru dan lebih banyak memberi kesempatan kepada siswa. Metode ini mendorong pembelajaran yang nyaman, dan efektif dalam melatih kemampuan membaca bahasa Inggris siswa.

Article Details

How to Cite
Ashila, L., & Wafa Khilda Dalilah. (2024). Kemampuan Membaca Pada Penerapan Metode The Silent Way Dalam Pengajaran Bahasa Inggris . Karimah Tauhid, 3(5), 5745–5754. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13223
Section
Articles

References

Aathifah Al Farros, & Masrun. (2024). Metode Shamitah (The Silent Way Method) dalam Pembelajaran Bahasa Arab. INTIFA: Journal of Education and Language, 1(1), 96–104. https://doi.org/10.62083/7jg41m70

Annisa, M. N., Puspita, D. R., & Magdalena, I. (2022). Analisis Kesalahan Pelafalan Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 38. https://doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3300

Bancin, N., Nursahfitri, H., Nurhalimah, N., & ... (2023). Efektifitas Penerapan Metode Silent Way Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Mts Dar Al-Hikmah Pekanbaru. Kabilah: Journal of …, 8(14). http://ejournal.iainata.ac.id/index.php/kabilah/article/view/344

Dewi, N. L. D. S., Utami, G. W. N., & Wardhana, I. G. N. P. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Simple Present Tense Menggunakan Alat Permainan Lego Sebagai Media Pembelajaran. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(4), 1254. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8833

Gunantar, D. A. (2020). Kesalahan Pengucapan Bahasa Inggris Pada Mahasiswa (Error Pronunciation). 22(2), 272–283.

Herlina, H. (2016). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Melalui Metode Sq4R. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 11(1), 29–35. https://doi.org/10.21009/jiv.1101.4

Junanah, J. (2014). Silent Way: Metode Pembelajaran Bahasa Arab yang Mendorong Peserta Didik Lebih Kreatif, Mandiri, dan Bertanggung Jawab. el-Tarbawi, 7(1), 41–50. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol7.iss1.art4

Kustanti, D., & Prihmayadi, Y. (2017). Problematika Budaya Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal al-Tsaqafa, 14(01), 172.

Lutfiyah. (2020). Penerapan Metode Silent Way dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab diMI. Miftahul Ulum Karang Semanding Balung. Al Ashr: Jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar., 5(2), 53–68.

Meliyawanti, M., & Dewi, L. M. (2020). Pengaruh Metode the Silent Way terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pulosari Kabupaten Pandeglang Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Literasi, 1(1), 14–23. http://www.jkqh.uniqhba.ac.id/index.php/literasi/article/view/152

Munandar, I., Indira, D., & Darmayanti, N. (2021). Kesalahan Pengucapan Vokal Bahasa Inggris Mahasiswa “Kelas Berbicara” UIN Sunan Gunung Djati. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(2), 157. https://doi.org/10.14421/ajbs.2021.05202

Nasution, S. (2012). Metode Konvensional Dan Inkonvensional Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 259–271. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.452

Pratiwi, V. U., Astuti, P. I., & Handayani, S. (2015). Kemampuan Membaca Teks Bahasa Inggris. Magister ScPratiwi, V. U., Astuti, P. I., & Handayani, S. (2015). Kemampuan Membaca Teks Bahasa Inggris. Magister Scientiae, 0(38), 132–142. https://doi.org/10.33508/MGS.V0I38.789ientiae, 0(38), 132–142. http://journal.wima.ac.id/index.php/Magister_Scientiae/article/view/789

Prihatini, D. A. (2014). Penggunaan Metode Silent Way Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Di Pia English Course Manado. 0–15. http://www.springer.com/series/15440%0Apapers://ae99785b-2213-416d-aa7e-3a12880cc9b9/Paper/p18311

Priyastuti, M. T., Resanti, M., & Yoga, G. S. (2020). Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris dengan Media Ular Tangga bagi Siswa SD Antonius 2 Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 72. https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.106

Susanti, R. (2002). Penguasaan kosakata dan kemampuan membaca bahasa inggris. Jurnal pendidikan penabur, 01, 87–93.

Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhidi, 2(2), 97–106. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/dt.v2i2.307

Sya, M. F. (2017). Menumbuhkan Minat Baca Dan Belajar Anak Melalui Teras Ilmu: Berbasis Pendidikan Karakter Tauhid. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 29–42., 32. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/ejpm.v1i1.2597

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Ulya, D. I. (2010). Efektivitas Silent Way Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Tingkat Dasar Di Sekolah Menengah Atas (Penelitian Terhadap Siswa-Siswi Kelas Xi Sma Lab School Upi Tahun Ajaran 2009/2010). 401. http://repository.upi.edu/id/eprint/103078