Pengaruh Perkembangan Psikologi Siswa SD untuk Meningkatkan Keberhasilan Akademik

Authors

  • Zahra Prameswari Naila Putri Universitas Djuanda
  • Sobrul Laeli Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14074

Keywords:

Psikologi Perkembangan, Pembelajaran, Keberhasilan Akademik

Abstract

Psikologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia baik secara individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Kegiatan pembelajaran di kelas cenderung dipengaruhi secara signifikan oleh perkembangan psikologis anak. Anak-anak memiliki karakteristik yang berbeda. Mereka juga memiliki efek psikologis yang berbeda. Ketika berbicara tentang prinsip-prinsip psikologi pendidikan yang harus diterapkan pada pengajaran siswa, maka ada beberapa hal yang guru dalam konteks formal dan informal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja profesional dalam mengimplementasikan rencana pembelajaran; hal ini terutama terkait dengan psikologi pendidikan. Guru yang mahir dalam perspektif psikologi pendidikan adalah guru yang dapat menggunakan prinsip-prinsip psikologis dan semua informasi penting. Akibatnya, pemahaman siswa tentang pentingnya psikologi pendidikan akan mempengaruhi seberapa baik mereka melakukan tugas-tugas tertentu. Perkembangan psikologis siswa di sekolah dasar adalah yang pertama. Oleh karena itu, agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik, pendidik harus memahami setiap perbedaan tersebut.

References

Budiningsih, C. A. (2005). Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Dalyono, M. (2001). Psikologi pendidikan (Komponen MKDK). Jakarta: Rineka Cipta.

Dewantara, K. H. (1961). Karya Ki Hajar Dewantara bab I: Pendidikan. Jakarta: Majelis Luhur Taman Siswa.

Dimyati, M. M. (1989). Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: DEPDIKBUD Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi P2LPTK.

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2007). How to Design and Evaluate Research in Education. Singapore: The McGraw-Hill Companies.

Ina Magdalena, Nurlaelah, & Indah Rahmatul Hasanah. (2023). PENGARUH PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK SDN CENGKLONG 1TERHADAP KEBERHASILAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR. 2023-04-24, Vol. 3 No. 2 (2023): May, 12. https://doi.org/10.47353/bj.v3i2.235

Landgren, S., & Olsson, K. (1980). “Oral Mechanoreceptor”, dalam S. Grillner B. Lindblom, J.F. Lubker & A. Persson (eds.), Speech Motor Control,. Oxford: Pergamon Press.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Porbakawatja, R. S., & Harahap, H. A. H. (2015). Ensiklopedi pendidikan. Jakarta : Gunung Agung.

Saleh, A. R. (2009). Pengantar kepustakaan: Pedoman bagi pengguna perpustakaan di lingkungan Perguruan Tinggi. Jakarta : Sagung Seto.

Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (1984). Psikologi pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Syah, M. (2003). Psikologi belajar. Depok : Rajawali Pers.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Witherington, H. C. (1982). Psikologi pendidikan (Ahli Bahasa: M. Buchori). Bandung : Jemmars.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Putri, Z. P. N., & Laeli, S. . (2024). Pengaruh Perkembangan Psikologi Siswa SD untuk Meningkatkan Keberhasilan Akademik. Karimah Tauhid, 3(7), 7266–7275. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14074
Abstract viewed = 2 times