Pengawasan Mutu Pangan : Pencemaran dan Pemalsuan yang Sering Terjadi pada Produk Pangan

Authors

  • Moch. Fadlal Islamay Pribadi Universitas Djuanda
  • Raden Siti Nurlaela Universitas Djuanda
  • Ikbar Imami Achyari Universitas Djuanda
  • Muhammad Haekal Syaban Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13994

Keywords:

Pencemaran pangan, Pemalsuan mutu, Keamanan pangan, Kesehatan masyarakat, Pengawasan produk pangan

Abstract

jurnal ini mengeksplorasi isu pencemaran dan pemalsuan mutu produk pangan, yang merupakan tantangan signifikan dalam kesehatan masyarakat dan keamanan pangan global. Pencemaran produk pangan dapat terjadi akibat kontaminasi fisik, kimia, atau biologis selama proses produksi, pengolahan, atau distribusi. Pemalsuan mutu produk pangan, di sisi lain, melibatkan praktik penipuan seperti penggunaan bahan baku yang tidak sesuai, pelabelan yang menyesatkan, dan manipulasi kandungan gizi. pencemaran dan pemalsuan mutu produk pangan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari keracunan makanan hingga penyakit kronis. Selain itu, kasus-kasus ini mengurangi kepercayaan konsumen terhadap industri pangan dan regulatornya. Dalam jurnal ini menekankan pentingnya pengawasan yang lebih ketat, implementasi standar keamanan pangan yang lebih baik, serta edukasi konsumen untuk memitigasi risiko yang ditimbulkan oleh pencemaran dan pemalsuan produk pangan.

References

Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI). 7 Jenis Pemalsuan Pangan. [internet]. [diakses 25 juni 2024]. Tersedia dari : Inilah 7 Jenis Pemalsuan Pangan | LPPOM MUI (halalmui.org).

Hubeis, M. 1994. Pemasyarakatan ISO 9000 untuk Industri Pangan di Indonesia .Buletin Teknologi dan Industri Pangan. Vol. V (3). FakultasTeknologi Pertanian, IPB Bogor.

Irawan, H. D. W. P., dan Indraswati, H. D. 2023. Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP). Poltekkes Kemenkes : Surabaya.

Kadarisman, D.1996. ISO (9000 dan 14000) dan Sertifikasi .Buletin Teknologi dan Industri Pangan. Vol. VII (3). Fakultas Teknologi Pertanian, IPB.Bogor.

Kramer, A. dan B.A. Twigg. 1983. Fundamental of Quality Control for theFoodIndustry . The AVI Pub. Inc., Conn., USA

Mamuaja, C. F. 2016. Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan. UNSRAT Press : Manado.

Pudjiraharju, A. 2017. Pengawasan Mutu Pangan. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia kesehatan.

Spink, John, dan Douglas C. Moyer. 2011. Mendefinisikan ancaman penipuan pangan terhadap kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmu Pangan 76: R157–R163.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Pribadi, M. F. I. ., Nurlaela, R. S. ., Achyari, I. I. ., & Syaban, M. H. . (2024). Pengawasan Mutu Pangan : Pencemaran dan Pemalsuan yang Sering Terjadi pada Produk Pangan. Karimah Tauhid, 3(6), 7147–7156. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13994
Abstract viewed = 9 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2