Strategi Digital Marketing Institut Agama Islam Sahid

Main Article Content

Rio Maulana Fahreza
Abdul Kholik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran promosi pemasaran yang dilakukan oleh Institut Agama Islam Sahid Bogor (INAIS) melalui iklan dan public relations dalam menarik calon mahasiswa baru, serta mengetahui keputusan mahasiswa untuk memilih Institut Agama Islam Sahid Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah staf marketing dan mahasiswa baru INAIS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi pemasaran yang dilakukan INAIS melalui iklan dengan menggunakan media konvensional dan new media. Iklan melalui media konvensional berupa spanduk dan brosur, sementara iklan melalui new media menggunakan platform seperti youtube, Instagram, dan website. Kegiatan public relations yang dilakukan oleh INAIS berupa kunjungan ke SMA/SMK yang potensial, serta mengadakan kegiatan dengan bekerjasama dengan sekolah-sekolah tersebut. Beberapa narasumber yang merupakan mahasiswa baru INAIS mengaku tertarik menjadi mahasiswa di INAIS karena selain lokasinya dekat dengan domisili mereka serta biaya pendidikan yang terjangkau, mereka pun tertarik dengan iklan melalui new media yang menampilkan keunggulan seperti jurusan yang tersedia, kegiatan kemahasiswaan yang aktif, prestasi yang diraih, serta penawaran beasiswa yang menjanjikan.

Article Details

How to Cite
Fahreza, R. M., & Kholik, A. (2024). Strategi Digital Marketing Institut Agama Islam Sahid. Karimah Tauhid, 3(4), 4422–4430. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12694
Section
Articles

References

Abdurrahman, N. H. (2015). manajemen strategi pemasaran. bandung: cv. pustaka setia.

Ardiyansyah, R. S. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Di Puspa Agro. Strategi Pemasaran, 3(2), 1–8.

Kanthi, Y. A. (2018). Pengaruh Iklan dan Public Relation Terhadap Citra Institusi Serta Keputusan Mahasiswa Memilih Kampus STIKI Malang Sebagai Tempat Studi. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 12(01).

Kholik, A. & Laeli, S. (2020). Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Sekolah Alam Berbasis Model Resource-Based View. Tadbir Muwahhid,4(1), 73-97.

Mubarok, m. (2009). manajemen strategi. KUDUS: DIPA STAIN KUDUS.

Mulyanto. (2020). Loyalitas Mahasiswa:Dampak Persepsi Buran Komunikasi terhadap Proses Keputusan Memilih Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 17(2), 107-116.

Musrid M, Manajemen Pemasaran Ed 1 Cet 7 (Jakarta: Bumi Aksara, 2014), 95.

Nana Herdiana Abdurrahman, Manajemen Bisnis Syariah dan kewirausahaan (Bandung: Pustaka Setia, 2013), 349.

P, H. A. (2020). Public Relations Management In Building The Image Of Schools In Senior High School. Journal Of The Community Development In Asia, 3(3), 1–6. .

Putri, D. (2022). Jurnal Assosiativ, 1(1):11-16.

Rofiq, A. A. (2013). Pengaruh Penerapan Aida (Attention,Interest, Desire, Action) terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1), 1–10.

Sandyakala, M. (2020). Peran Public Relations dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan. Jurnal at-Tadbir:Media Hukum dan Pendidikan, 30(2), 184-19.

Tuffour, I. (2017). A Critical Overview of Interpretative Phenomenological Analysis: A Contemporary Qualitative Research Approach. Journal of Healthcare Communications., Vol. 2 No. 4,.

Yusmanto & Wulandari. (2019). Pengaruh Personal Selling dan Iklan Terhadap Proses Keputusan Mahasiswa Memilih Tempat Kuliah. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 21(3),213-222.