Analisis Mutu Pembelajaran Berdasarkan Linieritas Keilmuan Guru Bidang Studi di MTs Assa’adah

Main Article Content

Adinda Salma Aqilah
Zahra Khusnul Latifah
Abdul Kholik

Abstract

Problematika kualitas mutu di dunia pendidikan terjadi karena kualitas lulusan, kualitas pembelajaran dan kualitas kinerja guru. Masih banyak guru yang mengajar tidak sesuai dengan lulusan dengan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Dalam konteks ini ditegaskan bahwa linieritas guru merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan mutu pembelajaran sebagai tingkat keberhasilan prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mutu pembelajaran berdasarkan linieritas keilmuan guru bidang studi. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner kepada 34 guru di MTs Assa’adah menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif menggunakan perhitungan WMS (Weight Means Scored). Hasil analisis menunjukkan bahwa mutu pembelajaran berdasarkan linieritas guru secara keseluruhan diklasifikasikan dengan baik berdasarkan nilai skor rata-rata 2,86 atau 71,5%. Ini menunjukkan bahwa guru memiliki kualitas mutu pembelajaran yang baik. Oleh karena itu, guru harus diberikan kekuatan untuk memaksimalkan kualitas mutu pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Aqilah, A. S. ., Latifah, Z. K., & Kholik, A. (2024). Analisis Mutu Pembelajaran Berdasarkan Linieritas Keilmuan Guru Bidang Studi di MTs Assa’adah. Karimah Tauhid, 3(4), 4618–4628. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12865
Section
Articles

References

Agustang, A. 2021. “Makalah ‘Masalah Pendidikan Di Indonesia.’” Www.Melianikasim.Wordpress.Com 0–19.

Amini, Manna, Marina Dwi Mayangsari, Dan Rika, and Vira Zwagery. 2019. “Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Komitmen Tugas Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi the Relationship Between1Self6Directed Learning and Task Commitment Among Psychology Student.” Jurnal Kognisia 2(2):149–52.

Gusrizaldi, Rogi, and Eka Komalasari. 2016. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan.” Valuta 2(2):286–303.

Imron Fauzi. 2019. “Problematika Kebijakan Linierisasi Dan Mutasi Guru Di Kabupaten Jember.” Jurnal Pendidikan Islam Tarbiyatuna 58(6):836–40. doi: 10.7868/s0044457x13060081.

Irawan, T., Hasan, M., & Fernadi, M. F. (2021). Supervisi Akademik Kepala Madrasah‎ dalam‎ Meningkatkan Mutu‎ Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah‎ Hidayatul Mubtadi’in Jati Agung Tahun‎ Pelajaran‎ 2020/2021‎. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(02), 47-67.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI Nomor 46 Tahun 2016 Tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik. 1-4.

Manaf, Abdul, Dosen Stais, and Lantaboer Bekasi. 2017. “Hubungan Pemberdayaan Guru Terhadap Profesionalisme Guru Dan Mutu Pendidikan.” Tanzhim 1(02):108–18.

Mawardi, Amirah, Syarifuddin Ondeng, Muh. Sain Hanafy, and Muhammad Yaumi. 2018. “Pengaruh Kualifikasi Akademik Dan Prestasi Akademik Dosen Terhadap Mutu Pembelajaran.” TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(02):93–110. doi: 10.26618/jtw.v3i02.1596.

Ningrum, E. W. 2022. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Religiulitas, Dan Linieritas Tugas Mengajar Terhadap Kinerja Guru SMP/MTs Muhammadiyah.”

Pramudya, A., Tanjung, A., Hasibuan, E., Salamah, I. A., Azzahrah, N., Khotima, N., & Harahap, T. S. A. (2022). Implementasi Profesionalisme Tenaga Pendidik Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 190-200.

Ramdhani, Muhammad Rendi, and Abdul Kholik. 2022. “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Berdasarkan Layanan Akademik Pada Masa Covid-19 Di Perguruan Tinggi Swasta Bogor.” Tadbir Muwahhid 6(1):1–15. doi: 10.30997/jtm.v6i1.4790.

Warisno, Andi. 2022. “Konsep Mutu Pembelajaran Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Andi.” Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability 4(1):1–12.

Wijaya, F. Z., and D. Supriyanto. 2018. “Pengaruh Linieritas Pendidikan Formal Guru Terhadap Kompetensi Pedagogik Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah 1 Sooko Mojokerto.” PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education 96–107.