Implementasi Kurikulum Merdeka : Persepsi Guru Sekolah Dasar

Main Article Content

Dinda Aulia
Rusi Rusmiati Alliyah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh pemahaman mengenai pandangan guru terkait pelaksanaan kurikulum merdeka di berbagai sekolah dasar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi-struktural pada 15 guru Sekolah Dasar yang berada pada kota dan kabupaten berbeda. Penelitian ini menerapkan analisis data dengan kuasi kualitatif tematik. Hasil analisis menyajikan empat subtema yakni, strategi, tantangan, dukungan dan manfaat yang ditemui dalam pelaksanaan kurikulum merdeka. Hasil dari kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa persepsi guru memiliki peran penting pada proses pendidikan. Mengingat guru atau pendidik berfungsi sebagai fasilitator utama dalam pembelajaran. Guru atau pendidik memiliki peran sentral dengan tujuan membimbing, membentuk, dan memberikan arahan agar siswa mencapai kehidupan yang lebih baik. Oleh karena itu, perencanaan kurikulum yang matang menjadi kunci untuk mencapai tujuan pendidika. Penelitian ini memiliki kontribusi penting dalam memahami pelaksanaan atau penerapan kurikulum merdeka di sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Aulia, D. ., & Alliyah, R. R. . (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka : Persepsi Guru Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(3), 2979–2996. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12209
Section
Articles

References

Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Iii, B. A. B., Penelitian, A. J., Pendekatan, D., & Penelitian, J. (n.d.). Bab iii.

Islam, U., Sumatera, N., Medan, U., Willem, J., Pasar, I., Medan, V., Sei, K. P., Kabupaten, T., Serdang, D., & Utara, S. (2023). Hambatan dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu Abdul Fattah Nasution. Journal on Education, 05(04), 17308–17313.

Melawati Fatma Sari. (2019). Dampak pendampingan Program Sosial Entrepreneur Dompet Dhuafa Yogyakarta Perspektif Ekonomi Islam. Ekonomi, 52–60.

Nasution, S. W. (2021). PROSIDING PENDIDIKAN DASAR URL: https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Nisa, A. W., & Andaryani, E. T. (2023). Peran Dan Manfaat Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Jenjang Sekolah Dasar. Simpati: Jurnal Penelitian …, 1(4).

Nurindah, L., Fitriana, L., Ahid, N., Prasetiyo, G. E., & Daratista, I. (2022). Kebijakan Pokok dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. Journal On Teacher Education, 4(2), 1505–1511.

Penelitian, P., Mulyani, M. E., & Pascasarjana, P. (2009). digital_120516-T 25582 -pelaksanaan mekanisme-metodologi.

Purnamawati, A. (2012). Penerapan Metode Penelitian Kualtatif untuk Manajemen. Jurnal EQUILIBRIUM, 5(January), 1–7.

Ramadina, E. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Mozaic : Islam Nusantara, 7(2), 131–142. https://doi.org/10.47776/mozaic.v7i2.252

Saputra, D. W., & Hadi, M. S. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara Dan Kepulauan Seribu Tentang Kurikulum Merdeka. Jurnal Holistika, 6(1), 28. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.28-33

Sumarandak, M. E. N., Tungka, A. E., Egam, P. P., Arsitektur, J., Ratulangi, U. S., Arsitektur, J., & Ratulangi, U. S. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kawasan Monumen Di Manado. Jurnal Spasial, 8(2), 255–268.

Suratno, J., Sari, D. P., & Bani, A. (2022). Kurikulum Dan Model-Model Pengembangannya. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(1), 67–75.

Suryantika, I., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Pembelajaran di Luar Kelas pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(6), 3103–3134.

Suwardi, A. A., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru dalam Mengelola Minat Belajar Siswa pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2, 2948–2965.

Syahbana, A., Asbari, M., Anggitia, V., & Andre, H. (2024). Revolusi Pendidikan: Analisis Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 27–30.

Wurdiana Shinta, L. E. (2021). Perkembangan Kurikulum Di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. Jurnal Edudikara, 2(2), 3–5.