Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad ( Student Team Achievement Division) Pada Materi Mahluk Hidup

Main Article Content

Neng Siti Farhatul Azizah
Rusi Rusmiati Alliyah

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) didefinisikan sebagai kumpulan pengetahuan yang tersusun Salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dilaksanakan di SD Negeri Cimande 01. Penelitian ini berjumlah dua siklus di desain dalam setiap siklusnya terdapat pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi, dengan nilai KKM yang ditentukan adalah 66. Hasil penelitian ini dibagi menjadi dua siklus dengan menggunakan tingkat persentase keberhasilan dalam kemampuan siswa dalam mengerjakan tes disetiap akhir pembelajaran serta aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklusnya yakni: siklus pertama siswa hanya memperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 67,85, pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi 84.82 maka penelitian dikatakan berhasil mencapai nilai KKM yang ditentukan yaitu 66. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh data bahwa model pembelajaran STAD dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari nilai yang diperoleh siswa dari siklus 1 sampai dengan siklus2 peningkatan secara signifikan.

Article Details

How to Cite
Azizah, N. S. F. ., & Alliyah , R. R. . (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad ( Student Team Achievement Division) Pada Materi Mahluk Hidup. Karimah Tauhid, 3(3), 3458–3503. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12373
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54-72.Afifah, D. S. N. (2012). Interaksi belajar matematika siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(2), 145-152.

Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126-143.

Gita, S. D., Annisa, M., & Nanna, W. I. (2018). Pengembangan modul IPA materi hubungan makhluk hidup dan lingkungannya berbasis pendekatan kontekstual. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(1).

Gita, S. D., Annisa, M., & Nanna, W. I. (2018). Pengembangan modul IPA materi hubungan makhluk hidup dan lingkungannya berbasis pendekatan kontekstual.

LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(1).

Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178-184.

Maslina, A. S. A. A., Saputro, B., & Kusumawati, E. R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Dengan Media Audio Visual Pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup Di Pendidikan Dasar. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(1), 70-80.

Nugroho, U., & Edi, S. S. (2009). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasiketerampilan proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2).

Nur, F. M. (2012). Pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran sains kelas V SD pada pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan. Jurnal penelitian pendidikan, 13(1), 67-78.

Permatasari, D. N., & Desstya, A. (2022). Analisis Kebutuhan Modul Pembelajaran Tematik Peduli Terhadap Makhluk Hidup Berbasis Penguat Karakter IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5638-5645.

Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah UniversitasMuhammadiyah Aceh, 6(2, Oktober), 122-130.

Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untukmeningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.

Utami, S. (2015). Peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe stad pada pembelajaran dasar sinyal video. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4), 424-431.

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbasismedia sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175-196.

Suryantika, I., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Pembelajaran di Luar Kelas pada Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 2(6), 3103- 3134.

Most read articles by the same author(s)