Hubungan Keterampilan Pendidik Selama Pembelajaran Daring dengan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar

Main Article Content

Nelly Astuti
Supriyadi
Frida Destini

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Metro Pusat yang disebabkan oleh kurangnya keterampilan pendidik mengelola kelas pada pembelajaran daring. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan antara keterampilan pendidik mengelola kelas pada pembelajaran daring dengan hasil belajar. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto korelasi. Populasi berjumlah 185 orang peserta didik dan sampel berjumlah 66 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan korelasi sebesar 0,678 berada pada taraf “Kuat” yang yang menunjukkan keterhubungan antara variabel X dan Y pada penelitian ini. Adapun kontribusi variabel X terhadap Y yakni sebesar 45,97%. Berdasarkan hal tersebut terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan pendidik mengelola kelas pada pembelajaran daring dengan hasil belajar IPA peserta didik sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Astuti, N., Supriyadi, & Frida Destini. (2022). Hubungan Keterampilan Pendidik Selama Pembelajaran Daring dengan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 169–183. https://doi.org/10.30997/dt.v9i2.6526
Section
Articles

References

Baber, H. (2020). Determinants of Students’ Perceived Learning Outcome and Satisfaction in Online Learning During The Pandemic of Covid19. Journal of Education and E-Learning Research, 7(3). https://doi.org/10.20448/journal.509.2020.73.285.292

Febrianty, D., & Cendana, W. (2021). Keteladanan Guru dalam Menanamkan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Daring. Musamus Journal of Primary Education, 3(2). https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i2.3302

Handayani, N. A., & Jumadi, J. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033

Hernanto, M. D., Atmojo, I. R. W., & Ardiansyah, R. (2021). Persepsi Orang Tua Peserta Didik Kelas IV SD Terhadap Platform Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) IPA Selama Masa Sindemi. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1).

Ibrahim, M. Y., Yusof, M. R., Yaakob, M. F. M., & Othman, Z. (2019). Communication Skills: Top Priority of Teaching Competency. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(8).

Malyana, A. (2020a). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.

Mansyur. (2017). Keterampilan Dasar Mengajar Dan Penguasaan Kompetensi Guru (Suatu Proses Pembelajaran Micro). El-Ghiroh, 12(1).

Marsen, C., Fimala, Y., & Gistituati, N. (2021). Manajemen Kelas Virtual di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1600–1604.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Manper: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Purwanto, H., Hamka, D., Ramadhani, W., Mulya, D., Suri, F., & Novaliza, M. (2020). Problematics Study of Natural Sciences (IPA) Online at Junior High School in the Time of the Pandemic Covid-19. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 21(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52155/ijpsat.v21.2.1901

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Sitepu, G. R. B. (2021). Hubungan Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 040454 Peceren Tahun Pelajaran 2020/2021. Universitas Quality Berastagi.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group.

Suwarna. (2006). Pengajaran Mikro Pendekatan Praktis Menyiapkan Pendidik Profesional. Tiara Wacana.