Hubungan Bimbingan Orang Tua Selama Pembelajaran Daring dengan Hasil Belajar Peserta Didik

Main Article Content

Liya Ida Yana
Nelly Astuti
Ika Wulandari Utami Ningtias

Abstract

Rendahnya bimbingan orang tua pada anak selama belajar daring menjadi permasalahan yang melatari penelitian ini. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua selama belajar daring dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN se-Gugus R.A Kartini Kota Metro. Metode ex post facto korelasi digunakan untuk mengungkapkan hubungan bimbingan orang tua selama pembelajaran daring dengan hasil belajar. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN se-Gugus R.A Kartini Kota Metro yang berjumlah 210 orang dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang peserta didik. Teknik pengumpul dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner (angket), dan studi dokumentasi. Adapun instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,681 dan berada pada taraf “kuat” yang menunjukan keterhubungan antar variabel X dan Y pada penelitian ini. Adapun kontribusi bimbingan orang tua pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa yakni sebesar 46,38%. Berdasarkan hal tersebut terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara praktik bimbingan belajar orang tua selama pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik. 

Article Details

How to Cite
Yana, L. I., Astuti, N., & Ningtias, I. W. U. (2021). Hubungan Bimbingan Orang Tua Selama Pembelajaran Daring dengan Hasil Belajar Peserta Didik . DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 135–146. https://doi.org/10.30997/dt.v8i2.4465
Section
Articles

References

Bhamani, S., Makhdoom, A. Z., Bharuchi, V., Ali, N., Kaleem, S., & Ahmed, D. (2020). Home Learning in Times of Covid: Experiences of Parents. Journal of Education and Educational Development, 7(1), 9. https://doi.org/10.22555/joeed.v7 i1.3260

Haerudin, Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviana, V., & Sitorus, Y. I. (2020). Peran Orangtua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. In Universitas Singaperbangsa Karawang.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3).

Handayani, T. (2020). Peran Orangtua Dalam Membimbing Anak Pada Pembelajaran Daring Di Desa Ngrapah Kecamatan Banyubiru Tahun Pelajaran 2019 / 2020.

Jan, H., & Mattoo, M. I. (2018). Educational Guidance and Counselling. Educreation Publishing.

Maharani, T. (2020). Kemendikbud: Akses Fasilitas Penunjang Pembelajaran Campuran Perlu Diperluas. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/rea d/2020/07/09/16130551/kemendi kbud-akses-fasilitas-penunjangpembelajaran-campuran-perludiperluas?amp=1&page=2

Nana, S. (2017). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo.

Natalia. (2018). Correlation Between Reading Interest With Result Of Study. Indonesian Journal of Education and Learning, 2(1). https://doi.org/10.31002/ijel.v2i1. 892

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Mayesti, L., Wijayanti, Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1).

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal (IVCEJ), 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org /10.23887/ivcej.v3i1.27830

Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1. 1526

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group.

Winingsih, E. (2020, April 2). Peran Orangtua dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Poskita.Co.

Wirawan, I., Suarjana, I. M., & Renda, N. T. (2018). Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua dan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 160. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2 .15485

Zulkifli, Fatmawati, Rahman, N., Yuliana, Putri, A. N., Albakri, S. A., Adyanti, K. A., Fauziah, N., Multiani, Muftiara, A. W., Sanusi, I., Tahir, R. A., Idul, M., Awal, M. R., Saripa, Hafid, R., & Irnawati. (2020). Berkarya Bersama Di Tengah Covid-19. IAIN Parepare Nusantara Press.