Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Menerapkan TIK Dalam Proses Pembelajaran Melalui in House Training
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya guru dalam penerapan TIK pada proses pembelajaran di kelas. Hal tersebut berdasarkan hasil observasi pada rencana pembelajaran guru tidak pernah mencantumkan media pembelajaran yang berbasis TIK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan TIK dalam proses pembelajaran melalui in house training. Dipilihnya in house training sebagai upaya peningkatan kompetensi guru karena segi waktu tidak mengganggu tugas utama guru dan dari segi biaya tidak memerlukan biaya banyak, karena dilaksankaan di internal sekolah. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan perbaikan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan TIK Melalui in house training pada guru di SDN Saguling Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Penilaian melalui rubrik observasi in house training pada siklus 1 baru 30 % siap mengikuti kegiatan, sehingga masuk pada katagori kurang, dan hasil penilaian pada siklus kedua yang mencapai nilai 80%, berada pada katagori sangat baik. Sedangkan aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus kedua lebih baik dari pada pada saat siklus kesatu. Dimana hasil akhir yang diperoleh peningkatan komptensi guru dalam menerapkan TIK pada proses pembelajaran dengan prosentase naik 40 % adanya peningkatan.
Article Details
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Bahri, S.D dan Zein, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rineka Cipta,
Danim, S. (2012). Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.
Prawiradilaga, DS, dkk., (2007). Pendayagunaan Teknologi Pendidikan di Negara Tetangga, Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group,
Marwansyah. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta
Sujoko, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Melalui in house training. Jurnal Pendidikan Penabur-No.18 tahun ke-11/Juni