PENGARUH LOGO HALAL DAN KESADARAN HALAL TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN PRODUK NUGGET AYAM DI CIAWI BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30997/jp.v12i1.4226Keywords:
Family heads, women, poverty alleviation policies, deskriptive statistics.Abstract
Halal telah menjadi gaya hidup konsumen muslim di dunia. Seiring meningkatnya populasi muslim, kesadaran untuk mengonsumsi makanan halal juga meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh logo halal dan kesadaran halal terhadap preferensi konsumen pada produk nugget ayam di Ciawi, Bogor. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket kuesioner yang diisi oleh 100 responden dan dipilih melalui metode purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis linear berganda. Seluruh analisis data statistika dilakukan menggunakan SPSS 22. Kemudian, penelitian dilanjutkan dengan menguji boraks dan formalin secara kualitatif untuk 12 sampel nugget ayam yang dijual di sekitar wilayah Ciawi, Bogor. Hasil penelitian menunjukan pada uji pengaruh parsial variabel logo halal dan variabel kesadaran halal berpengaruh positif terhadap variabel preferensi konsumen. Uji simultan menyimpulkan pengaruh logo halal dan kesadaran halal terhadap preferensi konsumen secara positif terbukti signifikan mempengaruhi preferensi konsumen. Pengaruh yang diberikan yaitu sebesar 47%, hasil tersebut diperoleh dari nila R square. Berdasarkan hasil uji kandungan boraks dan formalin, dari 12 sampel yang telah diteliti menunjukan bahwa tidak ada nugget yang mengandung Boraks dan formalin.
References
[BPS] Badan Pusat statistik. 2010. Jumlah Persentase Penduduk Menurut Agama yang Dianut. http://sp2010.bps.go.id/ [30 januari 2019].
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2017. Kecamatan Ciawi Dalam Angka Tahun 2017. Katalog BPS: 1102001.3201100. Badan Pusat Statistik, Jakarta.
[BSN] Badan Standarisasi Nasional. 2002. Nugget Ayam SNI 01-6683-2002. Badan Stadarisasi Nasional, Jakarta.
[BSN] Badan Standarisasi Nasional. 2014. BSN Dukung Bogor sebagai Kota Halal. http://www.bsn.go.id/main/berita/berita_det/. [30 Januari 2019].
Bulan, T.P.L. 2016. Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen dan Keuangan. 5(1): 430-439.
Koerunnisa, T., Sunaryo, dan Puspaningrum, A. 2016. Pengaruh Kepercayaan agama, Logo Halal, dan Alasan Kesehatan terhadap Kesadaran Merek dan Keputusan Pembelian Makanan Halal pada Penduduk Kota Malang. Jurnal Ekonomi Bisnis. 21(1): 36-45.
LPPOM MUI. 2014. Statistik Sertifikasi Halal Indonesia. http://www.halalmui.org/mui14/index.php [30 Januari 2019].
Mutmainah, L. 2018. The Role of Religiosity, Halal Awareness, Halal Certification, and food Ingredients on Purchase Intention of Halal Food. Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking. 1(1&2): 33-50.
Nofianti, K.A. 2019. Kesadaran dan Logo Halal: Apakah Menentukan Minat Beli? (Studi Pada Praktisi Bisnis Umkm di Gresik). Journal of Halal Product and Research. 2(1): 16-24.
Saparinto, C. 2006. Bahan Tambahan Pangan. Kanisius, Yogyakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.
Sutrisno, H. 2002. Metodologi Riset. Andi Ofset, Yogyakarta.
Widyaningsih, M. 2008. Alternatif Pengganti Formalin pada Produk Pangan. Trubus Agrisarana, Surabaya.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pertanian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-
Pengguna diperbolehkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke artikel teks lengkap dalam jurnal ini tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis.
Jurnal ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License, yang mengizinkan untuk membagikan, menyalin, dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun selama Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan sumbernya, berikan tautan ke lisensi Creative Commons. Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya. Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti persyaratan lisensi. Untuk melihat salinan lisensi ini, kunjungi tautan permanen ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1. Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).Anda bebas untuk:
Bagikan — menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun.
Beradaptasi — me-remix, mengubah, dan membangun materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti persyaratan lisensi.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.