PENGARUH LOGO HALAL DAN KESADARAN HALAL TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN PRODUK NUGGET AYAM DI CIAWI BOGOR

Authors

  • Intan Kusumaningrum Universitas Djuanda Bogor
  • Riyanda Apriliana Universitas Djuanda Bogor
  • Rosy Hutami Universitas Djuanda Bogor
  • Distya Riski Hapsari Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30997/jp.v12i1.4226

Keywords:

Family heads, women, poverty alleviation policies, deskriptive statistics.

Abstract

Halal telah menjadi gaya hidup konsumen muslim di dunia. Seiring meningkatnya populasi muslim, kesadaran untuk mengonsumsi makanan halal juga meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh logo halal dan kesadaran halal terhadap preferensi konsumen pada produk nugget ayam di Ciawi, Bogor. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket kuesioner yang diisi oleh 100 responden dan dipilih melalui metode purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis linear berganda. Seluruh analisis data statistika dilakukan menggunakan SPSS 22. Kemudian, penelitian dilanjutkan dengan menguji boraks dan formalin secara kualitatif untuk 12 sampel nugget ayam yang dijual di sekitar wilayah Ciawi, Bogor. Hasil penelitian menunjukan pada uji pengaruh parsial variabel logo halal dan variabel kesadaran halal berpengaruh positif terhadap variabel preferensi konsumen. Uji simultan menyimpulkan pengaruh logo halal dan kesadaran halal terhadap preferensi konsumen secara positif terbukti signifikan mempengaruhi preferensi konsumen. Pengaruh yang diberikan yaitu sebesar 47%, hasil tersebut diperoleh dari nila R square. Berdasarkan hasil uji kandungan boraks dan formalin, dari 12 sampel yang telah diteliti menunjukan bahwa tidak ada nugget yang mengandung Boraks dan formalin.

References

Alfian, I., dan Marpaung, M. 2017. Analisis Pengaruh Label Halal, Brand, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Kota Medan. At-Tawassuth. 2(1): 122-145.
[BPS] Badan Pusat statistik. 2010. Jumlah Persentase Penduduk Menurut Agama yang Dianut. http://sp2010.bps.go.id/ [30 januari 2019].
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2017. Kecamatan Ciawi Dalam Angka Tahun 2017. Katalog BPS: 1102001.3201100. Badan Pusat Statistik, Jakarta.
[BSN] Badan Standarisasi Nasional. 2002. Nugget Ayam SNI 01-6683-2002. Badan Stadarisasi Nasional, Jakarta.
[BSN] Badan Standarisasi Nasional. 2014. BSN Dukung Bogor sebagai Kota Halal. http://www.bsn.go.id/main/berita/berita_det/. [30 Januari 2019].
Bulan, T.P.L. 2016. Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen dan Keuangan. 5(1): 430-439.
Koerunnisa, T., Sunaryo, dan Puspaningrum, A. 2016. Pengaruh Kepercayaan agama, Logo Halal, dan Alasan Kesehatan terhadap Kesadaran Merek dan Keputusan Pembelian Makanan Halal pada Penduduk Kota Malang. Jurnal Ekonomi Bisnis. 21(1): 36-45.
LPPOM MUI. 2014. Statistik Sertifikasi Halal Indonesia. http://www.halalmui.org/mui14/index.php [30 Januari 2019].
Mutmainah, L. 2018. The Role of Religiosity, Halal Awareness, Halal Certification, and food Ingredients on Purchase Intention of Halal Food. Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking. 1(1&2): 33-50.
Nofianti, K.A. 2019. Kesadaran dan Logo Halal: Apakah Menentukan Minat Beli? (Studi Pada Praktisi Bisnis Umkm di Gresik). Journal of Halal Product and Research. 2(1): 16-24.
Saparinto, C. 2006. Bahan Tambahan Pangan. Kanisius, Yogyakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.
Sutrisno, H. 2002. Metodologi Riset. Andi Ofset, Yogyakarta.
Widyaningsih, M. 2008. Alternatif Pengganti Formalin pada Produk Pangan. Trubus Agrisarana, Surabaya.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Kusumaningrum, I., Apriliana, R. ., Hutami, R. ., & Riski Hapsari, D. (2021). PENGARUH LOGO HALAL DAN KESADARAN HALAL TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN PRODUK NUGGET AYAM DI CIAWI BOGOR. Jurnal Pertanian, 12(1), 45–54. https://doi.org/10.30997/jp.v12i1.4226

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 221 times