PERSEPSI MASYARAKAT DESA SUKAMANAH TERHADAP INISIASI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT)

Authors

  • Satrio Anggoro Universitas Djuanda
  • Tuti Kurnia Universitas Djuanda
  • Wildan Munawar Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13358

Keywords:

Baitul Maal Wat Tamwil, Inisiasi, Persepsi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap inisiasi Baitul Maal Wat Tamwil di Desa Sukamanah dan untuk mengetahui apakah terdapat persepsi positif dan negatif, sehingga akan menimbulkan perbedaan persepsi untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi desa sukamanah. Adapun pendekatan yang dilakukan adalah menggunakan teknik Chi-Square deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survei yang ditujukan kepada 100 orang masyarakat desa sukamanah. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat persepsi positif dari persepsi pengetahuan indikator berita, pemahaman nilai-nilai islam, lingkungan social terhadap inisiasi pendirian BMT di Desa Sukamanah.

References

Agustina, E. (2021). Potensi pendirian baitul maal wat tamwil (BMT) di Kelurahan Sigalangan Kecamatan Batang Angkola (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan). Nasrullah, M.(2021). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pendirian Baitul Maal wa Tamwil Padamulya.

Amin, M. N. (2018). Peranan Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)(Studi Kasus Pada BMT UB Amanah Syariah Lau Dendang)” (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Amri, M & Maryono. (2021). Persepsi Tentang Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Dan Pengetahuan Produk Terhadap Preferensi Anggota Memilih Pembiayaan Murabahah Di BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF) Yogyakarta Tahun 2019.

Ayogi, V. D., & Kurnia, T. (2015). Optimalisasi Peran BMT dalam Upaya Penghapusan Praktik Rentenir. Jurnal Syarikah, Vol. 1 No. 1, Pp 1

Chairunnisa, C., & Marlina, M. (2020). Peran KSPPS BMT Bahtera Pekalongan Dalam Meminimalisir Ketergantungan Pedagang Terhadap Rentenir Melalui Pembiayaan Murabahah. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam, 2(1), 63-72.

Erdah, L. (2019). Relevansi Budaya “Nating” Dan Persepsi Masyarakat Kabupaten Lahat Terhadap Potensi Pendirian Baitul Maal Wat Tamwil. I-Finance: a Research Journal on Islamic Finance, 5(1), 23-33.

Fatmaningrum, K. (2014). Persepsi Dan Sikap Masyarakat Tentang BMT Mahardika Dan Manfaatnya Terhadap Perekonomian Umat Di Desa Kedunglurah Kabupaten Trenggalek.

Harahap, S. A. R., & Ghozali, M. (2020). Peran Baitul Mal Wa Tamwil (Bmt) Dalam Pengembangan Ekonomi Umat. HUMAN FALAH: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(1).

Hardiyanti, H. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Bank Syariah (Studi Pada Masyarakat Desa Bakti Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu) (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Hascaryani, T. D., Manzilati, A., & Fadjar, N. S. (2012). Metafora Risk And Return Sebagai Dasar Pengembangan Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Yang Mandiri. Journal of Indonesian Applied Economics, 5(1).

Islamiyah, N. (2020). Implementasi Strategi Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Dalam Mengurangi Dampak Negatif Praktek Rentenir (Studi Kasus Di BMT Al-Kahfi Jombang). JIES: Journal of Islamic Economics Studies, 1(1), 33-49.

Jenita, J. (2017). Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kecil Menengah. AlMasraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, 2(2), 177-191.

Kumala, K. N. (2023). Persepsi Risiko Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Dimoderasi Dengan Media Sosial. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 11(3).

Paramita, M., Munawar, W., & Brawijaya, A. (2019). MODEL KEBUTUHAN USAHA MIKRO DAN KECIL TERHADAP PEMBIAYAAN SYARIAH (STUDI PADA USAHA MIKRO DAN KECIL DI BOGOR). Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 5(2), 182-195.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Anggoro, S., Kurnia, T., & Munawar, W. (2024). PERSEPSI MASYARAKAT DESA SUKAMANAH TERHADAP INISIASI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT). AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(3), 194–203. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i3.13358
Abstract viewed = 0 times