IDENTIFIKASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU SISWA TEMATIK TEMA 1 KELAS III DI SEKOLAH DASAR BOGOR

Main Article Content

Sri Nurani
Syamsuddin Ali Nasution
Fauziyatul Hamamy

Abstract

Pendidikan karakter perlu diterapkan dalam pendidikan sekolah dasar. Pendidikan karakter sendiri bertujuan menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter sebagai penyempurnaan diri peserta didik menjadi lebih baik. Dengan begitu peserta didik perlu mendapatkan pendidikan karakter agar memiliki kepribadian yang berkarakter baik pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku siswa tematik tema 1 kelas III sekolah dasar. Jenis penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif metode analisis isi dengan teknik pengumpulan data berupa dokumen. Data diperoleh dari isi buku siswa tematik tema I Perkembangan dan Pertumbuhan Makhluk Hidup kelas III. Hasil penelitian ini mengungkapkan identifikasi nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan pada buku siswa tematik tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup kelas III kurikulum 2013 terdapat 16 nilai pendidikan karakter dan 51 kutipan kalimat atau teks yang sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter.

Article Details

How to Cite
Nurani, S., Ali Nasution, S. ., & Hamamy, F. (2024). IDENTIFIKASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU SISWA TEMATIK TEMA 1 KELAS III DI SEKOLAH DASAR BOGOR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(2), 151–166. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i2.13135
Section
Articles

References

Abdusshomad, A. (2018). Pentingnya penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Jurnal Asy-Syukriyyah, 19(1), 31–49. https://doi.org/10.36769/asy.v19i1.22

Annisa, Nurul, M., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Bintang, 2(1), 35–48. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/bintang.v2i1.558

Atma, A. (2019). Pengembangan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter. Bada’a: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 31–34.

Farhanida, Lathifah, Z. K., & Muhdiyati, I. (2023). ANALYSIS OF STUDENTS ’ DISCIPLINE POST ONLINE LEARNING IN CLASS IV OF. Al-Kaff, 1(5), 413–423.

Giwangsa, S. F., Syaripudin, T., Darmayanti, M., & Somantri, M. (2022). Analisis Buku Siswa Kelas Satu Ditinjau Dari Materi Pembelajaran Dan Pengalaman Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 40–46. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1914

Hardani. Ustiawaty, J. A. H. (2017). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue April).

Lathifah, Z. K., Fauziah, R. S. P., Kholik, A., & Aminulloh, M. (2022). Pendampingan Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Berorientasi Pelajar Pancasila. Warta LPM, 25(2).

Lathifah, Z. K., & Rusli, R. K. (2019). PEMBIASAAN SPIRITUAL UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Didaktika Tauhidi, 3(1), 14–26.

Sinyanyuri, S., & Assagaf, L. (2018). Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Pusat kurikulum dan perbukuan, balitbang, kemendikbud.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.