INTEGRASI KURIKULUM SEKOLAH FORMAL KE DALAM KURIKILUM PESANTREN (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH PESANTREN MODERN DAARUL ’ULUUM LIDO BOGOR)

Main Article Content

Juhdi Heryadi
Fachrur Razi Amir
Herman Soefi

Abstract





Dengan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui dan mengkaji Integrasi Kurikulum sekolah formal ke dalam Kurikulum pesantren (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Pesantren Daarul’Uluum Lido) dengan mendeskripsikan hasil temuan peneliti. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pengetahuan karya ilmiah yang dapat digunakan sebagai acuan oleh para akademisi, pemangku kebijakan dan pemerhati pendidikan dalam mencari format atau model pendidikan dan memberikan bahan masukan untuk pengasuh/Ust/Ustzh Pesantren Modern Daarul Uluum Lido sebagai referensi dalam memaksimalkan konten kurikulum pembelajaran dikelas sehingga meningkatkan mutu lulusan yang dihasilkan, terutama dalam pengembangan pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Peneltian kualitatif adalah pendekatan penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi,wawancara dan dokumentasi,untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi data, analisis data  bersifat induktif/kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengintegrasian kurikulum itu berdasarkan pertimbangan teoritis dan praktis. Sementara bentuk pengintegrasian kurikulum Sekolah Formal  Ke Dalam Kurikulum Pesantren (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido) berbentuk memadukan materi kemadrasahan ke dalam materi kepesantrenan yang keduanya dilaksanakan dengan sistem klasikal. Sejauh ini, keberhasilan yang telah dicapai oleh lembaga tersebut adalah mencetak lulusan generasi-generasi baru berkualitas manusia yang tangguh, handal, unggul dan mampu berpikir serta bertindak kreatif dan inovatif .yaitu manusia berkualitas secara Spritual dan Intelektualnya. Di samping secara akademik, meningkatnya kemampuan bahasa Arab dan bahasa Inggris peserta didik/Santri.





Article Details

How to Cite
Heryadi, J., Razi Amir, F. ., & Soefi, H. . (2023). INTEGRASI KURIKULUM SEKOLAH FORMAL KE DALAM KURIKILUM PESANTREN (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH PESANTREN MODERN DAARUL ’ULUUM LIDO BOGOR). AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(5). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/11236
Section
Articles

References

Arifin Uzayyin, Filsafat Pendidikan Islam,(Jakarta: PT Bumi Aksara,2009) Hal 78.

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek(Jakarta: Rineka Cipta, 2002), Hal 107.

Arikunto Suharsimi,Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta : PT Rineka Cipta, 2002), Hal 13.

Daarul ‘Uluum Lido: ” Sejarah Pendiri Pesantren” Dokumen sekretariat TMI 2017/2018.

Danim Sudarwan, Menjadi Peneliti Kualitatif, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005), Hal 130.

Darul U’luum Lido: Dokumen Waka Kurikulum TMI 2017/2018.

Dokumen sekretariat pesantren tahun ajaran 2016/2017. Pesantren Modern Daarul Uluum Lido.

Lathifah, Z. K., Setyaningsih, S., & Wulandari, D. (2022). Exploring Internal Quality Assurance System for Pesantren in Indonesia. Journal of Higher Education Theory & Practice, 22(16).

Moleong Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif , Hal 10.

Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Hal 157.

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. (Jakarta : Rajawali Press, 2005).Hal.12.

Nasution.S,Asas-Asas Kurikulum,(Jakarta: Bumi Aksara, 1999), Hal 195-196.

Nazhary, Pengorganisasian Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, (Jakarta: Dermaga, 1984), Hal 2.

Sanusi Shalahudin,Integrasi Ummat Islam; Pola Pembinaan Ummat Islam.( Bandung: Iqmattudin, 1967). Hal 11.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfa Beta, 2006), Hal 275.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2016), Hal. 15.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2016). hlm. 309.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2016). hlm. 377.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2016). hlm. 345.

Suparlan.Tanya Jawab Pengembangan Kurikulum&Materi Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara), Hal 37.

Tilaar HAR., Paradigma Baru Pendidikan Nasional,(Jakarta: Rineka Cipta, 2000). Hal. 177.

Trianto,Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktik, (Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2007), Hal 38.

Wawancara dengan ustadz Azhari Mukhtar, kepala Madrasah Aliyah, 30 Oktober 2017 Jam 19.06 WIB.

Yusuf A. Muri, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan Penelitian Gabungan (Jakarta: Prenada Media Group, 2015), hlm.339.

Yusuf A. Muri, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan Penelitian Gabungan (Jakarta: Prenada Media Group, 2015), hlm.368.