IMPLEMENTASI RANTAI PASOK PEPAYA CALIFORNIA (Carica papaya L.var Calina) YANG BERPIHAK PADA PETANI GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN)

Authors

  • Himmatul Miftah Universitas Djuanda Bogor
  • Wini Nahraeni
  • Apendi Arsyad Universitas Djuanda Bogor
  • Ita Novita Universitas Djuanda Bogor
  • Siti Masithoh Universitas Djuanda Bogor
  • Arti Yoesdiarti Universitas Djuanda Bogor
  • Muchransyah Achmad Universitas Djuanda Bogor
  • Ikhsan Qodri Pramartaa Universitas Djuanda Bogor
  • Riri Sulistiawati Universitas Djuanda Bogor
  • Feri Dwi Fazalika Universitas Djuanda Bogor
  • Erika Universitas Djuanda Bogor
  • Shefira Gustiana Laksana Universitas Djuanda Bogor
  • Andhika Wahyu Ramadhan Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v8i1.4967

Keywords:

Pepaya California, Rantai pasok, Berpihak petani, Cidolog

Abstract

Pepaya California (Carica papaya L. var Calina ) merupakan buah yang memiliki banyak manfaat dan sangat digemari di Indonesia, sehingga keberlanjutan pasokan papaya sangat dibutuhkan. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kondisi yang ada di Desa Cidolog Kabupaten Sukabumi sebagai salah satu sentra papaya California di Jawa Barat adalah tingginya serangan hama, penanganan panen, pasca panen serta rantai pasok, belum adanya pengolahan untuk papaya inferior serta kelembagaan yang belum optimal. Penyuluhan kepada 30 orang anggota Gapoktan Harapan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan petani mengenai penanganan hama yang baik, penanganan panen dan pasca panen serta rantai pasok  yang baik, pengolahan papaya inferior menjadi berbagai produk yang memberikan nilai tambah yang lebih baik, serta penguatan kelembagaan di gapoktan maupun di poktan melalui pengelolaan organisasi yang strategik sehingga dapat menghasilkan keberlanjutan pasokan papaya California. Pengetahuan petani meningkat 16% dari 54% saat pretest menjadi 70% saat postets. Penerimaan petani meningkat hingga 100% - 140% setalah pengabdian dengan rantai pasok baru ke Roemah Buah KN Jaya.

Author Biography

Himmatul Miftah, Universitas Djuanda Bogor

References

BPS. 2019. Statistik Produksi Tanaman Buah-buahan. Jakarta: BPS RI.

Miftah, H. I. Novita., A. Yoesdiarti. 2021. Model Pengembangan Rantai Pasok Buah Lokal yang Berkeadilan bagi Petani melalui Pendekatan Structure, Coduct – Performance (SCP) dan Faktor Risiko yang Dijual di Pasar Tradisional Kota Bogor.

Yulanda, N. 2021. Analisis Integrasi Pasar dan Risiko Di Tingkat Petani Komoditas Pepaya California (Carica papaya L. var Calina) yang Dijual di Pasar Tradisional Kota Bogor

Zuher VM. 2020. Analisis Structure, Conduct, Performnence (SCP) dan Risiko Rantai Pasok Pepaya California (Carica papaya L. var Calina) di Pasar Tradisional Kota Bogor. Bogor : Program Studi Agribisnis. Fakultas Pertanian.

Downloads

Published

2022-04-04

How to Cite

Miftah, H., Nahraeni, W., Arsyad, A. ., Novita, I., Masithoh, S., Yoesdiarti, A., Achmad, M., Pramartaa , I. Q., Sulistiawati , R., Fazalika, F. D., Erika, Laksana, S. G., & Ramadhan, A. W. (2022). IMPLEMENTASI RANTAI PASOK PEPAYA CALIFORNIA (Carica papaya L.var Calina) YANG BERPIHAK PADA PETANI GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) . Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 20–25. https://doi.org/10.30997/qh.v8i1.4967

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 114 times