PENGEMBANGAN USAHATERNAK AYAM KAMPUNG (Gallus gallus domesticus) MELALUI STRATEGI PEMASARAN TERINTEGRASI
DOI:
https://doi.org/10.30997/qh.v9i1.7336Keywords:
Ayam kampung, strategi pemasaran, bauran pemasaran, over supply.Abstract
Ayam kampung (Gallus gallus domesticus) merupakan jenis unggas yang banyak digemari masyarakat karena rasanya yang unik dan banyak dijual di masyarakat. Di satu sisi permintaan cukup banyak namun di sisi lain peternak mengalami over supply sehingga harga yang diterima berfluktuasi yang berakibat pada berkurangnya minat untuk beternak ayam kampung, hal ini dialami oleh Wirnurauliah Berkah Farm. Permasalahan yang dijumpai dilakukan solusi pemecahannya melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui penyuluhan dengan mengambil topik bidang pemasaran. Tujuan dari kegiatan adalah memberi pemahaman kepada pengelola Wirnurauliah Berkah Farm dan mitranya untuk memahami konsep strategi pemasaran terintegrasi meliputi: perencanaan produksi, bauran pemasaran, standarisasi dan grading, pentingnya pengelolaan dan pengolahan pasca panen, promosi, pengembangan kelembagaan usaha, pengembangan wilayah pasar dan contract farming. Kegiatan penyuluhan dilanjutkan dengan praktik pengemasan dan pendampingan usaha. Kegiatan penyuluhan dilaksanakan oleh 9 orang dosen sebagai narasumber yang diikuti oleh 15 orang pengelola dan mitra. Melalui kegiatan penyuluhan ini peserta meningkat pengetahuannya sebesar 70% berdasarkan hasil pretest dan posttest. Target kegiatan ini selain meningkatnya pemahaman konsep pemasaran , keterampilan dan pengembangan produk baru guna menunjang keberlanjutan dan meningkatnya volume usaha
References
Afrizal, Afrizal dan Basyarudin, Zain and Sutriyono, Sutriyono (2020). Analisis Strategi Pemasaran Peternak Ayam Kampung Jawa Super (Joper) Di Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah.[Tesis]. Universitas Bengkulu. http://repository.unib.ac.id/24347/
Arpah, M. 1993. Pengawasan Mutu Pangan. Tarsito: Bandung.
[BPS] Badan Pusat Statistik. Statistik Indonesia 2020. Jakarta. 2020
Dian Lestari, Nyang Vania Ayuningtyas Harini, dan Jonathan Anugrah Lase. 2021. Strategi Dan Prospek Pengembangan Agribisnis Ayam Lokal Indonesia. Jurnal Peternakan, Vol 05 No : 01 Tahun 2021.
Coviello N, Milley R & Marcolin B. Understanding IT-Enabled Interactivity in Contemporary Marketing. Journal of Interactive Marketing. 2001. Januari;15(4): 18-33. https://doi.org/10.1002/dir.1020
Gitosudarmo, Indriyo. 2008. Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan keempat. BPFE: Yogyakarta
Hartanti dan Oktiyani R. Pengembangan Strategi Pemasaran Ayam Barokah Melalui Digital Marketing. Jurnal Sekretari dan Manajemen. 2020. September;4(2): 183-190. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
Herawati M, Setiowati. Rantai Pemasaran Ayam Kampung Super di Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Wahana Peternakan [Internet]. 2019. Maret;3(1):1-6. Available from https://dx.doi.org/10.37090/jwputb.v3i1.111
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 1997. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta.
Kotler, Phillip dan Kevin LK. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta, PT. Indeks.
Kotler, Philip. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta, Bumi Aksara.
Kotler dan Gary Amstrong. 2016. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta, Erlangga.
Moh. Salam, Muh. Syaifuddin Nasrun, Sofya A. Rasyid. 2021. Strategi Pemasaran Ayam Kampung Organik Pada Cv. Rahayu Di Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Jurnal Kolaboratif Sains Vol 4 No 1 (2021).
Muhammad Awaluddin Yusuf dan Bambang Hermanto. 2022. Strategi Pengembangan Ayam Kampung Pedaging Di Kecamatan Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 2, (2022).
Porter, Michael. 2000. Strategi Bersaing. Erlangga: Jakarta
Sanjaya R & Tarigan J. Creative Digital Marketing. PT Elex Media Komputindo. 2009.
Saptana, Sartika T. Manajemen Rantai Pasok Komoditas Telur Ayam Kampung. Jurnal Manajemen & Agribisnis. 2014. Maret; 11(1): 1-11. Available from https://doi.org/10.17358/jma.11.1.1-11.
Sipayung, Mery Agustina.2011. Peran kelompok peternakan rakyat ayam kampung Sukabumi pada usaha ayam kampung. repository.ipb.ac.id
Syahyuti (2003) Bedah Konsep Kelembagaan: Strategi Pengembangan dan Penerapannya dalam Penelitian Pertanian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian, Bogor
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Himmatul Miftah, Syaima Lailatul Mubarokah, Apendi arsyad, Muchransyah, Azrin Syamsuddin, Ita Novita, Siti Masithoh, Arti Yoesdiarti, Fony Farrizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Articles published in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- By publishing in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.