PENGEMBANGAN USAHATERNAK AYAM KAMPUNG (Gallus gallus domesticus) MELALUI STRATEGI PEMASARAN TERINTEGRASI

Authors

  • Himmatul Miftah Universitas Djuanda
  • Syaima Lailatul Mubarokah Universitas Djuanda
  • Apendi arsyad Universitas Djuanda
  • Muchransyah Universitas Djuanda
  • Azrin Syamsuddin Universitas Djuanda
  • Ita Novita Universitas Djuanda
  • Siti Masithoh Universitas Djuanda
  • Arti Yoesdiarti Universitas Djuanda
  • Fony Farrizal Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v9i1.7336

Keywords:

Ayam kampung, strategi pemasaran, bauran pemasaran, over supply.

Abstract

Ayam kampung (Gallus gallus domesticus) merupakan jenis unggas yang banyak digemari masyarakat karena rasanya yang unik dan banyak dijual di masyarakat. Di satu sisi permintaan cukup banyak namun di sisi lain peternak mengalami over supply sehingga harga yang diterima berfluktuasi yang berakibat pada berkurangnya minat untuk beternak ayam kampung, hal ini dialami oleh  Wirnurauliah Berkah Farm. Permasalahan yang dijumpai dilakukan solusi pemecahannya melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui penyuluhan dengan mengambil topik bidang pemasaran. Tujuan dari kegiatan adalah memberi pemahaman kepada pengelola Wirnurauliah Berkah Farm dan mitranya untuk memahami konsep strategi pemasaran terintegrasi meliputi: perencanaan produksi, bauran pemasaran, standarisasi dan grading, pentingnya pengelolaan dan pengolahan pasca panen,  promosi, pengembangan kelembagaan usaha, pengembangan wilayah pasar dan contract farming. Kegiatan penyuluhan dilanjutkan dengan praktik pengemasan dan pendampingan usaha. Kegiatan penyuluhan dilaksanakan oleh 9 orang dosen sebagai narasumber yang diikuti oleh 15 orang pengelola dan mitra. Melalui kegiatan penyuluhan ini peserta meningkat pengetahuannya sebesar 70% berdasarkan hasil pretest dan posttest.  Target kegiatan ini selain meningkatnya pemahaman konsep pemasaran , keterampilan dan pengembangan produk baru guna menunjang keberlanjutan dan meningkatnya volume usaha

Author Biography

Syaima Lailatul Mubarokah, Universitas Djuanda

 

 

 

 

References

Afrizal, Afrizal dan Basyarudin, Zain and Sutriyono, Sutriyono (2020). Analisis Strategi Pemasaran Peternak Ayam Kampung Jawa Super (Joper) Di Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah.[Tesis]. Universitas Bengkulu. http://repository.unib.ac.id/24347/

Arpah, M. 1993. Pengawasan Mutu Pangan. Tarsito: Bandung.

[BPS] Badan Pusat Statistik. Statistik Indonesia 2020. Jakarta. 2020

Dian Lestari, Nyang Vania Ayuningtyas Harini, dan Jonathan Anugrah Lase. 2021. Strategi Dan Prospek Pengembangan Agribisnis Ayam Lokal Indonesia. Jurnal Peternakan, Vol 05 No : 01 Tahun 2021.

Coviello N, Milley R & Marcolin B. Understanding IT-Enabled Interactivity in Contemporary Marketing. Journal of Interactive Marketing. 2001. Januari;15(4): 18-33. https://doi.org/10.1002/dir.1020

Gitosudarmo, Indriyo. 2008. Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan keempat. BPFE: Yogyakarta

Hartanti dan Oktiyani R. Pengembangan Strategi Pemasaran Ayam Barokah Melalui Digital Marketing. Jurnal Sekretari dan Manajemen. 2020. September;4(2): 183-190. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

Herawati M, Setiowati. Rantai Pemasaran Ayam Kampung Super di Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Wahana Peternakan [Internet]. 2019. Maret;3(1):1-6. Available from https://dx.doi.org/10.37090/jwputb.v3i1.111

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 1997. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta.

Kotler, Phillip dan Kevin LK. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta, PT. Indeks.

Kotler, Philip. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta, Bumi Aksara.

Kotler dan Gary Amstrong. 2016. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta, Erlangga.

Moh. Salam, Muh. Syaifuddin Nasrun, Sofya A. Rasyid. 2021. Strategi Pemasaran Ayam Kampung Organik Pada Cv. Rahayu Di Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Jurnal Kolaboratif Sains Vol 4 No 1 (2021).

Muhammad Awaluddin Yusuf dan Bambang Hermanto. 2022. Strategi Pengembangan Ayam Kampung Pedaging Di Kecamatan Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 2, (2022).

Porter, Michael. 2000. Strategi Bersaing. Erlangga: Jakarta

Sanjaya R & Tarigan J. Creative Digital Marketing. PT Elex Media Komputindo. 2009.

Saptana, Sartika T. Manajemen Rantai Pasok Komoditas Telur Ayam Kampung. Jurnal Manajemen & Agribisnis. 2014. Maret; 11(1): 1-11. Available from https://doi.org/10.17358/jma.11.1.1-11.

Sipayung, Mery Agustina.2011. Peran kelompok peternakan rakyat ayam kampung Sukabumi pada usaha ayam kampung. repository.ipb.ac.id

Syahyuti (2003) Bedah Konsep Kelembagaan: Strategi Pengembangan dan Penerapannya dalam Penelitian Pertanian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian, Bogor

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Miftah, H., Mubarokah, S. L. ., arsyad, A., Muchransyah, Syamsuddin, A., Novita, I., Masithoh, S., Yoesdiarti, A. ., & Farrizal, F. (2023). PENGEMBANGAN USAHATERNAK AYAM KAMPUNG (Gallus gallus domesticus) MELALUI STRATEGI PEMASARAN TERINTEGRASI. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 93–101. https://doi.org/10.30997/qh.v9i1.7336

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 54 times