PENDAMPINGAN PENDAFTARAN SERTIFIKASI PIRT DAN SERTIFIKASI HALAL UKM PANGAN BERBASIS TALAS DAN NANAS BOGOR DI KOTA BOGOR

Rosy Hutami, Lia Amalia, Siti Aminah, Eka Nurul

Abstract

Tujuan dari program ini adalah untuk mengoptimalkan potensi makanan unggul lokal Bogor, menyerap tenaga kerja, mengurangi pengangguran, dan memunculkan alternatif baru untuk makanan ringan / minuman yang bisa menjadi hadiah atau makanan ringan khas Bogor. Masalah utama dalam komunitas mitra adalah teknologi membuat minuman jus nanas yang belum tersedia dan formulasi stick keju taro yang ada belum optimal. Masalah prioritas lainnya adalah terbatasnya pengetahuan para mitra mengenai manajemen bisnis, produksi, dan keuangan yang membuat kelangsungan bisnis masih sangat lemah. Namun, mitra adalah masyarakat terbuka, memiliki keinginan kuat untuk maju, dan mudah bekerja sama dengan tim. Metode pelaksanaan kegiatan ini termasuk memberikan kuliah umum; latihan; demonstrasi desain bangunan / prototipe produk. Tim proposal telah melakukan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi dan bantuan mitra dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah diberikan dalam bentuk penyediaan pelatihan sistem manajemen halal, metode produksi makanan yang baik, pengemasan , dan manajemen bisnis dan keuangan. Prestasi dari program ini termasuk teknologi menggunakan asam sitrat dan pasteurisasi untuk memperpanjang umur simpan minuman jus nanas, perbaikan formulasi stick keju taro, dan desain kemasan dan label produk.

Keywords

Komunitas, makanan, minuman jus nanas, tongkat keju talas, UMKM, virtual.

Full Text:

PDF

References

R.J.H. Siregar, "Pengaruh Perbandingan Tepung Terigu dengan Tepung Talas dan Karboksimetil Selulosa (CMC) terhadap Mutu Roti Tawar", [Skripsi]. Medan: Universitas Sumatera Utara, Indonesia, 2011.

W. Yuliatmoko, D.I. Satyatama, "Pemanfaatan Umbi Talas sebagai Bahan Subtitusi Tepung Terigu dalam Pembuatan Cookies yang Disuplementasi dengan Kacang Hijau", Jurnal Matematika, Sains, dan Teknologi. vol . 13, no . 2, pp : 94-106, 2012.

Anonim, "Ini Dia 3 Jenis Nanas Unggulan Indonesia", [Online]. Available: http://jitunews.com/read/11897/ini-dia-3-jenis-nanas-unggulan-indonesia#ixzz4m2gB96GD [diakses pada : 6 Juli 2017].

S. Hodijah S, "Budidaya Nanas dari Cijeruk Kabupaten Bogor", [Online]. Available: http://bp4kkabupatenbogor.blogspot.com [diakses pada : 6 Juli 2017].

A. Lesbani, N. Yuliasari, F. Riyanti, H.P. Loekitowati, S. Yusuf, "Pembinaan Industri Kecil Sari Buah Nanas dan Nutri Jelly sebagai Pengolahan Alternatif dari Buah Nanas dengan Kandungan Gizi Yang Tinggi di Desa Beti Inderalaya Selatan Kab. Ogan Ilir", Jurnal. Pengabdian Sriwijaya, 2014.

D. Safitri, Mardiah, R. Hutami, "Penggunaan Bahan Penstabil pada Mutu Velva Rosela (Hibiscus sabdariffa L.) dengan Pemanis Madu", Jurnal Agroindustri Halal, vol.3, no.1, 2017.

N.J. Bizri NJ dan A.L. Wahem AL, "Citric Acid and Antimicrobials Affect Microbiological Stability and Quality of Tomato Juice," Journal of Food Science, vol. 59, no.1, pp 130-134, 1994.

N.H. Fajarwati,N.H.R. Parnanto, G.J. Manuhara, "Pengaruh Konsentrasi Asam Sitrat dan Suhu Pengeringan terhadap Karakteristik Fisik,Kimia, dan Sensoris Manisan Kering Labu Siam (Sechium edule Sw.) Dengan Pemanfaatan Pewarna Alami dari Ekstrak Rosela Ungu (Hibiscus sabdariffa L.)",Jurnal Teknologi Hasil Pertanian, vol. X, no.1, pp 50-66, 2017.

BPOM RI, Keputusan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor : HK. 00.05.5.1639 tentang Pedoman Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT), Jakarta, Indonesia, 2003.

LPPOM MUI, HAS 23000 : Persyaratan Sertifikasi Halal, 2012.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.