MENGIDENTIFIKASI BEBERAPA VARIETAS TANAMAN STROBERI BERSAMA PETANI DI KECAMATAN PASIRJAMBU KABUPATEN BANDUNG

Nunung Sondari

Abstract

 

Stroberi varietas lokal umumnya memiliki keunggulan aroma buah yang harum tetapi produksi buahnya sedikit karena ukuran buahnya kecil.  Petani telah meninggalkan varietas lokal karena varietas introduksi memiliki keunggulan pada produksi dan ukuran buah yang lebih besar akan tetapi memiliki aroma buah yang kurang dibandingkan dengan lokal.   Tujuan eksplorasi adalah untuk  menghimpun keragaman genetik plasmanutfah stroberi di Kecamatan Pasirjambu yang sudah ada, berharap terjaring alel-alel baru atau berasal dari mutan-mutan baru yang muncul dari kultivar yang dilepas ke petani.  Munculnya genotip baru akibat proses evaluasi, mutasi, hibridisasi alami, dan seleksi alami mengakibatkan munculnya genotip baru yang unggul dalam arti mampu beradaptasi terhadap lingkungan.  Selanjutnya dilakukan identifikasi sebagai suatu proses pengenalan tanaman untuk mengetahui jenis tanaman secara detail dan lengkap serta dapat dipertanggugjawabkan secara ilmiah. Pengumpulan informasi karakteristik biologi/genetik dapat mempermudah dalam mendapatkan genotip-genotip sebagai sumber  bahan tetua untuk mendapatkan varietas unggul baru.

 

 

Keywords

identifikasi, varietas, stroberi

Full Text:

PDF

References

Abdillah Syahroni, Sri Lestari Purnamaningsih dan Lita Sutopo. 2015. Penampilan Karakter Kuantitatif dan Kualitatif serta Keberhasilan Persilangan pada Empat Varietas Stroberi (Fragaria xananassa Duch). Jurnal Produksi Tanaman Vol. 3 (5), 370-376.

Gunawan, L.W. 2000. Stroberi. Penebar Swadaya, Jakarta.

I Gusti Ayu Devi Valenia Sari, Gusti Ngurah Alit Susanta Wurya dan I Putu Sudiarta. 2018. Identifikasi Penyebab penyakit Layu pada Tanaman Stroberi (Fragaria sp.) di Desa Pancasari dan Potensi Pengendaliannya dengan Mikroba Antagonis. E-Journal Agroteknologi Tropika. Vol. 7 (1) ,104-112.

Lia Amalia dan Nunung Sondari. 2017. Perlindungan Varietas Lokal Stroberi. UNWIM.

Luvi Harmayanvi Harahap, Saiful Bahri Daulay dan Delima Lailan Sari Nasution. 2018. Identifikasi Kematangan Buah Stroberi (Fragaria x vescana L.) dengan Teknik Jaringan Saraf Tiruan. Jurnal Rekayasa Pangan dan Pertanian Vol 6 (3), 602-607.

Mohammad Affan Fajar Falah, Putri Yuliastuti, Risma Hanifah, Pujo Saroyo, dan Jumeri. 2018. Kualitas Buah Stroberi ( Fragaria sp. Cv. Holibert ) Segar dan Penyimpanannya dalam Lingkungan Tropis dari Kebun Ketep Magelang Jawa Tengah. Jurnal Agroindustri Vol. 8 (1), 1-10.

Muhammad Jusuf. 2014. Plasmanutfah. Pusat Penelitian Bioteknologi, Institut Pertanian Bogor.

Rizky Ramadani Dwi Utami, Dedy Wirawan Soedibyo, Dian Purbasari. 2018. Kajian Sifat Fisik dan Kimia Buah Stroberi berdasarkan Masa Simpan dengan Pengolahan Citra. Jurnal Agroteknologi Vol 12 (2), 138-148.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.