PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS KEMASAN BAGI UMKM DI KECAMATAN CIAWI

Authors

  • Siti Nurhalimah Program Studi Teknologi Pangan, Universitas Djuanda Bogor
  • Nursyawal Nacing Program Studi Teknologi Pangan, Universitas Djuanda Bogor
  • Dwi Aryanti Nur'utami Program Studi Teknologi Pangan, Universitas Djuanda Bogor
  • Rosy Hutami Program Studi Teknologi Pangan, Universitas Djuanda Bogor
  • R. Siti Nurlaela Program Studi Teknologi Pangan, Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v7i1.3522

Keywords:

kemasan, pelatihan, UMKM

Abstract

Keberadaan UMKM perlu dipertahankan agar dapat bersaing di pasar global. Tantangan bagi UMKM khususnya yang bergerak dibidang pangan adalah menghasilkan produk yang berkualitas, bermutu dan inovatif. Kemasan menjadi faktor penting dalam produk karena mempengaruhi kualitas produk serta penjualan. Namun, kemasan ini masih menjadi permasalahan bagi para UMKM. UMKM belum sepenuhnya menerapkan konsep dan teori terkait dengan kemasan seperti UMKM yang berada di Kecamatan Ciawi Bogor. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan mitra dalam menerapkan konsep dan teori kemasan sehingga dapat menghasilkan produk yang berkualitas, inovatif dan bermutu. Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang peserta dengan rata-rata pengetahuan awal sebesar 72.17%. Pelatihan yang disampaikan melalui presentasi, demonstrasi dan diskusi ini mampu meningkatkan pengetahuan peserta sebesar 6.83% menjadi 79%. Selain itu, berdasarkan hasil evaluasi mayoritas peserta UMKM masih menggunakan kemasan yang monoton meskipun beberapa UMKM sudah menggunakan jenis kemasan yang sesuai dengan produknya. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa masih diperlukan pembinaan dan pendampingan untuk UMKM sehingga dapat menghasilkan kemasan produk yang bisa meningkatkan kualitas dan penjualan yang lebih luas.

References

Candra RM, D Sucita, 2015. Sistem Pakar Penentuan Jenis Plastik Berdasarkan Sifat Plastik Terhadap Makanan yang akan Dikemas Menggunakan Metode Certainty Factor (Studi Kasus: CV. Minapack Pekanbaru). Jurnal CoreIT. 1(2).

Hutami R, L Amalia, S Aminah dan EN Agusta, 2019. Pendampingan Pendaftaran Sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) UKM Pangan Berbasis Talas dan Nanas Bogor di Kota Bogor. Jurnal Qardhul Hasan, 5(2):57-63.

Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, 2020. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) tahun 2017-2018. http://www.depkop.go.id/data-umkm

Mufrenia ANF, 2016. Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2 (2): 48-54.

Downloads

Published

2021-04-28

How to Cite

Nurhalimah, S., Nacing, N., Nur’utami, D. A., Hutami, R., & Nurlaela, R. S. (2021). PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS KEMASAN BAGI UMKM DI KECAMATAN CIAWI. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 59–61. https://doi.org/10.30997/qh.v7i1.3522

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 91 times