PRODUK INTELEKTUAL KAMPUS MENUJU SERTIFIKASI HALAL

Authors

  • Mardiah Mardiah
  • Tiana Fitrilia
  • Dwi Aryanti
  • Nur' Utami
  • Siti Irma Rahmawati

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v5i1.1618

Keywords:

Makanan, minuman, produk intelektual kampus, sertifikasi halal

Abstract

Produk intelektual kampus merupakan produk hasil penelitian yang dikaji dan dianalisis secara ilmiah untuk mendapatkan produk yang berkualitas. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah menghasilkan produk-produk makanan dan minuman yang halal dan thayyib sehingga dapat memberikan ketentraman bagi konsumen. Beberapa produk dari Kreasi Matepa disiapkan untuk mendapatkan sertifikat halal MUI, yaitu produk roti, kue
sus, kue kering, aneka minuman rosella dan coklat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pelatihan dan penerapan system jaminan halal. Salah satu dari tim Kreasi Matepa mengikuti pelatihan eksternal, selanjutnya hasil pelatihan diimplementasikan pada kegiatan operasional café sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Produk yang akan disertifikasi halal telah dikondisikan sesuai prosedur seperti pemilihan bahan baku dan cara produksi serta penerapan system mutu jaminan halal. Berdasarkan hasil dari kegiatan ini, proses
sertifikasi produk intelektual kampus telah didaftaran secara online melalui aplikasi CEROL-SS23000.

References

Kusfriyadi, M.K. 2016. Gizi dan Makanan dalam Buku Ilmu Gizi, Teori dan Aplikasi. Jakarta
: Kedokteran EGC
Mushaf Al-Qur’an Terjemahan, Jakarta : Al-fatih
Syafrida. 2016. Sertifikat Halal pada Produk Makanan dan Minuman, Memberi Perlindungan
dan Kepastian Hukum Hak-Hak Konsumen Muslim. Jurnal Hukum ADIL. 7(2) : 159-
174.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.
Tim LPPOM MUI. 2012. HAS 23000.

Downloads

Published

2019-04-10

How to Cite

Mardiah, M., Fitrilia, T., Aryanti, D., Utami, N., & Rahmawati, S. I. (2019). PRODUK INTELEKTUAL KAMPUS MENUJU SERTIFIKASI HALAL. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 28–37. https://doi.org/10.30997/qh.v5i1.1618

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 251 times

Most read articles by the same author(s)