PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BIDANG MANAJEMEN PRODUKSI HALAL PADA UMKM YOGURT SABILULUNGAN DI MASA COVID-19

Authors

  • Titi Rohmayanti, S.Si, M.Si Djuanda University of Bogor http://orcid.org/0000-0002-2618-3015
  • Tiana Fitrilia
  • Distya Riski Hapsari
  • Muhammad Fakih Kurniawan
  • Muhammad Rifqi

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v8i1.3590

Abstract

Kampung Carangpulang memiliki kelompok wirausaha produk yogurt yang diprakarsai oleh ibu-ibu setempat. Kurangnya pembinaan dan pelatihan kepada kelompok wirausaha ini menyebabkan kurangnya pemahaman terkait manajemen produksi halal, sanitasi, dan higienitas serta gagalnya produksi secara kontinyu. Selain itu, di masa pandemi produksi yogurt menjadi terbatas akibat bahan baku yang tersedia. Keterbatasan ini menyebabkan berkurangnya semangat pada ibu-ibu dalam memproduksi yogurt. Padahal, produksi yogurt ini dapat menjadi sumber perekonomian bagi ibu-ibu setempat. Solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mitra yaitu pemberian penyuluhan online kepada ibu-ibu wirausaha yogurt mengenai pelatihan Sistem Jaminan Halal untuk industri rumah tangga, pemberian materi mengenai Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB). Bantuan pengadaan bahan baku susu dan starter. Pemberian pre-test sebelum materi dan post-test setelah materi penyuluhan untuk mengevaluasi sejauh mana kelompok wirausaha menyerap dan memahami materi penyuluhan secara online. Pemberian pelatihan semi virtual Sistem Jaminan Halal untuk industri rumah tangga, pemberian materi mengenai Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB), Pelaksanaan pendaftaran sertifikasi halal, Melakukan evaluasi kegiatan, dan pembuatan laporan akhir. Pengadaan bahan baku susu sapi segar dan starter disuplai dari Fakultas Peternakan IPB. Seminar semi virtual yang diadakan, diikuti oleh 8 orang peserta ibu-ibu UMKM Yogurt Sabilulungan. Pemahaman ibu-ibu berdasarkan nilai pre-test dan post-tes yang telah dilakukan mengalami peningkatan. Pemahaman terkait materi kandungan gizi yogurt mengalami peningkatan sebesar 7,5%, materi CPPOB sebesar 17,85% dan materi Sistem Manajemen Halal sebesar 32,81%. Ketelusuran kehalalan bahan baku yang digunakan pada produk yogurt sabilulungan sudah halal secara kesluruhan sehingga memudahkan untuk melakukan pendaftaran sertifikat halal LPPOM MUI.

References

Dey, A.K. dan Nath A.B. 2017. Nutritional status of school going children (6-15 years) in a semi urban area of cachar district, Assam. Evolution Med. Dent.Sci. 6(54): 2278-4787.

Kartono, D. dan Soekatri, M. 2004. AKG Mineral Makro dan Mikro. Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi VIII. Jakarta: LIPI press.

Savalano, D.A. 2014. Absorption of calcium from milk and yogurt. American Journal of Clinical Nutrition. 42:1197-1200.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Rohmayanti, S.Si, M.Si, T., Fitrilia, T., Hapsari, D. R., Kurniawan, M. F., & Rifqi, M. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BIDANG MANAJEMEN PRODUKSI HALAL PADA UMKM YOGURT SABILULUNGAN DI MASA COVID-19. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 85–89. https://doi.org/10.30997/qh.v8i1.3590

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 44 times

Most read articles by the same author(s)