Peran Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah dalam Pembentukan Karakter

Authors

  • Rini Syevyilni Wisda IAIN Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v7i2.9868

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi  oleh  mulai memudarnya nilai-nilai karakter anak-anak  (krisis karakater), seperti kurang peduli, kurang bertanggung jawab terhadap kewajibannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran madrasah diniyyah dalam menangani permasalahan di atas dalam membentuk karakter anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseach). Dalam proses penelitian peneliti turun lansung ke lokasi untuk menemukan titik terang dari permasalahan penelitian yaitu, peran Madrasah Diniyyah Takmiliyah Awaliyah dalam membentuk karakter. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Takmiliyah Awaliyah kota Sungai Penuh mempunyai peran yang penting dalam membentuk karakter anak usia sekolah, hal itu terlihat dari peran guru dalam mengajar dengan cara memberikan keteladanan membiasakan kedisiplinan dengan cara mematuhi peraturan, membiasakan sholat tepat waktu dan  berjamaah. Peran membimbing dan mengajari murid tentang pengetahuan ilmu agama islam baca tulis al qur’an, memotivasi siswa untuk terus belajar dan perilaku yang baik dan bertanggungjawab terhadap tugas yang diberikan. Adapun Peran MDTA dalam proses pendidikan yaitu, melalui 1. Peran adaptasi keadaan siswa sebelum masuk MDTA, 2. Tujuan pendidikan yang jelas mengajar sesuai kurikulum yang dikembangkan berupa matapelajaran (ilmu alqur’an, fiqih, tarikh islam, akhlak dan bahasa arab) ,  3. Kerjasama, saling membangun komunikasi dan berkaitan dengan orangtua. 4. Menjaga pola pendidikan. Peran MDTA dalam pembentukan karakter berimplikasi pada karakter, tertanamnya nilai-nilai kegamaan pada anak-anak usia sekolah dasar, adanya perhatian dari pihak pengambil kebijakan terhadap regulasi pendidikan MDTA.

References

Anggota Ikapi. (2016). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 2 Dan 3. Ikapi.

Basrowi Dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.

Cyrus T. Lalompoh & Kartini Ester Lalompoh. (2017). Metode Pengembangan Moral Dannilainilai Keaagamaanbagi Anak Usia Dini. Grasindo.

Darosy Endah Hyoscyamina. (2011). Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Psikologi Undip, 10 No 2 Ok.

Depertemen Agama Ri. (2000). Pedoman Penyelenggaraan Dan Pembinaan Madrasah Diniyah. Depag.

Direktorat Pendidikan Keagamaan & Pondok Pesantren Dirjen Kelembagaan Agama, 2003 Pedoman Penyelenggaraan dan Pembinaan Madrasah Diniyah (Jakarta: Departemen Agama RI)

Edi Suhardono. (2016). Teori Peran : Konsep Derivasi Dan Implikasinya,. Gramedia Pustaka.

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Sekolah. Ar-Ruzz Media.

Hisyam Muhammad Fiqyh Aladdii Dkk. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Penelitian Medan Agama, 10 No 2.

Kadri, R. A. S. & M. (2016). Pendidikan Karakter : Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Bumi Aksara.

Lickona, T. (2012). Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimanasekolah Dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat Dan Bertanggung Jawab. (Penerjemah: Juma Abdu Wamaungo. Bumi Aksara.

Mansur Muslich. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Kritis Multidimensial. Bumi Aksara.

Muhaimin. (2010). Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Nuansa.

Mujamilqomar. (2015). Dimensimanajemenpendidikan Islam. Erlangga.

Sindung Haryanto. (2012). Spektrum Teori Sosial: Dari Klasik Hingga Post Modern. Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kulitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suriyadi. (2013). Setratagi Pembelaajaran Karakte. Remaja Rosdakarya.

Syafizal Helmi Situmorang. (2015). Analisis Data Untuk Riset Manajemen Dan Bisnis. Alfabeta.

Tutuk Ningsih. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. Insania, 24 No 2 Ju.

Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter. Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Rini Syevyilni Wisda. (2023). Peran Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah dalam Pembentukan Karakter . TADBIR MUWAHHID, 7(2), 279–293. https://doi.org/10.30997/jtm.v7i2.9868
Abstract viewed = 51 times