Implementasi Modul PAI Fiqih Dalam Pembelajaran Di MTSN 4 Kota Surabaya

Authors

  • Eting Ida Fitriyah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Agus Yulianto Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Muhammad Yusron Maulana ElYunusi Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v7i2.9862

Keywords:

Modul PAI Fiqih, MTsN 4 Kota Surabaya, Pembelajaran Kelas SKS

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan implementasi modul PAI Fiqih dalam pembelajaran kelas Sistem Kredit Semester (SKS) di MTsN 4 Kota Surabaya dan menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaannya. Dengan memakai pendekatan kualitatif- deskritif, penelitian ini melibatkan siswa kelas homogen di MTsN 4 Kota Surabaya sebagai subjek penelitian. Wawancara, dokumentasi serta observasi adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan implementasi modul PAI fiqih dalam pembelajaran kelas  homogen  sistem  SKS  di  MTsN  4  Kota Surabaya mengalami keberhasilan. Selain itu, siswa mengeluhkan  kejenuhan  dalam  mengerjakan  banyak  tugas dan penurunan konsentrasi saat praktik mata pelajaran PAI fiqih karena kelelahan setelah mengikuti mata pelajaran olahraga sebelumnya. Adapun penelitian terkait implementasi modul ini sudah pernah dilakukan oleh peneliti sebelumnya namun pada siswa SD dalam pembelajaran tematik dengan metode  penelitian  kuantitatif.  Hasil  penelitian memperlihatkan bahwa modul UKBM dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran PAI Fiqih

References

Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati. (1991). Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Akhmadi, A. (2020). Penelitian Kesiapan Madrasah dalam Pembelajaran berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Madrasah Ibtidaiyah. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 8(1), 406–417.

doi: 10.36052/andragogi.v8i1.142

Alfiyah, S., & Bachtiar, H. (2022). Internalisasi Pendidikan Akhlak Dalam Menguatkan Karakter Islami Siswa Mi Perwanida Blitar. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 110–133.

Ali Mudlofir dan Masyhudi Ahmad. (2009). Pengembangan Kurikulum dan Bahan Ajar. PT Revka Petra Media. Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=E2uYutYAAAAJ&citation_for_view=E2uYutYAAAAJ:_kc_bZDykSQC

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 19(8), 159–170. Retrieved from https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Retrieved from https://www.academia.edu/34722475/Panduan_Pengembangan_UKBM_2017_pdf

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Pedoman Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA. Retrieved from

https://www.sman64jkt.sch.id/upload/file/6901703606.-Pedoman-Penyelenggaraan-SKS.pdf

Dr. H. Abd. Rahman, S.Pd.I., M. A. (2022). Tri Pusat Pendidikan Perspektif Tasawuf (1st ed.). CV Kaaffah Learning Center. Retrieved from https://kaaffahlearningcenter.com/product/tri-pusat-pendidikan-perspektif-tasawuf/

Dr. H. Masrukhin, S.Ag., M. P. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Media Ilmu Press. Retrieved from

http://repository.iainkudus.ac.id/4882/1/BUKU METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF JULI 2014.pdf

Kadarudin, S.H., M.H., C. (2021). Penelitian Di Bidang Hukum (Sebuah Pemahaman Awal) (M. P. Dr. Hj. Ria Trisnomurti, SH., SpN, MH. dan Hamidullah Ibda (ed.)). Formaci. Retrieved from http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/8235/1/BUKU KADARUDDIN %28PENELITIAN DI BIDANG ILMU PENGETAHUAN%29.pdf

El Yunusi, M. Y. M. (2022). Penerapan Inovasi Kurikulum Terintegrasi Lingkungan Hidup di MIN Pucangsimo Bandar Kedungmulyo Jombang. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(2), 226–236.

doi: 10.15642/japi.2022.4.2.226-236

Farid, M., & Syafi’i, A. (2018). Moderatisme Islam Pesantren Dalam Menjawab Kehidupan Multikultural Bangsa. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1), 122. Retrieved from https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/257

Huda, M., Adim, M., Jawani, M., & Muhsona, C. (2022). Model Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Youtube Content Dalam Meningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(2), 154–179.

doi: 10.52166/talim.v5i2.3193

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, 1 (2003). Retrieved from https://piaud.uin-suka.ac.id/media/dokumen_akademik/43_20210506_Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.pdf

Ismail, M., & Ali, M. (2023). Implementasi Metode Berbasis Masalah pada Pelajaran Aqidah Akhlaq Melalui Kitab Aqidatul Awam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MI NU Miftahul Ulum Surabaya. 30(01), 77–88.

doi: 10.52166/tasyri.v30i1.220

Mardiyah. (2012). Kepemimpinan Kiai dalam Memelihara Budaya Organisasi di Pondok Modern Gontor, Lirboyo Kediri, dan Pesantren Tebuireng Jombang. Tsaqafah, 8(1).

doi: 10.21111/tsaqafah.v8i1.21

Marfiyanto, Tri, Syafi’i, A., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115.

doi: 10.32585/jkp.v2i2.114

Mujiono, D. &. (2015a). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Retrieved from https://ecampus-fip.umj.ac.id/pustaka_umj/main/item/10150

Mujiono, D. &. (2015b). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Retrieved from https://ecampus-fip.umj.ac.id/pustaka_umj/main/item/10150

Nana Syaodih Sukmadinata dan Erliany Syaodih. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi (1st ed.). Bandung: PT Refika Aditama. Retrieved from https://onesearch.id/Author/Home?author=Sukmadinata%2C+Nana+Sy.+%28dan+Erliany+Syaodih%29

Mujamil Qomar, M. A. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif: Membekali Kemampuan Membangun Teori Baru. Malang: Inteligensia Media.

S. Nasution. (2017). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1110482

Sanjaya, W. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkatan Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=BJFBDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Eting Ida Fitriyah, Yulianto, A. ., & Maulana ElYunusi, M. Y. (2023). Implementasi Modul PAI Fiqih Dalam Pembelajaran Di MTSN 4 Kota Surabaya. TADBIR MUWAHHID, 7(2), 295–319. https://doi.org/10.30997/jtm.v7i2.9862
Abstract viewed = 19 times