Implementasi Modul PAI Fiqih Dalam Pembelajaran Di MTSN 4 Kota Surabaya
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan implementasi modul PAI Fiqih dalam pembelajaran kelas Sistem Kredit Semester (SKS) di MTsN 4 Kota Surabaya dan menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaannya. Dengan memakai pendekatan kualitatif- deskritif, penelitian ini melibatkan siswa kelas homogen di MTsN 4 Kota Surabaya sebagai subjek penelitian. Wawancara, dokumentasi serta observasi adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan implementasi modul PAI fiqih dalam pembelajaran kelas homogen sistem SKS di MTsN 4 Kota Surabaya mengalami keberhasilan. Selain itu, siswa mengeluhkan kejenuhan dalam mengerjakan banyak tugas dan penurunan konsentrasi saat praktik mata pelajaran PAI fiqih karena kelelahan setelah mengikuti mata pelajaran olahraga sebelumnya. Adapun penelitian terkait implementasi modul ini sudah pernah dilakukan oleh peneliti sebelumnya namun pada siswa SD dalam pembelajaran tematik dengan metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa modul UKBM dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran PAI Fiqih
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati. (1991). Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Akhmadi, A. (2020). Penelitian Kesiapan Madrasah dalam Pembelajaran berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Madrasah Ibtidaiyah. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 8(1), 406–417.
doi: 10.36052/andragogi.v8i1.142
Alfiyah, S., & Bachtiar, H. (2022). Internalisasi Pendidikan Akhlak Dalam Menguatkan Karakter Islami Siswa Mi Perwanida Blitar. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 110–133.
Ali Mudlofir dan Masyhudi Ahmad. (2009). Pengembangan Kurikulum dan Bahan Ajar. PT Revka Petra Media. Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=E2uYutYAAAAJ&citation_for_view=E2uYutYAAAAJ:_kc_bZDykSQC
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 19(8), 159–170. Retrieved from https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Retrieved from https://www.academia.edu/34722475/Panduan_Pengembangan_UKBM_2017_pdf
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Pedoman Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA. Retrieved from
https://www.sman64jkt.sch.id/upload/file/6901703606.-Pedoman-Penyelenggaraan-SKS.pdf
Dr. H. Abd. Rahman, S.Pd.I., M. A. (2022). Tri Pusat Pendidikan Perspektif Tasawuf (1st ed.). CV Kaaffah Learning Center. Retrieved from https://kaaffahlearningcenter.com/product/tri-pusat-pendidikan-perspektif-tasawuf/
Dr. H. Masrukhin, S.Ag., M. P. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Media Ilmu Press. Retrieved from
http://repository.iainkudus.ac.id/4882/1/BUKU METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF JULI 2014.pdf
Kadarudin, S.H., M.H., C. (2021). Penelitian Di Bidang Hukum (Sebuah Pemahaman Awal) (M. P. Dr. Hj. Ria Trisnomurti, SH., SpN, MH. dan Hamidullah Ibda (ed.)). Formaci. Retrieved from http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/8235/1/BUKU KADARUDDIN %28PENELITIAN DI BIDANG ILMU PENGETAHUAN%29.pdf
El Yunusi, M. Y. M. (2022). Penerapan Inovasi Kurikulum Terintegrasi Lingkungan Hidup di MIN Pucangsimo Bandar Kedungmulyo Jombang. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(2), 226–236.
doi: 10.15642/japi.2022.4.2.226-236
Farid, M., & Syafi’i, A. (2018). Moderatisme Islam Pesantren Dalam Menjawab Kehidupan Multikultural Bangsa. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1), 122. Retrieved from https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/257
Huda, M., Adim, M., Jawani, M., & Muhsona, C. (2022). Model Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Youtube Content Dalam Meningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(2), 154–179.
doi: 10.52166/talim.v5i2.3193
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, 1 (2003). Retrieved from https://piaud.uin-suka.ac.id/media/dokumen_akademik/43_20210506_Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.pdf
Ismail, M., & Ali, M. (2023). Implementasi Metode Berbasis Masalah pada Pelajaran Aqidah Akhlaq Melalui Kitab Aqidatul Awam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MI NU Miftahul Ulum Surabaya. 30(01), 77–88.
doi: 10.52166/tasyri.v30i1.220
Mardiyah. (2012). Kepemimpinan Kiai dalam Memelihara Budaya Organisasi di Pondok Modern Gontor, Lirboyo Kediri, dan Pesantren Tebuireng Jombang. Tsaqafah, 8(1).
doi: 10.21111/tsaqafah.v8i1.21
Marfiyanto, Tri, Syafi’i, A., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115.
doi: 10.32585/jkp.v2i2.114
Mujiono, D. &. (2015a). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Retrieved from https://ecampus-fip.umj.ac.id/pustaka_umj/main/item/10150
Mujiono, D. &. (2015b). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Retrieved from https://ecampus-fip.umj.ac.id/pustaka_umj/main/item/10150
Nana Syaodih Sukmadinata dan Erliany Syaodih. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi (1st ed.). Bandung: PT Refika Aditama. Retrieved from https://onesearch.id/Author/Home?author=Sukmadinata%2C+Nana+Sy.+%28dan+Erliany+Syaodih%29
Mujamil Qomar, M. A. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif: Membekali Kemampuan Membangun Teori Baru. Malang: Inteligensia Media.
S. Nasution. (2017). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1110482
Sanjaya, W. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkatan Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=BJFBDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false