SIGNIFIKANSI DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK

Authors

  • Sayu Safira Andalucy Universitas Djuanda
  • Syamsuddin Ali Nasution Universitas Djuanda
  • Hasan Bisri Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v1i2.954

Keywords:

learning discipline, morals aqeedah, learning outcomes.

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh disiplin belajar dalam  pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, asosiatif berupa sebab akibat. Penggunaan sampel sebanyak 55 siswa dari populasi 122 siswa. Teknik pengambilan hasil data menggunakan angket skala bertingkat, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan signifikansi persamaan regresi dengan hasil nilai Fhitung25.932 dan Ftabel dengan dfreg=1 dfres=53  adalah 4,03 pada taraf 5%. Dengan demikian Fhitung> Ftabel (25.932> 4,03) sehingga H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak. Hasil koefisien determinasi yaitu 0.5732 = 0.328 artinya hasil yang ada dalam proses belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak sebesar 32.8% dipengaruhi oleh disiplin belajar. Sedangkan 64.6% hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak dipengaruhi oleh faktor lain.

KATA KUNCI: akidah akhlak, disiplin belajar, hasil belajar.

 

 

THE INFLUENCE OF LEARNING DISCIPLINE AGAINST STUDENTS AT SUBJECT AQEEDAH MORALS


ABSTRACT

The purpose of research to determine whether or not the influence of learning discipline in instructional process of learning outcomes on the subjects of moral aqid. This research used quantitative, associative approach in the form of cause and effect. The sample use of 55 students from the population of 122 students. The data collection technique used multilevel scale questionnaire, observation, interview and documentation. The results showed the significance of regression equation with the result value of Fh25.932 and Ft with dfreg = 1 dfres = 53 is 4.03 at 5% level. Thus Fh> Ft (25.932> 4.03) so that Ho is rejected, it means there is a significant influence between the learning discipline with student learning outcomes subjects akidah akhlak. The result of coefficient of determination is 0.5732 = 0.328 means that the results of existing in the learning process of students on the subject of moral aqid is 32.8% influenced by the discipline of learning. While 64.6% of students' learning achievement subjects akidah akhlak influenced by other factors.

 

References

Arifin Z. 2012. Penelitian pendidikan: metode dan paradigma baru. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Bisri H dan M Ikhsan. 2015. Penilaian otentik dengan teknik di Sekolah Dasar. Jurnal Sosial Humaniora 6 (2).
Departemen Agama RI. 2004. Al-Qur’an dan terjemahnya. Mekar Surabaya, Surabaya.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Imron A. 2012. Manajemen peserta didik berbasis sekolah. Bumi Aksara, Jakarta.
Jihad A dan Haris A. 2012. Evaluasi pembelajaran. Multi Pressindo, Yogyakarta.
Prihatin E. 2011. Manajemen peserta didik. Alfabeta, Bandung.
Sanjaya W. 2010. Kurikulum dan pembelajaran. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Sudjana N. 2009. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sugiono. 2003. Metode penelitian administrasi. Alfabeta, Bandung.
Suryabrata S. 1998. Psikologi pendidikan. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Supardi. 2012. Aplikasi statistika dalam penelitian. Ufuk Press, Jakarta.
Susanto A. 2013. Teori belajar dan pembelajaran. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Syafruddin. 2005. Hubungan antara disiplin belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar bahasa Indonesia SMA PGRI Sungguminasa kabupaten Gowa. Jurnal Edukasi Pemikiran dan Penelitian Pendidikan 6(2).

Downloads

Published

2018-01-23

How to Cite

Andalucy, S. S., Nasution, S. A., & Bisri, H. (2018). SIGNIFIKANSI DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK. TADBIR MUWAHHID, 1(2), 116–127. https://doi.org/10.30997/jtm.v1i2.954
Abstract viewed = 448 times