Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Video Pada Kelas IX SMP Al-Furqan Madrasatul Quran
Main Article Content
Abstract
Artikel ini mengupas seputar perkembangan teknologi yang semakin canggih. Adanya hal tersebut mendorong pemanfaatan media pembelajaran yang juga berbasis berbantuan teknologi, akan tetapi dalam fenomena zaman modern ini masih terdapat beberapa guru yang belum memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran, sehingga proses pembelajaran kurang aktif dan menjadikan peserta didik merasa tidak bersemangat dalam belajar. Hingga dampaknya dapat memicu peserta didik menjadi bosan dan tidak antusias selama pembelajaran berlangsung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media video dalam pembelajaran PAI pada SMP Al Furqan Madrasatul Qur an kelas IX. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan video sebagai media pembelajaran PAI dinilai bagus dan efisien. (2) Peserta didik lebih bisa fokus terhadap pembelajaran karena bisa melihat serta mendengarkan penjelasan dari video (3) Pembelajaran menjadi lebih aktif dan menarik, dan materi lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Manfaat penelitian ini tidak lah lain sebagai pembuka ghirah pendidik agar senantiasa dapat menyesuaikan pengajaran dengan berkembangan dan tuntutan kebutuhan zaman
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
A. Rusdiana. (2016). Integrasi Pendidikan Agama Islam dengan Sains dan Teknologi. Aculty of Science and Technology, UIN SGD, Bandung, 15(1), 123–143. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf
Alwasilah, A. C. (2006). Contextual Teaching and Learning. mizan.
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., Z. (2019). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hak.
Arwudarachman, D., Setiadarma, W., & Marsudi. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas XI Danizar Arwudarachman Wayan Setiadarma Marsudi Abstrak. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 03 Nomor 0, 237–243.
Baharun, H., Rizqiyah, L., & Jadid, U. N. (2019). Reciprocal Teaching Berbasis Teknologi. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 15–29.
bpk arif. (2023). wawancara.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dara Gebrina Rezieka, F. I. K. Z. P. (2021). Model Pendidikan Bagi Anak Abk: Home Schooling. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 63. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10426
Gabriel Díaz-Maggioli. (2004). Teacher-centered Professional Development (illustrate). ASCD.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Kajian akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. BSAKP, Kemdikbudristek.
Lexy J. Moleong . (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif: Perumusan Masalah dalam Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mie, E., Kuliah, M., & Dan, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 277–286.
Nia Indah Purnamasari. (2016). Konstruksi Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional di Era Global: Paradoks dan Relevansi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 6(2), 73–91. http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/elbanat/article/view/2883
Niswatin, K., Zainiyati, H. S., Al Hana, R., & Hamid, A. (2022). Desain Pembelajaran Model Assure Pada Materi Al-Quran Hadits Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian, 15(2), 229. https://doi.org/10.21043/jp.v15i2.9590
Rizki Irmadhani. (2019). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran PAI Materi Puasa Di Kelas V SDN Karangbesuki 3 Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2):94.
Rufii, R. (2015). Developing Module on Constructivist Learning Strategies to Promote Students’ Independence and Performance. International Journal of Education, 7(1), 18. https://doi.org/10.5296/ije.v7i1.6675
Tamrin, M. (2019). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penggunaan Media Pembelajaran di SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. 26(1), 56–64.
Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Zhang, D. (2005). Interactive Multimedia-Based E-Learning: A Study of Effectiveness. The American Journal of Distance Education, 19, Nomor, 16.