Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Video Pada Kelas IX SMP Al-Furqan Madrasatul Quran

Authors

  • Achmad Jalilul Chakam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Sirojuddin Qosim Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Asep Saepul Hamdani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Irma Soraya Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v7i2.9532

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Video

Abstract

Artikel ini mengupas seputar perkembangan teknologi yang semakin canggih. Adanya hal tersebut mendorong pemanfaatan media pembelajaran yang juga berbasis berbantuan teknologi, akan tetapi dalam fenomena zaman modern ini masih terdapat beberapa guru yang belum memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran, sehingga proses pembelajaran kurang aktif dan menjadikan peserta didik merasa tidak bersemangat dalam belajar. Hingga dampaknya dapat memicu peserta didik menjadi bosan dan tidak antusias selama pembelajaran berlangsung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media video dalam pembelajaran PAI pada SMP Al Furqan Madrasatul Qur an kelas IX. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan video sebagai media pembelajaran PAI dinilai bagus dan efisien. (2) Peserta didik lebih bisa fokus terhadap pembelajaran karena bisa melihat serta mendengarkan penjelasan dari video (3) Pembelajaran menjadi lebih aktif dan menarik, dan materi lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Manfaat penelitian ini tidak lah lain sebagai pembuka ghirah pendidik agar senantiasa dapat menyesuaikan pengajaran dengan berkembangan dan tuntutan kebutuhan zaman

References

A. Rusdiana. (2016). Integrasi Pendidikan Agama Islam dengan Sains dan Teknologi. Aculty of Science and Technology, UIN SGD, Bandung, 15(1), 123–143. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

Alwasilah, A. C. (2006). Contextual Teaching and Learning. mizan.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., Z. (2019). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hak.

Arwudarachman, D., Setiadarma, W., & Marsudi. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas XI Danizar Arwudarachman Wayan Setiadarma Marsudi Abstrak. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 03 Nomor 0, 237–243.

Baharun, H., Rizqiyah, L., & Jadid, U. N. (2019). Reciprocal Teaching Berbasis Teknologi. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 15–29.

bpk arif. (2023). wawancara.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dara Gebrina Rezieka, F. I. K. Z. P. (2021). Model Pendidikan Bagi Anak Abk: Home Schooling. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 63. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10426

Gabriel Díaz-Maggioli. (2004). Teacher-centered Professional Development (illustrate). ASCD.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Kajian akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. BSAKP, Kemdikbudristek.

Lexy J. Moleong . (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif: Perumusan Masalah dalam Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mie, E., Kuliah, M., & Dan, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 277–286.

Nia Indah Purnamasari. (2016). Konstruksi Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional di Era Global: Paradoks dan Relevansi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 6(2), 73–91. http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/elbanat/article/view/2883

Niswatin, K., Zainiyati, H. S., Al Hana, R., & Hamid, A. (2022). Desain Pembelajaran Model Assure Pada Materi Al-Quran Hadits Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian, 15(2), 229. https://doi.org/10.21043/jp.v15i2.9590

Rizki Irmadhani. (2019). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran PAI Materi Puasa Di Kelas V SDN Karangbesuki 3 Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2):94.

Rufii, R. (2015). Developing Module on Constructivist Learning Strategies to Promote Students’ Independence and Performance. International Journal of Education, 7(1), 18. https://doi.org/10.5296/ije.v7i1.6675

Tamrin, M. (2019). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penggunaan Media Pembelajaran di SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. 26(1), 56–64.

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Zhang, D. (2005). Interactive Multimedia-Based E-Learning: A Study of Effectiveness. The American Journal of Distance Education, 19, Nomor, 16.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Achmad Jalilul Chakam, Qosim, S., Asep Saepul Hamdani, & Irma Soraya. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Video Pada Kelas IX SMP Al-Furqan Madrasatul Quran. TADBIR MUWAHHID, 7(2), 205–255. https://doi.org/10.30997/jtm.v7i2.9532
Abstract viewed = 31 times