Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTS Ummul Quro Al-Islami Bogor

Authors

  • Muchamad Zainal Muttaqin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Sita Ratnaningsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Iwan Purwanto UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v7i2.9478

Keywords:

manajemen pembiayaan, meningkatan mutu pendidikan, Transparansi Pembiayaan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi pengelolaan pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Dengan menggunakan triangulasi sumber, periksa kebenaran data yang digunakan. Mengenai peran sekolah sebagai lembaga pendidikan akan erat kaitannya dengan pembahasan mutu pendidikan. Prestasi belajar siswa di sekolah sangat dipengaruhi oleh penyelenggaraan proses belajar mengajar. Biaya pendidikan harus dikelola secara efektif untuk mencapai kualitas sekolah yang baik. Oleh karena itu, tahapan pengelolaan pembiayaan pendidikan harus diperhatikan. Pada dasarnya, tujuan pengelolaan dana pendidikan adalah untuk mengembangkan proses pembelajaran yang memenuhi kebutuhan belajar siswa yang diantisipasi. Keuangan untuk pendidikan dikelola di MTS Ummul Quro Al-Islami Bogor pada tingkat yang sangat tinggi. Kepala MTS Ummul Quro Al-Islami Bogor dengan demikian telah mampu menangani pendanaan pendidikan semaksimal mungkin, mulai dari perencanaan dan penganggaran pendanaan, pelaksanaan pendanaan, pengawasan dan pengendalian, serta pertanggungjawaban.

References

Abunifa. (2017). Konsep Dasar dan Strategi Penjaminan Mutu Pendidikan: Sebagai Review Kebijakan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 107–118.

Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah upaya Mendukung Pengguanaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. PT. RajaGrafindo Persada.

Akhwan, M. (2003). Peningkatan dan Standarisasi Mutu Pendidikan; Tinjauan atas UU, Kurikulum dan Kemampuan Guru. JPI FIAI Jurusan Tarbiyah, VIII(VI), 36–45. http://jurnal.uii.ac.id/Tarbawi/article/view/5201

Anwar Abidin, A. (2017). MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN TINGGI DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi Swasta Menengah di Surabaya). Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 87. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.95

Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen pembiayaan pendidikan, fasilitas pembelajaran, dan mutu sekolah. Administrasi Pendidikan, 2(23).

Azra, A. (2002). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Logos Wacana Ilmu.

Copeland, J. F. W. & T. E. (1995). Manajemen Keuangan. Binapura Aksara.

Crosby, P. B. (1980). Quality is Free. Penguin Books.

Fattah, N. (2009). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Fattah, N. (2012). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Remaja Rosda Karya.

Hoy, C. et al. (2000). Improving Quality in Education. Falmer Press.

Kurniady, D. A., Setiawati, L., & Nurlatifah, S. (2018). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Terhadap Mutu Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 263–269. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9620

Lantip, P. (2016). Maajemen Mutu Pendidikan. In UNY Press.

McCannon, B. C. (2014). Finance education and social preferences: Experimental evidence. Journal of Behavioral and Experimental Finance, 4, 57–62. https://doi.org/10.1016/j.jbef.2014.10.001

Morphet, E. (1983). Segala bentuk biaya yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan termasuk dalam kategori biaya yang luas. Salah satu sumber daya yang secara langsung menunjang efektivitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan adalah pengelolaan keuangan. Anggaran yang. Prentice Hall Inc.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Nurhayati, N., Nasir, M., Mukti, A., Safri, A., & Hasibuan, L. (2022). Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. 3(2), 594–601.

Pamuji, S., & Wiyani, N. A. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Information and Communication Technology. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 173. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.42726

Pananrangi, A. R. (2017). Manajemen Pendidikan. CELEBES MEDIA PERKASA.

Rusdiana. (2021). MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. TRESNA BHAKTI.

Safri, Y. F., Arifudin, R., & Muslim, M. A. (2018). K-Nearest Neighbor and Naive Bayes Classifier Algorithm in Determining The Classification of Healthy Card Indonesia Giving to The Poor. Scientific Journal of Informatics, 5(1). https://doi.org/10.15294/sji.v5i1.12057%0D

Salamun, Suyono., F. X. I. (2013). Manajemen Keuangan: Investasi dan Pembiayaan. Sabilarrasyad, III(02), 1, 2, 24.

Sallis, E. (2008). Total Quality Management in Education. Manajemen Mutu Pendidikan. IRCiSoD.

Solehan, S. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan. https://www.semanticscholar.org/paper/Manajemen-Pembiayaan-Pendidikan-dalam-Meningkatkan-Solehan/f39c95a29d3ce4bc865eff2a2602886d23ddc131

Supadi. (2021). MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN. UJN Press.

Sutti, M. (2011). Strategi Peningkatan Mutu di Era Otonomi Pendidikan. Medtek, 3(2), 1–6.

Wayne K. & Miskel, C. G. H. (2001). Educational Administration. McGraw-Hill.

Wayne K. & Miskel, C. G. H. (2008). Educational Administration; Theori, Reserch, and Practice. McGraw-Hill.

Yulianti, E. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SMP. Manajer Pendidikan, 11(4), 296–303.

Zamroni. (2007). Meningkatkan Mutu Sekolah. PSAP Muhamadiyah.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Muchamad Zainal Muttaqin, Ratnaningsi, S., & Purwanto, I. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTS Ummul Quro Al-Islami Bogor. TADBIR MUWAHHID, 7(2), 249–261. https://doi.org/10.30997/jtm.v7i2.9478
Abstract viewed = 33 times