Determinasi Sistem Manajemen Informasi Terhadap Kualitas Layanan Pendidikan Pada MTSN 1 Aceh Tengah

Authors

  • Farid fauzi IAIN Aceh Tengah
  • Alghi Fari IAIN Aceh Tengah

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v7i2.9415

Abstract

Abstrak: Kemajuan sistem informasi manajemen pada saat ini menjadi kebutuhan pada dunia pendidikan khususnya institusi Pendidikan Islam yaitu MTsN 1 Aceh Tengah. Penelitian ini mengkaji tentang determinasi dari sistem informasi manajemen terhadap kualitas layanan  pada MTsN 1 Aceh Tengah. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kombinasi (Mixed Methods) dengan metode Sequential Explanatory. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 38 orang.  Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel sistem informasi terhadap kualitas layanan pada MTsN 1 Aceh Tengah dengan determinasi sebesar 55.05% dan persamaan regresi Y= 18,371 + (0,472)X.  Selain itu, berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi mengungkapkan bahwa proses sistem informasi manajemen berjalan dengan baik, sehingga mempermudah guru, siswa dan orang tua dalam berkomunikasi kepada madrasah dan mendapatkan informasi-informasi akademik, dengan mudah, sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan madrasah kepada stakeholder dan Shareholder.

 

References

Abhimantra, W. P., & Suryanawa, I. K. (2016). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14(3).

Abidin, A. Z. (2022). The Influence Of Digital Leadership And Digital Collaboration On The Digital Skill Of Manufacturing Managers In Tangerang. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.330

Abrego Almazán, D., Sánchez Tovar, Y., & Medina Quintero, J. M. (2017). Influence of information systems on organizational results. Contaduría y Administración, 62(2), 321–338. https://doi.org/10.1016/j.cya.2017.03.001

Afrine, A., Qosim, A., & Libriyanti, Y. (2023). Implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Kesiswaan Dalam Meningkatkan Pelayanan Pendidikan Di MI Insan Mulia Tahun Pelajaran 2019/2020. Faidatuna, 4(1), Article 1.

Ak, D. J., & Romadlon, F. (2018). Quality Analysis of Library Information System Using Webqual toward User Satisfaction. JURNAL INFOTEL Informatics - Telecommunication - Electronics, 10(1), 5.

Akaranga, S. I. (2016). The Hermeneutics of Education Management Information Systems for Kitinga Primary School in Mwingi Central—Kenya. Journal of Education and Practice, 5.

Akter, S., Ray, P., & D’Ambra, J. (2011). Viewing systems as services: The role of service quality. International Conference on Information Systems (ICIS2011), 1–18.

Ang, C. A., & Ridho, M. R. (2021). ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI PT RIWAY INTERNATIONAL TERHADAP KEPUASAN MEMBER MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), 4(3), Article 3.

Assegaff, S. (2016). The Effect of Service Quality to Customer Satisfaction by Using Internet Banking Service in Jambi. The Asian Journal of Technology Management, 9(1), 16. https://doi.org/Doi: http://dx.doi.org/10.12695/ajtm.2015.9.1.3

Aydinli, C., & Senyurek, E. (2016). Measuring Impact of Service Quality Dimensions on Customers Satisfaction: Case of GSM Users in Poland. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences, 6(1), Pages 127-133. https://doi.org/10.6007/IJARAFMS/v6-i1/2003

Bellini, C. G. P., Lunardi, G. L., & Henrique, J. L. (2005). Service Quality in Banks: Insights from the Brazilian Experience. Journal of Internet Banking and Commerce, 10(3), 5.

El-Bayoumi, J. G. (2012). Evaluating IT service quality using SERVQUAL. Proceedings of the ACM SIGUCCS 40th Annual Conference on Special Interest Group on University and College Computing Services - SIGUCCS ’12, 15. https://doi.org/10.1145/2382456.2382461

Fauziah, F., Surachman, E., & Muhtadi, A. (2019). Integration of service quality and quality function deployment as an effort of pharmaceutical service improvement on outpatient in a referral Hospital, Karawang, Indonesia. Journal of Advanced Pharmacy Education & Research, 9(2).

Herman, H. (2022). Impact of Service Quality on Customer Satisfaction: A Case Study in Educational Institutions.

ADPEBI International Journal of Business and Social Science, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.54099/aijbs.v2i1.104

Indrayani, E. (2013). Management of Academic Information System (AIS) at Higher Education in the City of Bandung.

Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 628–636. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.381

Lipursari, A. (2013). PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN. JURNAL STIE SEMARANG, 5(1).

Maulidi, R. (2018). Analisis Keberhasilan Penerapan Sistem Informasi Akademik Terhadap Kepuasan Pengguna Studi Empiris Pada Sistem Informasi Akademik UNSIQ Wonosobo. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 5(1), 72–81. https://doi.org/10.32699/ppkm.v5i1.451

Mew, L. (2016). Information Systems Education: The Case for the Academic Cloud. Information Systems Education Journal (ISEDJ), 14(5), 9.

Prayogo, A. D., & Sutisna, M. (2018). Pengaruh Kualitas Website (Webqual 4.0) Terhadap Penggunaan Kembali. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 3(2), 39. https://doi.org/10.35697/jrbi.v3i2.932

Rahman, M., & Islam, R. (2018). Importance-performance analysis of service quality dimensions for the Bangladeshi hotel industry. Int. J. Business and Systems Research, 12, 26.

Rakhmawati, N. A., Ferlyando, V., Samopa, F., & Astuti, H. M. (2017). A performance evaluation for assessing registered websites. Procedia Computer Science, 124, 714–720. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.12.209

Rizcha, Y. R., Hendri, & Effiyaldi. (t.t.). Evaluasi Tata Kelola Sistem Informasi Akademik di Politeknik Jambi Menggunakan COBIT 5. 9.

Sa’adah, F. N. H., Nisrokha, N., & Ibad, A. Z. (2021). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMP) Kepala Sekolah Dalam Pengambilan Keputusan Di SMK Islam Al-Khoiriyah. Al-Miskawaih: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.58410/al-miskawaih.v2i1.339

Saggaf, M. S., Salam, R., Darwis, M., & Jamaluddin, Mr. (2017). Examining Academic Service using Importance Performance Analysis (IPA). Proceedings of the 2nd International Conference on Education, Science, and Technology (ICEST 2017). 2nd International Conference on Education, Science, and Technology (ICEST 2017), Makassar, Indonesia. https://doi.org/10.2991/icest-17.2017.47

Sirojuddin, A., Amirullah, K., Rofiq, M. H., & Kartiko, A. (2022). Peran Sistem Informasi Manajemen dalam Pengambilan Keputusan di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Pacet Mojokerto. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.395

Sulaiman, A. H., Aryadita, H., & Pinandito, A. (2018). Evaluasi Kualitas Layanan Website Pemerintah Kota Batu dengan Metode E-Govqual dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(2), 10.

Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOKOPEDIA DI JAKARTA. Jurnal Manajemen, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.46806/jm.v9i2.663

Thi, H.-V., Anh, Q., Thi, M.-H., The, K., Nguyen, T., & Thanh, H. (2021). Vietnamese Students’ Satisfaction toward Higher Education Service: The Relationship between Education Service Quality and Educational Outcomes. European Journal of Educational Research, 10(3), 1397–1410. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.3.1397

Wagini, D. (2019). Pengaruh Administrasi Kearsipan Dan Profesionalisme Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Subagian AdministrasiI Pendidikan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug Tangerang. Langit Biru: Jurnal Ilmiah Aviasi, 12(1), 45–52.

Wekke, I. S., Qadri, M. N., Saeka, S., & Idris, I. (2018). Kualitas Sistem Informasi Akademik Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Perguruan TInggi [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/tdyu2

Wijaya, W. M., & Risdiansyah, D. (2020). Dampak Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan pada Kegiatan Akademik di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 129–135. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i1.24564

Zakyah, A. M. (2019). Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Akademik Pada Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode Webqual 4.0. JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia), 4(1), 1. https://doi.org/10.32528/justindo.v4i1.2416

Zamroni, M. A. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 1 Dlanggu. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.28

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

fauzi, F., & Fari, A. . (2023). Determinasi Sistem Manajemen Informasi Terhadap Kualitas Layanan Pendidikan Pada MTSN 1 Aceh Tengah. TADBIR MUWAHHID, 7(2), 227–247. https://doi.org/10.30997/jtm.v7i2.9415
Abstract viewed = 15 times