Manajemen Komunikasi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Kinerja Guru

Authors

  • Sri Murni Indriani UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Munirul Abidin UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v8i1.8685

Keywords:

Manajemen, komunikasi, kepala madrasah, peningkatan kinerja, guru

Abstract

Artikel ini membahas pentingnya manajemen komunikasi yang dilakukan oleh kepala madrasah utuk meningkatkan kinerja guru. Dalam menciptakan lembaga yang bermutu tentu dibutuhkan kerjasama oleh kepala madrasah dan juga guru dalam kerjasama tersebut dibutuhkan manajemen komunikasi agar komunikasi tersebut dapat efektif dan efisien.  Metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen komunikasi yang dilakukan oleh kepala madrasah meliputi 1) perencanaan dan pengorganisasian meliputi penentuan tujuan, sasaran dan target; 2) pelaksanaan manajemen komunikasi melalui formal dan informal 3) Sedangkan untuk evaluasi melalui supervisi yang di laksanakan oleh kepala madrasah. berdasarkan hasil supervisi ini yang nantinya dapat mengarahkan kepala madrasah untuk melihat sejauh apa manajemen komunikasi telah berhasil dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru

References

Abidin, yusuf zainal. 2015. Manajemen Komunikasi: Filosofi, Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Danim, Sudarwan. 2009. Manajemen Dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Jakarta: PT Reneka Cipta.

Desih, Maufur, M., Mudhiyati, I., Ghafur, A. A., & Indra, S. (2022). PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP KINERJA GURU DI SDN ARGAPURA 02. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 5(1), 12–27.

Diklat, tim penulis materi. 2008. Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Direktur Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK,.

Hikmat. 2014. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Cet-9. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, Zulkarnaen. 1994. Perencanaan Program Komunikasi. Jakarta: Universitas terbuka.

Piet A. suhertian. 2000. Konsep Dasar & Teknik Supervise Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia Cet-1. PT Rineka. Jakarta.

Priansa, Donni Juni. 2017. Manajemen Kinerja Kepegawaian Dalam Pengelolaan Sdm Perusahaan. Bandung: Pustaka Setia.

Rakhmat, Jalaludin. 2008. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Restatillah, F., Fauziah, R. S. P., & Maryani, N. (2020). Pengaruh Loyalitas Guru Terhadap Kinerja Guru. AL-KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 3(1), 17–30.

Ridha, Akrim. 2003. Seni Menghadapi Publik. Jakarta: PT syamil cipta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Cet-V. Jakarta: Kencana.

Simpuh.kemenag.go.id. “Permendiknas.” simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendiknas 13_07.pdf.

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D,. Bandung: Alfabeta.

Widjaja. 2002. Komunikasi Dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yani, A. (2023). Check! Deretan Nominator Struggle Company Radar Malang Awards 2021. Jawa Pos, Radar Malang.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Murni Indriani, S., & Abidin, M. . (2024). Manajemen Komunikasi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Kinerja Guru . TADBIR MUWAHHID, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.30997/jtm.v8i1.8685
Abstract viewed = 4 times