Trampolin Asesmen Kelas Perspektif Guru

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v8i1.12049

Keywords:

Asesmen Kelas; Perspektif Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif guru tentang kelebihan dan kekurangan atau faktor pendukung dan penghambat dari implementasi asesmen berbasis kelas dan memahami sejauh mana guru-guru memaknai asesmen kelas dan implikasinya dalam realitas di lapangan. Pendidik terkadang tidak memahami adanya tahapan kontekstual, kolaborasi, penggunaan sumber belajar yang harus bervariasi serta kegiatan investigasi dalam mengases kelas. Kesulitan-kesulitan dalam memahami kompetensi dasar dan cara menyelaraskan instrument asesmen dengan KD Indikator dari materi pembelajaran pun sering dijumpai dalam proses asesmen kelas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan interview studies. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen wawancara dengan melalui telephone dan whatsapp. Subjek penelitian meliputi 3 guru dari latar belakang sekolah dan daerah berbeda yang ada di Pulau Sulawesi. Data kualitatif diperoleh dari perspektif guru dalam menjawab pertanyaan sedangkan penyajian data kualitatif yaitu penyajian teks bersifat naratif. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa kelebihan dari asesmen kelas menurut perspektif guru, diantaranya; asesmen kelas dapat menggambarkan sejauh mana kompetensi telah dicapai oleh peserta didik, membantu memudahkan peserta didik mengenali dan memahami dirinya, membantu guru dalam memutuskan langkah pemilihan program belajar, serta kegiatan-kegiatan yang terkait dalam pengembangan kepribadian, dll. Sedangkan kekurangan atau faktor penghambat asesmen kelas itu sendiri yaitu terdiri atas 3 : keterbatasan media dan bahan ajar, ketiadaan referensi tentang asesmen kelas, diferensiasi karakter peserta didik.

 

References

Al-Mahiroh, R. S., & Suyadi, S. (2020). Kontribusi Teori Kognitif Robert M. Gagne dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 117–126.

https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.353

Ardi, A., & Syamsurizal, S. (2018). Pengembangan Asesmen Berbasis Kelas untuk Peningkatan Kompetensi Guru IPA SMP dan MTs Kecamatan Koto Tangah. Pelita Eksakta, 1(02), Article 02. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol1-iss02/3

Destiana, D., Suchyadi, Y., & Anjaswuri, F. (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PRODUKTIF DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v3i2.2720

Hasanah, N., & Suyadi, S. (2020). PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KONSEP DIRI ANAK SEKOLAH DASAR. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i2.3984

Ilyas, A., Folastri, S., & Solihatun. (2020.). Diagnosis Kesulitan Belajar & Pembelajaran Remedial. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Istiyati;, J. I. S. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar (Surakarta). UNS Press. //elibrary.sekolahsabilillah.sch.id%2Fsdis%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D1421%26keywords%3D

Kartina, K., Missriani, M., & Fitriani, Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Siswa Melalui Pendekatan Saintifik SMP Negeri 2 Payaraman. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 20(1), Article 1. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i1.7333

Kurniawan, W., Astalini, A., Jufrida, J., Basuki, F. R., & Kurniawan, D. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Software 3D Pageflip Professional untuk Mengatasi Masalah Keterbatasan Bahan Ajar Sekolah. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/panjar.v3i1.52951

Lestari, S. A. P. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Himpunan Kelas VII SMP. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3862

M.Ag, D. S. P. S. A., & M.Pd, D. H., Sri Nurabdiah Pratiwi. (2022). Psikologi Pendidikan Implementasi Dalam Strategi Pembelajaran. umsu press.

Marlina, M. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar (hlm. 1–175). Kencana. http://repository.unp.ac.id/22104/

M.Pd, D. H. (2020). EVALUASI PEMBELAJARAN (KONSEP DAN MANAJEMEN). UNY Press.

M.Pd, P. D. A. M. Y. (2017a). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Prenada Media.

M.Pd, P. D. A. M. Y. (2017b). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Prenada Media.

Novembli, M. S., Marlina, M., & Martias, M. (2015). LAYANAN PROSES PEMBELAJARAN PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/jupe43460.64

Poerwanti, E. (2015). KONSEP DASAR ASESMEN PEMBELAJARAN.

Putri, R. D. P., & Suyadi, S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442

Putriadi, D. N. (2020). Pengembangan Asesmen Kinerja pada Praktikum IPA Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/wms.v14i2.16120

Rizqi, M., Suwandi, M. A., Rahmadi, Adriana, N. P., Windy, Puspadewi, E., Amseke, F. V., Farisandy, E. D., Djerubu, D.,

Syahrul, M., Zahra, S. F., Ihsan, I. R., & Simanjuntak, M. J. T. (2022). Psikologi Pendidikan. Pradina Pustaka.

Saiddaeni, S. (2023). GAYA BELAJAR TIPE ANAK INTROVERT DAN EKSTROVERT. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(6), Article 6. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i6.874

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. PANDAWA, 2(2), 278–288.

SISWA, D. K. B. P. (2020). DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR PADA SISWA. CV Literasi Nusantara Abadi.

S.Pd, W. T. (2021). ASESMEN NASIONAL 2021. Guepedia.

Sudrajat, A. K. (2018). Pengembangan Asesmen Formatif pada Materi Sistem Sirkulasi untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), Article 3. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15291

Suyadi, S. (2016). Perencanaan dan Asesmen Perkembangan Pada Anak Usia Dini: Studi kasus pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD/TK/RA) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-06

Umayah, S., & Suyadi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Berbasis Nusantara dan Internasional di PAUD Fastrack Funschool Yogyakarta. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.505

Zulfa, P. I., Niâ€TMmah, M., & Amalia, N. F. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi IT dalam Mengatasi Keterbatasan Pendidikan di Era 5.0 pada Sekolah Dasar. eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3533

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Katijo, S., & Suyadi. (2024). Trampolin Asesmen Kelas Perspektif Guru. TADBIR MUWAHHID, 8(1). https://doi.org/10.30997/jtm.v8i1.12049
Abstract viewed = 2 times