Dinamika Makna Completed Staff Work Dalam Manajemen Di Madrasah Aliyah

Authors

  • Lailatul Rifqoh Izzati UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v7i1.8402

Keywords:

Kerja Staff, Manajemen, Madrasah Aliyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi  organisasi modern dan peranan staf kependidikan dalam organisasi layanan jasa di Madrasah Aliyah Zainul Hasan 04 Pakuniran, Probolinggo 2) penerapan  prinsip-prinsip completed staff work di Madrasah Aliyah Zainul Hasan 04 Pakuniran. 3) perbandingan completed staff work perspektif analisis SWOT di MA. Zainul Hasan 04 Pakuniran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penrlitian lapangan (Field Research). Lokasi penelitian ini di MA. Zainul Hasan 04 Pakuniran, Probolinggo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu analisis data menurut Miles dan Huberman. Kebsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik  adapun hasil.  Adapun hasil penelitian ini 1) MA. Zainul Hasan 04 pakuniran sudah menjalankan roda oragnisasi dengan system organisasi modern. Pentingnya peranan staf dalam organisasi di MA. Zainul Hasan 04 yakni untuk mewujudkan kegiatan-kegiatan penunjang agar terlaksananya tujuan oraganisasi dengan efisien, efektif dan ekonomis dalam melancarkan pelaksanaan tugas-tugas kelompok manajemen sebagai pengambil keputusan. 2) Dalam penerapan completed staff work  di MA. Zainul Hasan 04 Pakuniran Probolinggo sudah sesuai dengan  prinsip-prinsip completed staff work dengan tujuan setiap pekerjaan bisa dikerjakan dengan maksimal dan memberikan kepuasan pada suatu oragnisasi.  3) Completed staff work perspektif analisis SWOT yang dilakukan di MA. Zainul Hasan 04 Pakuniran Probolinggo selalu memperhatikan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman sehingga organisasi bisa menentukan strategi-strategi apa yang di perlukan madrasah dalam penjcapaian tujuannya

References

Akilah, F. (2018). Penerapan Fungsi Staffing Dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1).

Ambarwati, A. (2018). Perilaku Dan Teori Organisasi. Media Nusa Creative.

Buraey, M. A. Al. (1986). Islam Landasan Alternatif Administrasi Pembangunan. CV Rajawali.

Inne. (2013). Resume Buku Afilsafat Administrasi.

Komaruddin. (1981). Analisis Organisasi Manajemen Modern. Rajawali.

Lapian, M. T. (2013). Penerapan Prinsip Completed Staaf Work” Dalam Rangka Efektivitas Pengambilan Keputusan Pada Kantor BKKBN Kota Manado. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2).

Maisyaroh. (2014). Pengembangan Staf Di Lembaga Pendidikan. Manajemen Pendidikan, 24(4).

Miles, M. B. H. A. M. dan S. J. . (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi. UI-Press.

Riberu, J. (1987). Dasar-Dasar Manajemen. Leppenas.

Saifullah. (2014). Manajemen Pendidikan Islam, Cetakan Kedua,. Pustaka Setia.

Sari, E. (2006). Modul Organisasi (Konsep Dan Aplikasi),. Jayabaya University Press.

Sobirin, Zulkifli Lubis, R. G. (2014). Peranan Staf Dalam Mendukung Tugas Pemimpin. Jurnal Saintikom, 13(1).

Solihin, I. (2012). Manajemen Strategi. Erlangga.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Pustaka Buku Press.

Training, D. (2016). Training Completed Staff Work.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Izzati, L. R. (2023). Dinamika Makna Completed Staff Work Dalam Manajemen Di Madrasah Aliyah. TADBIR MUWAHHID, 7(1), 151–167. https://doi.org/10.30997/jtm.v7i1.8402
Abstract viewed = 19 times