MINAT BERWIRAUSAHA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Main Article Content

Silfy Salwa
Hasan Bisri
Agus Mulyana

Abstract

Minat dalam berwirausaha harus ditumbuhkan sejak dini pada pelajar atau peserta didik. Minat merupakan kecenderungan perasaan memperhatikan serta menyukai beberapa hal atau kegiatan, minat terhadap sesuatu dipelajari terlebih dahulu dan mempengaruhi belajar selanjutnya, mempengaruhi minat-minat selanjutnya. Membentuk keberanian dalam aspek lain yang didorong oleh pendidik di lembaga sekolah yang memberikan mata pelajaran yang praktis dan menarik dapat membangkitkan minat peserta didik untuk berwirausaha. Namun berdasarkan temuan yang ada belum semua peserta didik memiliki minat berwirausaha. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha peserta didik di SMKN 1 Puncak Cisarua. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan penelitian kuantitatif, jenis penelitian asosiatif berupa sebab akibat. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 peserta didik dari populasi 80 peserta didik di SMKN 1 Puncak T/A 2016/2017. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket skala bertingkat, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil akhir penelitian ini adalah signifikansi persamaan regresi dengan hasil nilai Fhitung 29.577 dan Ftabel dengan dfreg=1 dfres=54 adalah 4,02 pada taraf 5%. Dengan demikian Fhitung> Ftabel (29,577 > 4,02) sehingga H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Hasil koefisien determinasi yaitu 0,5952 = 0,354 dengan demikian minat berwirausaha peserta didik sebesar 35,4% dipengaruhi oleh hasil belajar, sedangkan 64,6% minat berwirausaha belajar dipengaruhi oleh faktor lain. 

KATA KUNCI: hasil belajar, kewirausahaan, minat berwirausaha.

 

 

ENTREPRENEURSHIP INTEREST IN TERMS OF STUDENT LEARNING OUTCOMES


ABSTRACT

Interest in entrepreneurship must be grown early to students or learners. Interest is a tendency to pay attention and like some things or activities, interest in something is learned and further can influence the next learning affects. In another aspect, the courage to form entrepreneurial driven by school teachers, schools that provide practical subjects can generate interest and attract students to entrepreneurship. However, based on the findings that there is not all the students have an interest in entrepreneurship. This study aims to determine whether there is influence learning outcomes entrepreneurship subjects to the interest in entrepreneurship students in SMK 1 Puncak Cisarua. This study uses a quantitative research approach, the type of associative research in the form of cause and effect. Samples used as many as 56 students out of a population of 80 students in SMK 1 Peak 2016/2017. Data collection techniques used is a graduated scale questionnaire, observation, interview and documentation. The final results of this study demonstrate the significance of the regression equation with the results and the value of F 29 577 Ftabel with dfreg = 1 dfres = 54 was 4,02 at the 5% level. Thus Fhitung> Ftabel (29 577> 4,02) so that H0 is rejected, meaning that a significant difference between the results of the study subjects entrepreneurial interest in entrepreneurship. The coefficient of determination is 0,5952 = 0,354 thus the interest in entrepreneurship students 35,4% influenced by the results of learning, while 64.6% interest in entrepreneurship learning is influenced by other factors.


 

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Silfy Salwa, Universitas Djuanda

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Hasan Bisri, Universitas Djuanda

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Agus Mulyana, Universitas Djuanda

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Alma B. 2011. Kewirausahaan untuk mahasiswa dan umum. Alfabeta, Bandung.

Arifin Z. 2012. Penelitian pendidikan: metode dan paradigma baru. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Darmawan H. 2016. Pengaruh praktik kerja industri dan prestasi kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif. Volume 07 Nomor 01.

Djaali. 2015. Psikologi pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Slameto. 2015. Belajar & faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta, Jakarta.

Siregar E dkk. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia, Bogor.

Sujarweni W. 2014. Metodologi penelitian. Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Sugiono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sutanto A. 2014. Teori belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenda Media Group, Jakarta.

Wahyuni NM. 2015. Hubungan prestasi belajar nata pelajaran kewirausahaan dengan minat berwirausaha siswa SMKN 3 SINGARAJA. JPTK, UNIDIKSHA, Volume 12 Nomor 2.

Yustanto I dkk. 2011. Menggagas pendidikan islami. Al Azhar Press, Bogor.