Resolusi Problematika Internal Pendidikan Islam: Pendekatan Design Thinking

Authors

  • Nurdin Rivaldy UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Ilzamudin Ma'mur UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Agus Gunawan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Ahmad Bazari Syam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v7i1.7525

Keywords:

Berpikir Desain, Pendidikan Islam, Problematika, Resolusi

Abstract

Pendidikan menjadi pilar kehidupan dengan menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai yang mampu membentuk manusia seutuhnya. Dalam kehidupan bentuk permasalahan bermuculan dalam berbagai bentuk sehingga manusia dituntut mendayagunakan potensi dirinya yaitu berpikir mencari dan mendapatkan alternatif penyelesaiannya. Penelitian ini bertujuan menganalisis resolusi atas problematika internal pendidikan Islam dengan pendekatan design thinking. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan studi pustaka sesuai dengan tema dan fokus penelitian, sedangkan analisis design thinking. Penelitian menemukan bahwa problematika internal pendidikan Islam yaitu radikalisasi pemahaman agama Islam, multikultural dan multietnis, pergeseran sentralisasi dan disentralisasi kebijakan, kurangnya sumberdaya manusia di bidang ilmu teknologi dan sains serta nilai dan literasi kritis. Menggunakan design thinking diperoleh pendekatan solutif yaitu upaya penegasan orientasi islam dalam pendidikan, pemurnian Islam dalam reformasi pendidikan, mencapai tujuan pendidikan Islam, Islamisasi ilmu pengetahuan dan upaya penguatan dalam sumber daya melalui sertifikasi guru dan dosen, reorientasi pendidikan islam berbasis dialog, bersahabat dengan sains dan teknologi, pengembangan kesadaran diri kritis yang berdaya cipta dan pengembangan pendidikan islam bidang kejuruan dan teknologi. Implikasi penelitian menunjukkan bahwa semakin berkembang kehidupan menciptakan permasalahan yang kompleks pada pendidikan Islam diperlukan pendekatan design thingking dalam tahap penyelesaiannya

References

Agustina, Y., & Neviyarni. (2021). Thinking analysis and problem-solving. Literasi Nusantara, 1(2), 21–31.

Alfurqan, A. (2020). Evolution and Modernization of Islamic Education In Minangkabau. Afkaruna, 16(1), 82–99. https://doi.org/10.18196/aiijis.2020.0114.82-98

Arifin, S., Amirullah, A., Yahman, S. A., & Saputro, A. D. (2022). Reconstruction of Islamic Religious Education Seyyed Hossein Nasr’s Perspective. Istawa : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 46–57. https://doi.org/10.24269/ijpi.v7i1.5190

Azra, H. (2018). Islamic education in Indonesia a. In Handbook of Islamic Education (7th ed., pp. 763–780). Springer International Publishing AG. https://doi.org/10.4324/9781351116862-1

Baihaqi, A. S. dan M. A. (2022). Peran Ulama Dan Ormas Islam Dalam Pertumbuhan Dan Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia. Tarbawi, 5(2), 139–150.

Daulay, H. P. (2017). ISLAMIC EDUCATION IN INDONESIA : A Historical Analysis of Development and Dynamics. In 4th International Conference the Community Development in ASEAN (pp. 291–307). Universitas Muhammadiyah Malang. http://mpsi.umm.ac.id/files/file/291_ ISLAMIC EDUCATION IN INDONESIA A Historical Analysis.pdf

Duke. (2022). DESIGN THINKING Reimagining Problems to Create Smarter, Faster Solutions. DUKE CORPORATE EDUCATION. https://www.dukece.com/design-thinking/

Haris, A. (2021). The Concept of Education Based on Exemplary To the Prophet Muhammad PBUH : Perspective Muhammad Ibn Abdul Wahab, 10(1), 37–50. https://doi.org/10.22219/progresiva.v10i1.15676

Heriyudanta, M. (2022). Model Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 189–202. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.100

Hidayat, A. W., & Fasa, M. I. (2020). Islamic Education Policy on Socio-Political System. At-Turats, 14(2), 103–121. https://doi.org/10.24260/at-turats.v14i2.1863

Hidayat, R. (2018). Pemikiran Pendidikan Islam Imam As - Syafi ’ i dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(01), 107–131.

Isomudin, M., Tamam, B., & Arbain, M. (2021). Islamic Education in National Education Policy of Indonesia. International Journal of Academic Multidisciplinary Research (IJAMR), 5(9), 64–70. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i2.551

Kemenag. (2015). Al Qur’an dan Terjemah. Darus Sunnah.

Lundeto, A., Talibo, I., & Nento, S. (2021). Challenges and Learning Strategies of Islamic Education in Islamic Boarding Schools in the Industrial Revolution Era 4.0. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2231–2240. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1153

Mansur, M., Sugianto, B., Harafah, L., & Alim, N. (2022). Problems of Islamic Education in Public Senior High Schools in Kendari City. International Conference: Transdisciplinary Paradigm on Islamic Knowledge, 445–452. https://doi.org/10.18502/kss.v7i8.10763

Melles, G., Anderson, N., Barrett, T., Melles, G., Anderson, N., & Barrett, T. (2015). Inquiry-Based Learning for Multidisciplinary Programs: A Conceptual and Practical Resource for Educators. Innovations in Higher Education Teaching and Learning, 3, 191–209. https://doi.org/10.1108/s2055-364120150000003014

Mestika, Z. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan (1st ed.). Yayasan Obor Indonesia.

Napitupulu, D. S., Lubis, S. A., & Siregar, Y. (2022). Berpikir dan Problem Solving dalam Pendidikan Islam. At-Turāṡ: Jurnal Studi Keislaman, 9(2), 296–313. https://doi.org/10.33650/at-turas.v9i2.4330

Nurdin, H. (2020). Problems and Crisis of Islamic Education Today and in The Future. International Journal of Asian Education, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i1.17

Nurhasanah, S. (2018). Tantangan dan Problematika Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 1–10.

Nuryakhman. (2021). Analysis Of Internal And External Islamic Education Towards Education Globalization. English Language, Linguistics, Literature, And Education Journal (ELLTURE JOURNAL), 3(1), 78–93. http://ellture.fah.uinjambi.ac.id

Panke, S. (2019). Design Thinking in Education: Perspectives, Opportunities, and Challenges. Open Education Studies, 1(1), 281–306. https://doi.org/10.1515/edu-2019-0022

Razaq, A. R., & Umiarso, U. (2019). Islamic Education Construction in the Perspective of Falsification of Karl R. Popper. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 117–132. https://doi.org/10.15575/jpi.v5i2.5846

Retnanto, A. (2017). Integrasi Keilmuan dalam Pendidikan Islam. Elementary, 5(2), 233–248.

Rinawati, R. (2009). Komunikasi dan Pemberdayaan Masyarakat. Universitas Padjadjaran.

Rohman, M. Q. (2018). Modernization of Islamic Education, according to Abdullah Nashih Ulwan. 1st International Conference on Intellectuals’ Global Responsibility, 125, 163–167. https://doi.org/10.2991/icigr-17.2018.40

Rosyadi, H. (2020). Problema Pendidikan Agama di Madrasah. Prosiding Pascasarjana IAIN Kediri, 3(51), 65–72.

Rusli, R. K., & Indra, H. (2020). Konsep Manusia Dalam Epistemologi Kepemimpinan. Tadbir Muwahhid, 4(2), 203. https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.3084

Saada, N. (2018). The Theology of Islamic Education from Salafi and Liberal Perspectives. Religious Education, 113(4), 406–418. https://doi.org/10.1080/00344087.2018.1450607

Sugiana. (2018). Standar Pendidikan Islam Dan Standar Proses Pada Anak Dalam QS Luqman dan QS Al Kahfi. Tadbir Muwahhid, 2(2), 156–166.

Suwahyu, I., & Nurhilaliyah, N. (2020). Policy Review on Islamic Education in the Old Order Era in Indonesia. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(1), 86. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n1i8

Ulum, M. (2020). Modernisasi Pendidikan Islam (Tinjauan Filosofis tentang Modernisasi Pendidikan Pesantren).

Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 98–109. http://tdjpai.iaiq.ac.id/index.php/pai/article/view/8

Zahidah, F., & Kholifah, R. (2022). The Philosophy of Islamic Education Purpose Throughout Human Nature Concepts. 3rd International Conference on Islamic Studies (ICIS), 3, 24–33.

Downloads

Published

2023-04-29

How to Cite

Rivaldy, N., Ma’mur, I., Gunawan, A., & Syam, A. B. . (2023). Resolusi Problematika Internal Pendidikan Islam: Pendekatan Design Thinking. TADBIR MUWAHHID, 7(1), 61–83. https://doi.org/10.30997/jtm.v7i1.7525
Abstract viewed = 21 times