Perkembangan Pendidikan di Indonesia

Systematic Literature Review

Authors

  • Syamsul Hidayat Universitas Negeri Jakarta
  • Siti Nurjanah Universitas Negeri Jakarta
  • Erry Utomo Universitas Negeri Jakarta
  • Agung Purwanto Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v7i1.7167

Keywords:

Kurikulum, Pendidikan, SLR

Abstract

Pendidikan telah ada di Indonesia sejak tahun 1901 ketika terjadi penjajahan yang dilakukan oleh Belanda dan Jepang. Pada masa itu Belanda dan Jepang membangun berbagai sekolah untuk masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perkembangan pendidikan di Indonesia. Metode penelitian ini adalah systematic literature review. Hasil menunjukkan bahwa jenjang pendidikan pada sistem pendidikan di Indonesia yaitu pendidikan rendah, pendidikan menengah pertama, pendidikan menengah atas, dan pendidikan tinggi. Sejak 1947-2022 sudah ada beberapa kali perubahan kurikulum. Pada masa orde lama ditetapkan perubahan kurikulum sebanyak 3 kali. Pada masa orde baru ditetapkan perubahan kurikulum sebanyak 4 kali. Pada masa reformasi ditetapkan perubahan kurikulum sebanyak 4 kali. Pendidikan Islam di Indonesia dilakukan secara non formal dan formal saat Islam masuk ke Indonesia. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah sejak tahun 1947-2022 sudah dilakukan 11 kali perubahan kurikulum dan pendidikan Islam terus berkembang sampai saat ini karena banyak masyarakat memeluk agama Islam.

References

Daulay, H. H. P. (2018). Sejarah Pertumbuhan & Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Kencana.

Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal Dan Non Formal. Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal Dan Non Formal, 1(1), 190–207.

Nurwahyuni, K., & Hudaidah, H. (2021). Sejarah Sistem Pendidikan di Indonesia dari Masa ke Masa: Sebuah Studi Literatur. Berkala: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 53–39.

Raharjo, R. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44901

Rahman, K. (2018). Perkembangan Lembaga Pendidikan di Indonesia. Jurnal Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 2(1).

Ramadhani, S. (2021). Sejarah Perkembangan Pendidikan Indonesia Pada Masa Penjajahan Jepang. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 8(1), 10–23. https://doi.org/10.29408/jhm.v8i1.3410

Ritonga, M. (2018). Politics and Policy Dynamics of Changing the Education Curriculum in Indonesia until the Reformation Period. Bina Gogik, 5(2), 1–15.

Sahay, U., & Kaur, G. (2021). A Systematic Review Of The Impact Of Performance Appraisal Systems And Competency Management Framework On The Performance of Employees In The Telecom …. Psychology and Education Journal. http://www.psychologyandeducation.net/pae/index.php/pae/article/view/1127

Saptohutomo, A. (2022). Sejarah Pergantian Kurikulum di Indonesia. Kompas.

Susanto, H. (2019). Sejarah Pendidikan Indonesia. Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Downloads

Published

2023-04-29

How to Cite

Hidayat, S., Nurjanah, S., Utomo, E., & Purwanto, A. (2023). Perkembangan Pendidikan di Indonesia : Systematic Literature Review. TADBIR MUWAHHID, 7(1), 31–46. https://doi.org/10.30997/jtm.v7i1.7167
Abstract viewed = 763 times