Kualitas Pelayanan Pengguna Laboratorium Komputer Di Universitas Banten Jaya

Authors

  • Anis Fauzi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Rosidah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Dinda Febri Nurfitriyana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v6i2.6900

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa, Laboratorium Komputer

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas pelayanan dan penggunaan laboratorium komputer di kampus Universitas Banten Jaya Kota Serang serta seberapa besar pengaruh pelayan laboratorim computer terhadap kepuasan mahasiswa pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan penggunaan laboratorium komputer serta pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna laboratorium komputer Universitas Banten Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi dan korelasi Instrumen penelitian menggunakan angket. Sampel berjumlah 45 responden diambil dari populasi dengan teknik Non Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif inferensial, analisis deskriptif meliputi menghitung tabel frekuensi, mean, modus, median, varians, simpangan baku, histogram, dan poligon. Sedangkan analisis inferensial menggunakan analisis regresi dan korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Banten Jaya berjumlah 45 orang. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, kualitas pelayanan secara rata-rata pada taraf baik mencapai 75%, kedua, kepuasan mahasiswa berada pada taraf baik mencapai 75%, ketiga, hasil analisis dari korelasi antara variabel X dengan variabel Y bertanda positif yaitu dinyatakan r hitung (0,80) lebih besar dari r tabel (0,301). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa pengguna laboratorium komputer sebesar 64%. Sisanya 36% dipengaruhi oleh faktor lain yang perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

References

Agung Widhi K , Zarah P. Metode Penelitian Kuantitatif. (Yogyakarta: Pandiva Buku, 2016)

Amelia Tri Utami, Hadi Ismanto, and Yuni Lestari, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien, JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 1.1 (2013)

Arikunto, S. Prosedur Penelitian. (Jakarta: Rineka Cipta, 2019).

Armia, Saed. Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan Dan Persepsi Nilai Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pengguna Black Berry Messenger di Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh). Jurnal Ekombis 2.1 (2018).

Citrawan, Marga. Analisis Faktor-Faktor Yang Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Terang Motor Semarang. Skripsi Universitas Negeri Semarang (2013).

Endri Darlius, Novianti, Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Manajemen, VIII.1 (2018)

Fatihudin, Didin dan Anang Firmansyah. Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). (Yogyakarta : deepublish CV Budi Utama, 2019)

Fauzi, Anis. Ilmu Dan Manajemen Dalam Persepektif Fenomena. (Tangerang : Media Edukasi Indonesia, 2020).

Fauzi, Anis. Manajemen Peningkatan Profesionalisme Dosen. (Serang : FTK Banten Press, 2013).

Hidayat, Lukman, Mumuh Mulyana, and Marwan Effendy. Membangun Kepuasan Mahasiswa Pengguna Laboratorium Komputer. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) 1.2 (2018)

Meiriana, Yuyun. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan PT Perintis Perlindungan Instalasi Listrik Nasional (PPILN) Area Berau. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia no 19. Vol 2 (2019).

Muhammad Rheza Alfin and Sahidillah Nurdin. Pengaruh Store Atmosphere Pada Kepuasan Pelangan Yang Berimplikasi Pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 1.2 (2017)

Nani Pratika and Harapan Tua, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan, Jurnal Administrasi Pembangunan, 2.1 (2018)

Rosa Lesmana, Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, No 2. Vol 2 (2019)

Sauri, Supian. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Anggota Di Pusat Koperasi Syariah Alkamil Jawa Timur. Tesis Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. 2017

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), (Bandung : Alfabeta, 2015).

Sugiyono. Metode Penenlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung : Alfabeta, 2018).

Sunardi, Sunardi, and Sri Handayani. Kualitas Pelayanan dalam Islam dan Kepercayaan terhadap Lembaga amil zakat infaq sedekah rumah yatim arrohman Indonesia. Islaminomics: Journal of Islamic Economics, Business and Finance 4.3 (2013).

Supardi, Statistik Penilaian Pendidikan (Perhitungan, Penyajian, Penjelasan, Penafsiran, dan Penarikan kesimpulan. (Depok : Rajagrafindo Persada, 2017).

Tjiptono, Fandy & Chandra Gregorius, Service Quality dan Satisfaction (Yogyakarta : Andi, 2005)

Tone, Kamaruddin. Sistem Pengelolaan Manajemen Laboratorium Komputer Jurusan Sistem Informasi UIN Alauddin Makassar. Jurnal Instek (Informatika Sains dan Teknologi) 2.1 (2017)

Tukiran T, Hidyati Mustafidah. Penelitian Kuantitatif (sebuah Pengantar). (Bandung : Alfabeta, 2011)

Ulum, Mochamad Chazienul. Public Service: Tinjauan Teoretis dan Isu-Isu Strategis Pelayanan Publik. Universitas Brawijaya Press, 2018

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Winoto, suhadi. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. (Yogyakarta : CV. Bildung Nusantara, 2020).

Yanuarti, Elly. Desain Aplikasi Pengelolaan Laboratorium Komputer. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer) 6.1 (2017)

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Fauzi, A., Rosidah, & Nurfitriyana, D. F. . (2022). Kualitas Pelayanan Pengguna Laboratorium Komputer Di Universitas Banten Jaya. TADBIR MUWAHHID, 6(2), 223–242. https://doi.org/10.30997/jtm.v6i2.6900
Abstract viewed = 50 times