Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Mredeka (MBKM)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa program studi ekonomi syariah terhadap implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah analisis desktiptif dengan metode survey. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perspektif mahasiswa terhadap delapan program MBKM yang mencankup program pertukaran pelajar, magang, projek independen, kewirausahaan, membangun desa, riset, proyek kemanusiaan dan asistensi mengajar. Penelitian ini akan mencari tahu program apa yang menurut mahasiswa paling dibutuhkan dan bermanfaat baik saat masih menjadi mahasiswa maupun setelah kelulusan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa program studi ekonomi syariah Universitas Terbuka dari berbagai UPBJJ diseluruh Indonesia memiliki paradigma yang positif terhadap implementasi kurikulum MBKM dan minat yang tinggi dalam mengikuti program MBKM yang telah tersedia pada program studi ekonomi syariah Universitas Terbuka, akan tetapi penyebarluasan infomasi bagi mahasiswa belum cukup merata sehingga hal ini menjadi kendala umum yang harus dihadapi untuk meningkatkan jumlah peserta kegiatan MBKM di prodi. Adapun program MBKM yang paling diminati adalah magang/ praktik kerja, keiatan berwirausaha dan pertukaran pelajar.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Agustin, N., Aziz, I. A., & Dewi, A. (2022). Strategi Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Bandung Conference Series: Syariah Banking Vol. 1 (1).
Ahmad, I. (2018). Proses pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4.0. Lokakarya (p. 8). Medan: Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.
Aldo, Livear Olivia, dkk (2021), Persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik bangunan tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Applied Science in Civil Enginering, Vol. 2, No 1.
Chandrawaty dan Khusniati Masykuroh (2020), Persepsi Mahasiswa terhadap Model Project Based Learning dalam Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, vol 4 no 1
Hidayatullah, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 4 (1), h.79-87
Meilani, Any (2017), Persepsi Santri terhadap Bank Syariah, JEBI Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, vol 2 no 2
Muzid, S., & Munir, M. (2005), Persepsi Mahasiswa dalam Penerapan E-Learning Sebagai Aplikasi Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus pada Universitras Islam Indonesia), Seminar Nasional Aplikasi Teknologi informasi 2005
Siregar, Nurhayani, dkk (2020), Konsep kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0, Fitrah: Journal of Islamic Education, Vol 1, No 1
Agustin, N., Aziz, I. A., & Dewi, A. (2022). Strategi Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Bandung Conference Series: Syariah Banking Vol. 1 (1).
Ahmad, I. (2018). Proses pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4.0. Lokakarya (p. 8). Medan: Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.
Aldo, Livear Olivia, dkk (2021), Persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik bangunan tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Applied Science in Civil Enginering, Vol. 2, No 1.
Chandrawaty dan Khusniati Masykuroh (2020), Persepsi Mahasiswa terhadap Model Project Based Learning dalam Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, vol 4 no 1
Hidayatullah, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 4 (1), h.79-87
Meilani, Any (2017), Persepsi Santri terhadap Bank Syariah, JEBI Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, vol 2 no 2
Muzid, S., & Munir, M. (2005), Persepsi Mahasiswa dalam Penerapan E-Learning Sebagai Aplikasi Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus pada Universitras Islam Indonesia), Seminar Nasional Aplikasi Teknologi informasi 2005
Siregar, Nurhayani, dkk (2020), Konsep kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0, Fitrah: Journal of Islamic Education, Vol 1, No 1