Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Mredeka (MBKM)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v6i2.6556

Keywords:

Ekonomi Syariah, MBKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa program studi ekonomi syariah terhadap implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah analisis desktiptif dengan metode survey. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perspektif mahasiswa terhadap delapan program MBKM yang mencankup program pertukaran pelajar, magang, projek independen, kewirausahaan, membangun desa, riset, proyek kemanusiaan dan asistensi mengajar. Penelitian ini akan mencari tahu program apa yang menurut mahasiswa paling dibutuhkan dan bermanfaat baik saat masih menjadi mahasiswa maupun setelah kelulusan. Hasil penelitian ini  menunjukan bahwa mahasiswa program studi ekonomi syariah Universitas Terbuka dari berbagai UPBJJ diseluruh Indonesia memiliki paradigma yang positif terhadap implementasi kurikulum MBKM dan minat yang tinggi dalam mengikuti program MBKM yang telah tersedia pada program studi ekonomi syariah Universitas Terbuka, akan tetapi penyebarluasan infomasi bagi mahasiswa belum cukup merata sehingga hal ini menjadi kendala umum yang harus dihadapi untuk meningkatkan jumlah peserta kegiatan MBKM di prodi.  Adapun program MBKM yang paling diminati adalah magang/ praktik kerja, keiatan berwirausaha dan pertukaran pelajar.

References

Agustin, N., Aziz, I. A., & Dewi, A. (2022). Strategi Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Bandung Conference Series: Syariah Banking Vol. 1 (1).

Ahmad, I. (2018). Proses pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4.0. Lokakarya (p. 8). Medan: Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.

Aldo, Livear Olivia, dkk (2021), Persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik bangunan tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Applied Science in Civil Enginering, Vol. 2, No 1.

Chandrawaty dan Khusniati Masykuroh (2020), Persepsi Mahasiswa terhadap Model Project Based Learning dalam Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, vol 4 no 1

Hidayatullah, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 4 (1), h.79-87

Meilani, Any (2017), Persepsi Santri terhadap Bank Syariah, JEBI Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, vol 2 no 2

Muzid, S., & Munir, M. (2005), Persepsi Mahasiswa dalam Penerapan E-Learning Sebagai Aplikasi Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus pada Universitras Islam Indonesia), Seminar Nasional Aplikasi Teknologi informasi 2005

Siregar, Nurhayani, dkk (2020), Konsep kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0, Fitrah: Journal of Islamic Education, Vol 1, No 1

Agustin, N., Aziz, I. A., & Dewi, A. (2022). Strategi Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Bandung Conference Series: Syariah Banking Vol. 1 (1).

Ahmad, I. (2018). Proses pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4.0. Lokakarya (p. 8). Medan: Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.

Aldo, Livear Olivia, dkk (2021), Persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik bangunan tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Applied Science in Civil Enginering, Vol. 2, No 1.

Chandrawaty dan Khusniati Masykuroh (2020), Persepsi Mahasiswa terhadap Model Project Based Learning dalam Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, vol 4 no 1

Hidayatullah, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 4 (1), h.79-87

Meilani, Any (2017), Persepsi Santri terhadap Bank Syariah, JEBI Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, vol 2 no 2

Muzid, S., & Munir, M. (2005), Persepsi Mahasiswa dalam Penerapan E-Learning Sebagai Aplikasi Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus pada Universitras Islam Indonesia), Seminar Nasional Aplikasi Teknologi informasi 2005

Siregar, Nurhayani, dkk (2020), Konsep kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0, Fitrah: Journal of Islamic Education, Vol 1, No 1

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Komarudin, M., & Aziz, I. A. (2022). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Mredeka (MBKM). TADBIR MUWAHHID, 6(2), 207–222. https://doi.org/10.30997/jtm.v6i2.6556
Abstract viewed = 268 times