Upaya Meningkatkan Mutu Layanan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Melalui Supervisi Akademik Di SMAN 32 Jakarta

Main Article Content

Hasan Bisri
Sugiyanti

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kebutuhan peningkatan dan pengembangan pelayanan akademik, terutama pelayanan pembelajaran virtual yang diberikan guru secara berkelanjutan di lingkungan SMAN 32 Jakarta. Penelitian tindakan (action research) dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Penelitian bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan mutu layanan guru dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dan 2) meningkatkan mutu layanan guru dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran melalui supervisi akademik pada masa pandemi di SMAN 32 Jakarta. Desain penelitian menggunakan penelitian Tindakan dengan model Lewin. Tahapan penelitian mencakup tiga fase, yaitu perencanaan, pelaksanaan, serta analisis data dan laporan. Teknik pengumpulan data mengunakan multimetode, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitif. Model analisis data kualitatif dengan model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Skor rata-rata yang dicapai pada siklus kedua di atas skor rata-rata kriteria standar yaitu 91; 2) Hasil supervisi pada siklus kedua telah memenuhi dua kriteria standar baik berdasarkan skor rata-rata yang dicapai maupun persentase mutu layanan pembelajaran dengan kategori A (sangat baik) yaitu sebesar 96% di atas kriteria yang ditetapkan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa supervisi akademik yang dilakukan telah dapat meningkatkan mutu layanan guru dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di SMAN 32 Jakarta

Article Details

Section
Articles

References

Dwikurnaningsih, Y., & Hartana, N. (2018). Supervisi Akademik Melalui Pendekatan Kolaboratif Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SD. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 34(2), 101–111.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Ernawati, S. (2020). Pengembangan Mutu Layanan Proses Belajar Mengajar Melalui Efektivitas Kepemimpinan Pembelajaran. Didaktikum, 20(3), 1–8.

Retrieved from http://www.i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/view/1161%0Ahttp://www.i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/download/1161/371371652

Kemendikbud. (2020). No. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

Maneh, N., Harun, C. Z., & Bahrun. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Negeri 52 Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 6(4), 205–209.

Mediaindonesia.com. (2020). Editorial. Retrieved from https://mediaindonesia.com/editorials/detail_editorials/1998-mutu-pendidikan-di-tengah-pandemi

Mertler, C. A. (2011). Action Research: Mengembangkan Sekolah dan Memberdayakan Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmi, A. (2019). Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di SMAN 15 Padang. Jurnal Menara Ilmu, 13(9), 9–12.

Saidah, Yuniarsih, T., & Prihatin, E. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Komitmen Kerja Guru Terkait Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXV(2), 373–382. https://doi.org/10.17509/jap.v27i1.24407

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582

Susanto, H. (2014). Pengaruh Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Terbuka Pada Unit Program Belajar Jarak Jauh (Upbjj) Mataram. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 15(2), 88–98. https://doi.org/10.33830/ptjj.v15i2.592.2014

Susilawati, & Komariah, A. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Guru Dan Kepemimpinan. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXII(1), 181–189.

Suwartini, E. A. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 62–70.

Ubabuddin. (2019). Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Pembelajaran. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i1.366

Yasir, M., Suarman, S., & Gusnardi, G. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Siswa dan Motivasi Dalam Pembelajaran Kelompok (Cooperative Learning) dan Kaitannya Dengan Hasil Belajar Akuntansi di SMK Labor Binaan FKIP UNRI Pekanbaru. Jurnal Pekbis, Volume 9(2), 77–90.

Zubaidah, S. (2015). Pengaruh budaya sekolah dan motivasi kerja guru terhadap mutu pendidikan di SMK N 1 Pabelan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” (November), 177–184. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7688