Upaya Meningkatkan Mutu Layanan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Melalui Supervisi Akademik Di SMAN 32 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v6i2.6391Keywords:
Layanan pembelajaran, masa panedemi, mutu, supervisi akademikAbstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh kebutuhan peningkatan dan pengembangan pelayanan akademik, terutama pelayanan pembelajaran virtual yang diberikan guru secara berkelanjutan di lingkungan SMAN 32 Jakarta. Penelitian tindakan (action research) dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Penelitian bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan mutu layanan guru dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dan 2) meningkatkan mutu layanan guru dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran melalui supervisi akademik pada masa pandemi di SMAN 32 Jakarta. Desain penelitian menggunakan penelitian Tindakan dengan model Lewin. Tahapan penelitian mencakup tiga fase, yaitu perencanaan, pelaksanaan, serta analisis data dan laporan. Teknik pengumpulan data mengunakan multimetode, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitif. Model analisis data kualitatif dengan model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Skor rata-rata yang dicapai pada siklus kedua di atas skor rata-rata kriteria standar yaitu 91; 2) Hasil supervisi pada siklus kedua telah memenuhi dua kriteria standar baik berdasarkan skor rata-rata yang dicapai maupun persentase mutu layanan pembelajaran dengan kategori A (sangat baik) yaitu sebesar 96% di atas kriteria yang ditetapkan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa supervisi akademik yang dilakukan telah dapat meningkatkan mutu layanan guru dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di SMAN 32 Jakarta
References
Dwikurnaningsih, Y., & Hartana, N. (2018). Supervisi Akademik Melalui Pendekatan Kolaboratif Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SD. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 34(2), 101–111.
Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.
Ernawati, S. (2020). Pengembangan Mutu Layanan Proses Belajar Mengajar Melalui Efektivitas Kepemimpinan Pembelajaran. Didaktikum, 20(3), 1–8.
Retrieved from http://www.i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/view/1161%0Ahttp://www.i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/download/1161/371371652
Kemendikbud. (2020). No. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah
Maneh, N., Harun, C. Z., & Bahrun. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Negeri 52 Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 6(4), 205–209.
Mediaindonesia.com. (2020). Editorial. Retrieved from https://mediaindonesia.com/editorials/detail_editorials/1998-mutu-pendidikan-di-tengah-pandemi
Mertler, C. A. (2011). Action Research: Mengembangkan Sekolah dan Memberdayakan Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmi, A. (2019). Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di SMAN 15 Padang. Jurnal Menara Ilmu, 13(9), 9–12.
Saidah, Yuniarsih, T., & Prihatin, E. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Komitmen Kerja Guru Terkait Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXV(2), 373–382. https://doi.org/10.17509/jap.v27i1.24407
Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582
Susanto, H. (2014). Pengaruh Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Terbuka Pada Unit Program Belajar Jarak Jauh (Upbjj) Mataram. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 15(2), 88–98. https://doi.org/10.33830/ptjj.v15i2.592.2014
Susilawati, & Komariah, A. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Guru Dan Kepemimpinan. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXII(1), 181–189.
Suwartini, E. A. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 62–70.
Ubabuddin. (2019). Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Pembelajaran. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i1.366
Yasir, M., Suarman, S., & Gusnardi, G. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Siswa dan Motivasi Dalam Pembelajaran Kelompok (Cooperative Learning) dan Kaitannya Dengan Hasil Belajar Akuntansi di SMK Labor Binaan FKIP UNRI Pekanbaru. Jurnal Pekbis, Volume 9(2), 77–90.
Zubaidah, S. (2015). Pengaruh budaya sekolah dan motivasi kerja guru terhadap mutu pendidikan di SMK N 1 Pabelan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” (November), 177–184. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7688
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work