Pemanfaatan Google Form sebagai alternatif efisiensi Pembiayaan Penilaian Sumatif Akhir Semester di SMP IT Nurul Wasilah
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v7i1.6240Keywords:
Googel Form, Efisiensi Pembiayaan, Penilaian SumatifAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efisiensi pembiayaan pada Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) berbasis sistem daring dengan pendayagunaan Google Form. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dalam praktiknya pengelolaan manajemen pembiayaan dari pelaksanaan PSAS berbasis sistem daring jika dikomparasikan dengan sistem ujian Paper Based Test dapat memangkas anggaran hingga 71%. Implementasi pendayagunaan google form dalam proses manajemen pembiayaan pelaksanaan PSAS memberikan gambaran positif, pernyataan tersebut diperkuat dengan adanya respon yang baik dari responden. Berdasarkan sebaran angket yang telah diberikan terhadap responden yakni sejumlah 42 siswa dan 20 guru didapatkan persentase kelayakan pelaksanaan PSAS dengan sistem daring sebesar 84%. Persentase kelayakan yang didapatkan menunjukan bahwa pelaksanaan ujian berbasis sistem daring dengan pendayagunaan Google Form layak digunakan sebagai opsi untuk mengefisiensikan pembiayaan penyelengaraan PSAS
References
Adinda, A. H., Siahaan, H. E., Raihani, I. F., Aprida, N., Salwiah, N. F., & Suryanda, A. (2021). Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Daring. 2, 10.
Anjani, A., & Desi Fitriani. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Form sebagai Media Evaluasi saat Penilaian Tengah Semester (PTS). Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah Ftik Iain Palangka Raya, 1.
Bukhori, I. (2021). Manajemen Program Asesmen Nasional di Madrasah: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Bandung.http://digilib.uinsgd.ac.id/48756
Dewi, I., Bukhori, I., Sopwandin, I., & Hidayat, A. (2020). Implementasi Dana Ziswaf Dalam Pendidikan Islam. 04(01), 13.
Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Listyangsih. (2014). Perencanaan Pembangunan. Liberty.
Magdalena, I., Rachmadani, A., & Aulia, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Dan Penilaian Secara Daring Di Masa Pandemi Sdn Karang Tengah 06 Tangerang. 2, 17.
Mardiana, T., & Wiyat, A. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. Proceeding 6th University Research Colloquium. Pengabdian Kepada Masyarakat, Magelang.
Mubarok, A. H., Sopwandin, I., & Hidayat, A. (2021). Manajemen Pembiayaan Operasional Boarding School Putra Darul Hikam Dago Giri Bandung. Journal Evaluasi, 5(2), 204. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.713
Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Pustaka Setia.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sopwandin, I. (2019). PARADIGMA BARU KEPEMIMPINAN MADRASAH. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 10.
Sopwandin, I., Hinayatulohi, A., & Syaripudin, D. (2022). Pola Pendidikan Pesantren Pondok It Yogyakarta. 10(01), 10.
Utami, L. W. S. (2021). Penggunaan Google Form Dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19. Teaching : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150–156. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.453
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work