Pemanfaatan Google Form sebagai alternatif efisiensi Pembiayaan Penilaian Sumatif Akhir Semester di SMP IT Nurul Wasilah

Authors

  • Izaz Epriatna UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Redha Wiguna Permana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Iqbal Bukhori UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ara Hidayat UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v7i1.6240

Keywords:

Googel Form, Efisiensi Pembiayaan, Penilaian Sumatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efisiensi pembiayaan pada Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) berbasis sistem daring dengan pendayagunaan Google Form. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dalam praktiknya pengelolaan manajemen pembiayaan dari pelaksanaan PSAS berbasis sistem daring jika dikomparasikan dengan sistem ujian Paper Based Test dapat memangkas anggaran hingga 71%. Implementasi pendayagunaan google form dalam proses manajemen pembiayaan pelaksanaan PSAS memberikan gambaran positif, pernyataan tersebut diperkuat dengan adanya respon yang baik dari responden. Berdasarkan sebaran angket yang telah diberikan terhadap responden yakni sejumlah 42 siswa dan 20 guru didapatkan persentase kelayakan pelaksanaan PSAS dengan sistem daring sebesar 84%. Persentase kelayakan yang didapatkan menunjukan bahwa pelaksanaan ujian berbasis sistem daring dengan pendayagunaan Google Form layak digunakan sebagai opsi untuk mengefisiensikan pembiayaan penyelengaraan PSAS

References

Adinda, A. H., Siahaan, H. E., Raihani, I. F., Aprida, N., Salwiah, N. F., & Suryanda, A. (2021). Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Daring. 2, 10.

Anjani, A., & Desi Fitriani. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Form sebagai Media Evaluasi saat Penilaian Tengah Semester (PTS). Seminar Nasional Pendidikan Jurusan Tarbiyah Ftik Iain Palangka Raya, 1.

Bukhori, I. (2021). Manajemen Program Asesmen Nasional di Madrasah: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Bandung.http://digilib.uinsgd.ac.id/48756

Dewi, I., Bukhori, I., Sopwandin, I., & Hidayat, A. (2020). Implementasi Dana Ziswaf Dalam Pendidikan Islam. 04(01), 13.

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Listyangsih. (2014). Perencanaan Pembangunan. Liberty.

Magdalena, I., Rachmadani, A., & Aulia, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Dan Penilaian Secara Daring Di Masa Pandemi Sdn Karang Tengah 06 Tangerang. 2, 17.

Mardiana, T., & Wiyat, A. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. Proceeding 6th University Research Colloquium. Pengabdian Kepada Masyarakat, Magelang.

Mubarok, A. H., Sopwandin, I., & Hidayat, A. (2021). Manajemen Pembiayaan Operasional Boarding School Putra Darul Hikam Dago Giri Bandung. Journal Evaluasi, 5(2), 204. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.713

Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Pustaka Setia.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sopwandin, I. (2019). PARADIGMA BARU KEPEMIMPINAN MADRASAH. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 10.

Sopwandin, I., Hinayatulohi, A., & Syaripudin, D. (2022). Pola Pendidikan Pesantren Pondok It Yogyakarta. 10(01), 10.

Utami, L. W. S. (2021). Penggunaan Google Form Dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19. Teaching : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150–156. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.453

Downloads

Published

2023-04-29

How to Cite

Epriatna, I., Wiguna Permana, R. ., Bukhori, I., & Hidayat, A. (2023). Pemanfaatan Google Form sebagai alternatif efisiensi Pembiayaan Penilaian Sumatif Akhir Semester di SMP IT Nurul Wasilah. TADBIR MUWAHHID, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.30997/jtm.v7i1.6240