Manajemen Pendidikan Karakter Pondok Pesantren Baitul Hikmah Haurkuning Tasikmalaya
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pendidikan karakter di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Haurkuning Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipatif, wawancara, dan studi dokumentasi. Terdapat tiga sumber data dalam penelitian ini, yaitu: Person yakni Pimpinan Pondok Pesantren, dewan kiai, dewan pengurus dan santri; Place; dan Paper. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga cara, yaitu unisitasi data, kategorisasi data, dan penafsiran data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Tujuan Pendidikan karakter di Pondok Pesantren Haurkuning adalah untuk membentuk siswa berfikir rasional, dewasa, dan bertanggung jawab; mengembangkan sikap mental yang terpuji; membina kepekaan sosial anak didik; membangun mental optimis dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan tantangan; membentuk kecerdasan emosional; membentuk anak didik yang berwatak pengasih, penyayang, sabar, beriman, takwa, bertanggungjawab, amanah, jujur, adil, dan mandiri; 2) Program Pendidikan karakter di Pondok Pesantren Haurkuning melalui pembiasaan dan program yang ditempuh oleh santri yaitu a) Program pesantren, b) Program Sekolah, c) Program penyetaraan, dan d) Program santri siap guna; 3) Proses Pendidikan karakter di Pondok Pesantren Haurkuning berlandaskan pada nilai-nilai sebagai berikut, yaitu: a) Nilai Ibadah, b) Nilai Ikhlas, c) Nilai Dakwah, d) Nilai Kerendahan Hati, e) Nilai Motivasi, f) Nilai Pengetahuan, g) Nilai Ketekunan, h) Nilai Akhlak dan Kedisiplinan, dan Nilai Toleransi; 4) Evaluasi pendidikan karakter santri yaitu dengan mengikuti konsep evaluasi pendidikan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Ahmad, m. J., adrian, h., & arif, m. (2021). Pentingnya menciptakan pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga. 3(1), 24.
Ambarita, a. (n.d.). Manajemen pendidikan karakter santri. 19.
Arifin, b. S., & rusdiana, a. (2019). Manajemen pendidkan karakter. Pustaka setia.
Atqia, m. R. (2020). Pondok pesantren baitul hikmah haurkuning.
Creswell, j. W. (2014). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications,.
Dirjen pendis. (n.d.). Undang-undang dan peraturan pemerintah ri tentang pendidikan (jakarta: direktorat jendral pendidikan islam, 2006.
Gunawan, h. (2012). Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Alfabeta.
Hujair, s. (2003). Paradigma pendidikan islam membangun masyarakat madani indonesia. Safiria insani press.
Jalaluddin. (1990). Kapita selekta pendidikan. Kalam mulia.
Jalil, a. (2016). Karakter pendidikan untuk membentuk pendidikan karakter. Nadwa: jurnal pendidikan islam, 6(2), 175–194. Https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.2.586
Karim, b. (2020). Program pendidikan karakter [personal communication].
Kesuma, d. (2012). Pendidikan karakter kajian teori dan praktik di sekolah. Rosdakarya.
Mubarokiyah, i. L. (n.d.). Implementasi manajemen pendidikan pesantren dalam meningkatkan karakter santri. 9.
Mulyasa, e. (2014). Manajemen pendidikan karakter. Bumi aksara.
Nurmala, a. (2020). Proses pendidikan karakter di pondok pesantren [personal communication].
Sopwandin, i. (2019). Manajemen pemasaran pondok pesantren berbasis program pengabdian masyarakat. J-mpi (jurnal manajemen pendidikan islam), 4(2), 78. Https://doi.org/10.18860/jmpi.v4i2.8020
Sopwandin, i., hinayatulohi, a., & syaripudin, d. (2022). Pola pendidikan pesantren pondok it yogyakarta. 10(01), 10.
Sugiyono. (2014). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif kualitatif dan r&d. Alfabeta.
Tilaar, h. A. R. (2009). Membenahi pendidikan nasional. Rineka cipta.
Umiarso, & nur zazin. (2011). Pesantren di tengah arus mutu pendidikan. Rasail media group.
Zahri harun, c. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jurnal pendidikan karakter, 3(3), 302–308.