Implementasi Prinsip-Prinsip Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MA Terpadu Madinatul Munawwarah Pelalawan

Main Article Content

Hendri Adam
Arif Bahtera Sukma
Fadzli Makmur
Nurhasanah
Salfen Hasri
Sohiron

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Prinsip-Prinsip Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Terpadu Madinatul Munawwarah Pelalawan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu melakukan observasi dan wawancara kepada informan, Kepala Madrasah (Kamad), Wakil Kurikulum (Wakakur), guru dan siswa MA Terpadu Madinatul Munawwarah Pelalawan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi prinsip-prinsip Total Quality Management (TQM) di MA Terpadu Madinatul munawwarah berjalan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Implementasi prinsip-prinsip Total Quality Management (TQM) di MA Terpadu Madinatul Munawwarah tercermin setidaknya pada dua aspek unggulan, diantaranya adalah aspek pendidikan formal dan aspek pendidikan non formal.

Article Details

Section
Articles

References

Abdul Hadis dan Nurhayati B. (2014). Manajemen Mutu Pendidikan. Alfabeta.

Baharun, H. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan. Akademia Pustaka.

Edward Sallis. (2002). Total Quality Management in Education (Third edit). Kogan Page.

Jamaluddin. (2017). Manajemen Mutu Teori dan Aplikasi pada Lembaga Pendidikan (Kasful Anwar Us (ed.)). PUSAKA JAMBI.

Jerome S. Arcaro. (2015). Pendidikan Berbasis Mutu. Pustaka Pelajar.

Sohiron, D. M. P. (2014). Akreditasi Satuan Pendidikan. Zanafa Publishing.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat ; Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Manajemen (M. P. Setiyawami, S.H. (ed.)). Alfabeta.