Maksimalisasi Pemberdayaan Optami Dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Nurul Bayan Lombok Utara
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v6i1.5594Keywords:
Pendidikan Karakter, Organisasi, Santri, PesantrenAbstract
Salah satu dampak negatif dari era globalisasi adalah menurunnya karakter pelajar. Hal ini dapat dilihat dari berbagai macam pelanggaran yang dilakukan oleh siswa seperti seperti membawa bacaan porno, bolos kelas, merokok, dan tawuran. untuk itu, salah satu usaha pondok pesantren untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui OPTAMI. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan pemberdayaan OPTAMI dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Nurul Bayan Lombok Utara. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun partisipannya Pimpinan Pondok Pesantren, Majelis Pengasuhan, Bagian Pengasuhan, Guru dan Pengurus OPTAMI. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada 2 fungsi dan tujuan dibentuknya OPTAMI diantaranya; menjadi media belajar berorganisasi dan menjadi kepanjangan tangan pimpinan dalam menggerakkan seluruh kegiatan santri, (2) Empat prinsip-prinsip dalam OPTAMI, yakni; Siap memimpin dan siap dipimpin, patah tubuh hilang berganti, Harus mempunyai ketaatan kepada aturan pondok dan Semua kegiatan tidak keluar dari nilai-nilai pendidikan, (3) ada 5 cara untuk mentransformasi nilai-nilai berupa; keteladanan, proses pengkondisian lembaga, penugasan, pengarahan-pengarahan dan KBM (kegiatan belajar mengajar) didalam kelas.
References
Burnawi, M Arifin. (2012). Strategi dan kebijakan pembelajaran, Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Gunawan Heri. (2012). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi, Bandung: Afabeta.
Karim, A. (2022, Maret 21). Pemberdayaan OPTAMI Dalam Pembentukan Karakter Santri. (I. Holid, Interviewer)
Kemendiknas. (2011). Buku Panduan OSIS, Jakarta: Kemendiknas.
Kubaisi, A. G. (2022, Maret 21). Pemberdayaan OPTAMI Dalam Pembentukan Karakter Santri. (I. Holid, Interviewer)
Mawadi, A. (2022, Maret 22). Pemberdayaan OPTAMI dalam pembentukan karakter santri. (I. Holid, Interviewer)
Nursisto. (2002). Peningkatan Prestasi Sekolah Menengah : Acuan Siswa, Pendidikan dan Orang Tua, Jakarta: Insan Cendikia.
Mita Silfiyasari, & Ashif Az Zhafi. (2020). Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 127–135. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.218
Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Humaniora, 4(1), 115–124.
Toni, I. A. (2019). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Dalam Memebentuk Karakter Siswa Di Smk Negeri 2 Salatiga. Satya Widya, 35(1), 54–61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p54-61
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work