Maksimalisasi Pemberdayaan Optami Dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Nurul Bayan Lombok Utara

Authors

  • Idham Holid Universitas Islam Negeri Mataram
  • Dwi Wahyudiati Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v6i1.5594

Keywords:

Pendidikan Karakter, Organisasi, Santri, Pesantren

Abstract

Salah satu dampak negatif dari era globalisasi adalah menurunnya karakter pelajar. Hal ini dapat dilihat dari berbagai macam pelanggaran yang dilakukan oleh siswa seperti seperti membawa bacaan porno, bolos kelas, merokok, dan tawuran. untuk itu, salah satu usaha pondok pesantren untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui OPTAMI. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan pemberdayaan OPTAMI dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Nurul Bayan Lombok Utara. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun partisipannya Pimpinan Pondok Pesantren, Majelis Pengasuhan, Bagian Pengasuhan, Guru dan Pengurus OPTAMI. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada 2 fungsi dan tujuan dibentuknya OPTAMI diantaranya; menjadi media belajar berorganisasi dan menjadi kepanjangan tangan pimpinan dalam menggerakkan seluruh kegiatan santri, (2) Empat prinsip-prinsip dalam OPTAMI, yakni; Siap memimpin dan siap dipimpin, patah tubuh hilang berganti, Harus mempunyai ketaatan kepada aturan pondok dan  Semua kegiatan tidak keluar dari nilai-nilai pendidikan, (3) ada 5 cara untuk  mentransformasi nilai-nilai berupa; keteladanan, proses pengkondisian lembaga, penugasan, pengarahan-pengarahan dan  KBM (kegiatan belajar mengajar) didalam kelas.

References

Burnawi, M Arifin. (2012). Strategi dan kebijakan pembelajaran, Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Gunawan Heri. (2012). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi, Bandung: Afabeta.

Karim, A. (2022, Maret 21). Pemberdayaan OPTAMI Dalam Pembentukan Karakter Santri. (I. Holid, Interviewer)

Kemendiknas. (2011). Buku Panduan OSIS, Jakarta: Kemendiknas.

Kubaisi, A. G. (2022, Maret 21). Pemberdayaan OPTAMI Dalam Pembentukan Karakter Santri. (I. Holid, Interviewer)

Mawadi, A. (2022, Maret 22). Pemberdayaan OPTAMI dalam pembentukan karakter santri. (I. Holid, Interviewer)

Nursisto. (2002). Peningkatan Prestasi Sekolah Menengah : Acuan Siswa, Pendidikan dan Orang Tua, Jakarta: Insan Cendikia.

Mita Silfiyasari, & Ashif Az Zhafi. (2020). Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 127–135. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.218

Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Humaniora, 4(1), 115–124.

https://media.neliti.com/media/publications/259090-pendidikan-karakter-dan-pembangunan-sumb-e0cf1b5a.pdf

Toni, I. A. (2019). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Dalam Memebentuk Karakter Siswa Di Smk Negeri 2 Salatiga. Satya Widya, 35(1), 54–61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p54-61

Downloads

Published

2022-04-29

How to Cite

Holid, I. ., & Wahyudiati, D. . (2022). Maksimalisasi Pemberdayaan Optami Dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Nurul Bayan Lombok Utara. TADBIR MUWAHHID, 6(1), 65–76. https://doi.org/10.30997/jtm.v6i1.5594
Abstract viewed = 65 times