Manajemen Peserta Didik di MTs Persis Lempong Garut
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v6i1.5150Keywords:
Manajemen Peserta Didik, MTS Persis Lempong GarutAbstract
Banyak madrasah yang kurang memperhatikan manajemen peserta didik, sehingga kualitas dari lembaga tersebut kurang memuaskan, mulai dari proses perekrutan sampai peserta didik lulus. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik di MTs Persis Lempong Garut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimaksudkan untuk mengeksplorasi suatu gejala, sebuah fenomena atau realitas sosial yang ada. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data mengklasifikasi data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun tahapan menganalisis data yaitu reduksi, display, dan verifikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen peserta didik di MTs Persis Lempong Garut teraplikasi ke dalam 8 tahapan utama, yaitu: analisis kebutuhan, rekrutmen peserta didik, seleksi peserta didik, orientasi peserta didik, penempatan peserta didik, pembinaan dan perkembangan peserta didik, pencatatan dan pelaporan peserta didik, serta kelulusan peserta didik dan alumni. Masing-masing tahapan kegiatan sangat menunjang pembelajaran dan pencapaian tujuan pendidikan.
References
Arfiariska, P. A., & Hariyati, N. (2021). Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Karakter. 09, 16.
Astuti. (2021). Manajemen Peserta Didik. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2).
Azmi, U. (2020). Manajemen Peserta Didik di Sekolah Berbasis Sistem Pesantren. 05, 13.
Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indeks.
Candra, M. A., Madhakomala, & Santosa, H. (2017). Manajemen Peserta Didik dalam Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Angkasa I Jakarta. Jurnal Improvement, 4(2), 8.
Chadidjah, S., & Erihadiana, M. (2020). Manajemen Peserta Didik pada MDTA Al-Wahda Terunggul dI Kota Bandung. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 5(2), 15.
Firmansyah, T., Mustiningsih, M., & Sunandar, A. (2021). Proses Manajemen Peserta Didik di SMA Binaan Universitas. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(11), 1623. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i11.14179
Hadiyanto. (2013). Manajemen Peserta Didik Bernuansa Pendidikan Karakter. Jakarta: Al-Wasath.
Ilyasin, M. (2019). Manajemen Peserta Didik dalam Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Karakter di Satuan Pendidikan. FENOMENA, 11(1), 69–79. https://doi.org/10.21093/fj.v11i1.2143
Irawan, B., & Berlian, Z. (2020). Implementasi Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah di Palembang. Studi Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 16.
Jasmani, & Pahriati. (2019). Manajemen Peserta Didik di Madrasah Aliyah (MA) Muslimat NU Palangkaraya (Tinjauan Sisi Analisis Kebutuhan Peserta Didik). Jurnal Transformatif, 3(2).
Junaidi, J. (2016). Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik Pada Man Beringin Kota Sawahlunto. al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 37. https://doi.org/10.31958/jaf.v3i1.388
Kharisma, M. E., Hadid, F., Faiz, M. A., & Fadhlurrahman, A. (2021). Pembinaan Manajemen Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan. Jurnal Syntax Transformation, 2(6), 14.
Mujahidin, E., Haris, A. R., & Hafidhuddin, D. (2020). Pengembangan Manajemen Peserta Didik Program Tahfizh. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 068. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v9i1.2699
Noor, F. A. (2015). Manajemen Peserta Didik Raudlatul Athfal (RA). Al-Manar, 4(2). https://doi.org/10.36668/jal.v4i2.56
Prasetyo, A. W., & Setiawan, F. (2021). Manajemen Peserta Didik di SMP Negeri 3 Sewon. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(4), 11.
Putri, D. I. I. (2020). Manajemen Pengembangan Peserta Didik Berbasis Total Quality Management di MI Al-Hidayah Bagor Miri Sragen. Millah, 20(1), 63–88. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art3
Rifa’i, M. (2018). Manajemen Peserta Didik (Pengelolaan Peserta Didik untuk Efektivitas Pembelajaran). Medan: CV. Widya Puspita.
Samsu. (2017). Metode Penelitian Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development. Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
Saputra, D., Sarbini, M., & Kohar, A. (t.t.). Implementasi Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa dan Prestasi Sekolah di SMK Karya Insani Megamendung Bogor. 12.
Solechan, & Setiawan, A. (2021). Implementasi Manajemen Peserta Didik dalam Peningkatan Mutu Madrasah di MTs Raden Rahmat Selorejo Mojowarno. Urwatul Wutqo: Jurnal Kependidikan dan Keislaman, 10(2).
Taqwa, T. (2016). Pendekatan Manajemen Peserta Didik. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 48–55. https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.428
Yusuf, U. A. (2019). Manajemen Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(02), 191. https://doi.org/10.30868/im.v2i02.514
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work