Manajemen Peserta Didik di MTs Persis Lempong Garut

Authors

  • Salman Fathurohman UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v6i1.5150

Keywords:

Manajemen Peserta Didik, MTS Persis Lempong Garut

Abstract

Banyak madrasah yang kurang memperhatikan manajemen peserta didik, sehingga kualitas dari lembaga tersebut kurang memuaskan, mulai dari proses perekrutan sampai peserta didik lulus. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik di MTs Persis Lempong Garut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimaksudkan untuk mengeksplorasi suatu gejala, sebuah fenomena atau realitas sosial yang ada. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data mengklasifikasi data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun tahapan menganalisis data yaitu reduksi, display, dan verifikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen peserta didik di MTs Persis Lempong Garut teraplikasi ke dalam 8 tahapan utama, yaitu:  analisis kebutuhan, rekrutmen peserta didik, seleksi peserta didik, orientasi peserta didik, penempatan peserta didik, pembinaan dan perkembangan peserta didik, pencatatan dan pelaporan peserta didik, serta kelulusan peserta didik dan alumni. Masing-masing tahapan kegiatan sangat menunjang pembelajaran dan pencapaian tujuan pendidikan.

References

Arfiariska, P. A., & Hariyati, N. (2021). Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Karakter. 09, 16.

Astuti. (2021). Manajemen Peserta Didik. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2).

Azmi, U. (2020). Manajemen Peserta Didik di Sekolah Berbasis Sistem Pesantren. 05, 13.

Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indeks.

Candra, M. A., Madhakomala, & Santosa, H. (2017). Manajemen Peserta Didik dalam Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Angkasa I Jakarta. Jurnal Improvement, 4(2), 8.

Chadidjah, S., & Erihadiana, M. (2020). Manajemen Peserta Didik pada MDTA Al-Wahda Terunggul dI Kota Bandung. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 5(2), 15.

Firmansyah, T., Mustiningsih, M., & Sunandar, A. (2021). Proses Manajemen Peserta Didik di SMA Binaan Universitas. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(11), 1623. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i11.14179

Hadiyanto. (2013). Manajemen Peserta Didik Bernuansa Pendidikan Karakter. Jakarta: Al-Wasath.

Ilyasin, M. (2019). Manajemen Peserta Didik dalam Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Karakter di Satuan Pendidikan. FENOMENA, 11(1), 69–79. https://doi.org/10.21093/fj.v11i1.2143

Irawan, B., & Berlian, Z. (2020). Implementasi Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah di Palembang. Studi Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 16.

Jasmani, & Pahriati. (2019). Manajemen Peserta Didik di Madrasah Aliyah (MA) Muslimat NU Palangkaraya (Tinjauan Sisi Analisis Kebutuhan Peserta Didik). Jurnal Transformatif, 3(2).

Junaidi, J. (2016). Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik Pada Man Beringin Kota Sawahlunto. al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 37. https://doi.org/10.31958/jaf.v3i1.388

Kharisma, M. E., Hadid, F., Faiz, M. A., & Fadhlurrahman, A. (2021). Pembinaan Manajemen Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan. Jurnal Syntax Transformation, 2(6), 14.

Mujahidin, E., Haris, A. R., & Hafidhuddin, D. (2020). Pengembangan Manajemen Peserta Didik Program Tahfizh. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 068. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v9i1.2699

Noor, F. A. (2015). Manajemen Peserta Didik Raudlatul Athfal (RA). Al-Manar, 4(2). https://doi.org/10.36668/jal.v4i2.56

Prasetyo, A. W., & Setiawan, F. (2021). Manajemen Peserta Didik di SMP Negeri 3 Sewon. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(4), 11.

Putri, D. I. I. (2020). Manajemen Pengembangan Peserta Didik Berbasis Total Quality Management di MI Al-Hidayah Bagor Miri Sragen. Millah, 20(1), 63–88. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art3

Rifa’i, M. (2018). Manajemen Peserta Didik (Pengelolaan Peserta Didik untuk Efektivitas Pembelajaran). Medan: CV. Widya Puspita.

Samsu. (2017). Metode Penelitian Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development. Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Saputra, D., Sarbini, M., & Kohar, A. (t.t.). Implementasi Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa dan Prestasi Sekolah di SMK Karya Insani Megamendung Bogor. 12.

Solechan, & Setiawan, A. (2021). Implementasi Manajemen Peserta Didik dalam Peningkatan Mutu Madrasah di MTs Raden Rahmat Selorejo Mojowarno. Urwatul Wutqo: Jurnal Kependidikan dan Keislaman, 10(2).

Taqwa, T. (2016). Pendekatan Manajemen Peserta Didik. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 48–55. https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.428

Yusuf, U. A. (2019). Manajemen Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(02), 191. https://doi.org/10.30868/im.v2i02.514

Downloads

Published

2022-04-29

How to Cite

Fathurohman, S. (2022). Manajemen Peserta Didik di MTs Persis Lempong Garut. TADBIR MUWAHHID, 6(1), 33–46. https://doi.org/10.30997/jtm.v6i1.5150
Abstract viewed = 335 times