Model Pengembangan Manajemen Mutu Lembaga Pendidikan Islam Perspektif Kriteria Malcolm Baldrige di Perguruan Tinggi Islam

Authors

  • Ihwan Fauzi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad In'am Esha UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v6i2.5062

Keywords:

Peningkatan mutu, Lembaga Pendidikan, Malcom Baldrige, Kriteria

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan nasional diatur oleh pemerintah melalui suatu program penjaminan mutu yang memiliki target dan kerangka waktu yang jelas. Setiap organisasi pendidikan wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan. Pelaksanaan penjaminan mutu dilakukan dengan menetapkan standar yang dipakai sebagai sistem manajemen kinerja, salah satunya dengan kriteria Malcolm Baldrige. Mutu suatu lembaga pendidikan perlu ditingkatkan secara berkelanjutan (continuous improvement) untuk meningkatkan daya saing. Eksistensi suatu lembaga pendidikan Islam di masa mendatang tidak hanya tergantung pada pemerintah nasional  melainkan pada penilaian sistem yang berstandar internasional. Tulisan  ini menggunakan kriteria Malcolm Baldrige sebagai upaya perbaikan mutu berkelanjutan.  Organisasi didorong untuk mengembangkan pendekatan yang kreatif dan fleksibel selaras dengan kebutuhan organisasinya. Kriteria Malcolm Baldrige terdiri dari tujuh kriteria yaitu (1) kepemimpinan; (2) perencanaan strategis; (3) fokus pasar dan pelanggan; (4) pengukuran, analisis dan manajemen pengetahuan; (5) fokus sumber daya manusia (SDM); (6) manajemen proses; dan (7) hasil-hasil.

References

Arfan Bakhtiar Amalia, David Adrianto, Konstantia Harrani, Analisis Perbandingan Penghargaan Kualitas Malcolm Baldrige National Quality Award Dengan European Quality Award (Mbnqa Vs Eqa) J@Ti Undip, Vol Iii, No 2, Mei 08.

Echols, John M. dan Hassan Shadily, An English-Indonesian Dictionary, Cet. XXV, PT Gramedia, Jakarta, 2003.

F. Tjiptono dan A. Diana,, Total Quality Management (TQM) edisi revisi, Andi Offset, Yogyakarta, 2003.

Hesty Widyasih, Ma’mun Sutisna Dan Firman F.,” Wirakusumah Korelasi Kepemimpinan Dengan Komitmen Dan Lingkungan Kerja Dosen Berdasarkan Kriteria Malcolm Baldrige (Suatu Survei Eksplanatori Pada Dosen Program Studi D3 Kebidanan Di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta) “, Jurnal Orasi Bisnis Edisi Ke-Viii, November 2012 Issn: 2085-1375.

Imam Taufik, Pengukuran Kinerja Institusi Pendidikan Berdasarkan Kriteria Malcolm Baldrige Nasional Quality Award Di Smp Muhammadiyah 1 Gresik, Skripsi.2013.

Machali, Imam & Ara Hidayat. The Handobook Of Education Management Teori Dan Praktek Pengelolaan Sekolah/Madrasah Di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016..

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Cet ke-10, Jakarta, 1999.

Sagal, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran; untuk membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Alfabeta, Bandung, 2003.

Sallis, Edward. Alih Bahasa Ali Riyadi, Ahmad & Fahrurozi. 2006. Total Quality Management in Edecation: Manajemen Mutu Pendidikan, Irchisod, Yogyakarta.

Uhar Suharsaputra, Administrasi Pendidikan, Refika Aditama, Bandung, 2010.

Vincent Gaspersz,. Pedoman Implementasi Education Performance Excellence: Berdasarkan 2017 – 2018 Education Criteria for Performance Excellence. 2018.

Yusuf, Musfirotun. Manajemen Pendidikan Sebuah Pengantar, Andi Offset Yogyakarta, 2005.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Fauzi, I. ., & Esha, M. I. . (2022). Model Pengembangan Manajemen Mutu Lembaga Pendidikan Islam Perspektif Kriteria Malcolm Baldrige di Perguruan Tinggi Islam. TADBIR MUWAHHID, 6(2), 165–183. https://doi.org/10.30997/jtm.v6i2.5062
Abstract viewed = 85 times