Model Manajemen Konflik Lembaga Pendidikan Islam: Tinjauan Komparatif Tafsir Ibn Katsir dan Tafsir Jalalain

Main Article Content

Fantika Febry Puspitasari

Abstract

Organisasi yang dinamis tidak terlepas dari keberadaan konflik. Perihal konflik juga telah dibahas dalam beberapa ayat Al Qur’an sebagai penekanan terhadap keniscayaan adanya konflik di antaranya dalam QS Al Isra’: 15, QS Al Qashash: 15 dan QS Yunus: 90. Manajemen konflik bertujuan untuk mengendalikan konflik sehingga pengaruhnya konstruktif dan fungsional. Lembaga Pendidikan Islam memiliki nilai-nilai Islam sebagai pedoman manajemen organisasi agar tetap selaras dengan petunjuk Al Qur’an. Manajemen konflik ditinjau dari perspektif Al Qur’an meliputi stimulasi konflik (QS Yunus: 99, QS Al Baqarah: 148, QS Al Jatsiyah: 22), Tabayyun (QS Al Hujurat: 6), Musyawarah (QS Ali Imran: 159), Negosiasi (QS An Naml: 34-35), Fastabiqul khoirot (QS Al Baqarah: 148), Mediasi-Akomodasi (Kisah peletakan hajar aswad), Islah (QS Al Hujurat: 9-10) dan Rudduhu ilallah (Qur’an) wa rasul (Sunnah) (QS An Nisa’: 59). Model-model manajemen konflik dalam Al Qur’an tersebut dapat diterapkan dalam manajemen lembaga Pendidikan Islam dengan mengutamakan nilai-nilai Islam sehingga konflik dalam lembaga Pendidikan Islam konstruktif dan fungsional.

Article Details

Section
Articles

References

al-Mahalli, J., & as-Suyuthi, J. (2009). Tafsir Jalalain. Sinar Baru Algesindo.

Amri, S., Ismawati, T., & Armila, A. (2020). Studi Analisis Nilai Nilai Pendidikan Karakter Perspektif Syech Muhammad Khudhari Bek dalam Kitab Khulashah Nurul Yakin. Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 77–88.

Bashori, B. (2016). Manajemen Konflik di Tengah Dinamika Pondok Pesantren dan Madrasah. Muslim Heritage, 1(2), 353–370.

Baskerville, D. M. (1993). How Do You Manage Conflict? Black Enterprise.

Efferi, A. (2014). Dinamika Persaingan Antar Lembaga Pendidikan. Quality, 2(1), 96–116.

Hanson, E. M. (1996). Educational administration and organizational behavior. ERIC.

Hasanah, U. (2020). Manajemen Konflik dalam Meningkatkan Kualitas Kerja pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 1–11.

Inayah, S. S. (2014). Konflik dan Negosiasi dalam Perspektif Komunikasi. LENTERA, 16(2 Desember).

Kasim, M., Yahiji, K., & Hula, I. R. (2019). Manajemen Konflik Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis. Jurnal Al Himayah, 3(2), 255–270.

Katsir, I. I. (2016). Tafsir Ibnu Katsir (Vol. 1–10). Insan Kamil.

Kholifah, Y. B. (2019). Manajemen Konflik Perspektif Pendidikan Islam. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 11–24.

Malliongi, M. T. (2018). Negosiasi Antara Tradisi dan Modernitas di Pesantren As’adiyah Sengkang Sulawesi Selatan. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 220–233.

Muliati, I. (2016). Manajemen Konflik dalam Pendidikan Menurut Perspektif Islam. TINGKAP, 12(1), 39–52.

Noor, M. U. (2018). Penilaian kualitas informasi sebagai bentuk sikap tabayyun ketika menerima informasi di sosial media dan internet. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 33–40.

Rifa’i, A. (2010). Konflik Dan Resolusinya Dalam Perspektif Islam. Millah, ed(khus), 171–186. https://doi.org/10.20885/millah.ed.khus.art10

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi (Organizational Behavior) (16th ed.). Salemba Empat.

Romli, K. (2011). Komunikasi Organisasi Lengkap. PT Grasindo.

Royani, A. (2015). Manajemen Konflik. EDUKASI, 7(1), 1–26.

Sayyaf, R. T. F. (2020). Harmonisasi Mediasi. Al-’Adalah: Jurnal Syariah Dan Hukum Islam, 5(1), 46–62.

Waeduloh, H. (2014). Manajemen Konflik dalam Perspektif Dakwah. Jurnal Dakwah Tabligh, 15(1), 91–104.

Wartini, S. (2015). Strategi manajemen konflik sebagai upaya meningkatkan kinerja teamwork tenaga kependidikan. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 6(1), 64–73.

Wijayanti, Y. T., & Suryana, A. (2015). Manajemen Konflik Organisasi dalam Perspektif Islam. Profetik: Jurnal Komunikasi, 08(01), 14.

Wirawan. (2016). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Salemba Empat.