Supervisi Akademik Kepala Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalitas Guru
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v5i2.4550Keywords:
Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, ProfesionalitasAbstract
Supervisi akademik merupakan sebuah kegiatan pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah kepada objek yang ditentukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas dari aspek yang akan ditingkatkannya. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui, mengenali, memahami dan menjelaskan supervisi akademik oleh kepala sekolah sebagai upaya meningkatkan profesionalitas guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kasus dengan jenis penelitian studi kasus observasi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Hidayatussa’adiyah Kabupaten Sukabumi. Subjek penelitian yang digunakan yaitu mulai dari kepala sekolah, pengawas, serta guru. Adapun data yang diambil menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Selain itu, dalam melakukan analisis data penelirian, digunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini menghasilkan temuan akan unsur-unsur yang sangat substansial bahwa upaya yang dilakukan dengan supervisi akademik mampu meningkatkan profesionalitas guru. Selain itu, kompetensi guru merupakan faktor yang sangat penting dalam membentuk profesionalitas Guru.
References
Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rajawali Press
Aqib, Zainal. (2009). Standar Kualifikasi, Kompetensi, Sertifikasi, Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas. Bandung : CV. Yrama Widya
Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria, Vol.7, 52.
Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data. Jakarta : Rajawali Press
Kholik, A., et al. (2020). Pedoman Penulisan dan Penyusunan Skripsi, Edisi 3. Bogor : UNIDA PRESS.
Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., dan Refika, N. (2019). Supervisi Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Kusnandar. (2007). Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Raja Grafindo
Manab, A. (2017). Menggagas Penelitian Pendidikan : Pendekatan Studi Kasus. Yogyakarta : Kalimedia
Messi, Sari,W.A., dan Murniyati. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Ksp : Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, 3 (1) 114.
Mufidah, Nur. (2009). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta : Teras.
Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Murdaningsih, D. (2019). Rendahnya Kompetensi Guru Jadi Masalah Pendidikan Indonesia.
https://m.republika.co.id/amp/pq53k5368
Mushlih, A., dan Suryadi, R.,A. (2018). Supervisi Pendidikan : Teori dan Praktik. Bandung : R. Rosdakarya
Nasution. (2009). Metode Research : Penelitian Ilmiah. Jakarta : Bumi Aksara
Partsojo, L, D., & Sudiyono. (2015). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta : Gava Media
Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Shulhan, M. (2012). Supervisi Pendidikan : Teori dan Terapan Dalam Mengembangkan Sumber Daya Guru Edisi 1. Surabaya : Acima Publishing
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work