Supervisi Akademik Kepala Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalitas Guru

Main Article Content

Asep Burhanudin
Berliana Kartakusumah
Sobrul Laeli

Abstract

Supervisi akademik merupakan sebuah kegiatan pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah kepada objek yang ditentukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas dari aspek yang akan ditingkatkannya. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui, mengenali, memahami dan menjelaskan supervisi akademik oleh kepala sekolah sebagai upaya meningkatkan profesionalitas guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kasus dengan jenis penelitian studi kasus observasi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Hidayatussa’adiyah Kabupaten Sukabumi. Subjek penelitian yang digunakan yaitu mulai dari kepala sekolah, pengawas, serta guru. Adapun data yang diambil menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Selain itu, dalam melakukan analisis data penelirian, digunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini menghasilkan temuan akan unsur-unsur yang sangat substansial bahwa upaya yang dilakukan dengan supervisi akademik mampu meningkatkan profesionalitas guru. Selain itu, kompetensi guru merupakan faktor yang sangat penting dalam membentuk profesionalitas Guru.

Article Details

Section
Articles

References

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rajawali Press

Aqib, Zainal. (2009). Standar Kualifikasi, Kompetensi, Sertifikasi, Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas. Bandung : CV. Yrama Widya

Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria, Vol.7, 52.

Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data. Jakarta : Rajawali Press

Kholik, A., et al. (2020). Pedoman Penulisan dan Penyusunan Skripsi, Edisi 3. Bogor : UNIDA PRESS.

Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., dan Refika, N. (2019). Supervisi Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Kusnandar. (2007). Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Raja Grafindo

Manab, A. (2017). Menggagas Penelitian Pendidikan : Pendekatan Studi Kasus. Yogyakarta : Kalimedia

Messi, Sari,W.A., dan Murniyati. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Ksp : Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, 3 (1) 114.

Mufidah, Nur. (2009). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta : Teras.

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Murdaningsih, D. (2019). Rendahnya Kompetensi Guru Jadi Masalah Pendidikan Indonesia.

https://m.republika.co.id/amp/pq53k5368

Mushlih, A., dan Suryadi, R.,A. (2018). Supervisi Pendidikan : Teori dan Praktik. Bandung : R. Rosdakarya

Nasution. (2009). Metode Research : Penelitian Ilmiah. Jakarta : Bumi Aksara

Partsojo, L, D., & Sudiyono. (2015). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta : Gava Media

Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Shulhan, M. (2012). Supervisi Pendidikan : Teori dan Terapan Dalam Mengembangkan Sumber Daya Guru Edisi 1. Surabaya : Acima Publishing

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta