Efektivitas Pengawasan dan Pengendalian Anggaran Belanja Sekolah Terhadap Efisiensi Biaya Pendidikan

Main Article Content

Yanti Nurdiyanti

Abstract

Dua hal esensial dalam sistem manajemen ABS yaitu pengawasan dan pengendalian proses ABS sebagai proses dalam mewujudkan efesiensi biaya pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengawasan Anggaran Belanja Sekolah (ABS) oleh komite sekolah dan pengendallian ABS oleh Kepala Sekolah terhadap efesiensi biaya pendidikan. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif deskriptif analitis dengan alat pengambilan data menggunakan angket. Populasi penelitian ini adalah Madrasah Aliyah (MA) di KKM MAN Pangandaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling proporsional, Uji keabsahan dilakukan dengan pengujian korelasi, pengujian determinasi dan pengujian regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pengawasan ABS yang dilakukan komite sekolah dapat meningkatkan efesiensi biaya pendidikan, peningkatan variabel tersebut dikategorikan tinggi dengan mencapai angka tingkat ketercapaian efektivitas 76,39%. 2).Pengendalian ABS oleh kepala sekolah dapat meningkatkan efesiensi biaya pendidikan. Peningkatan variabel tersebut dikategorikan tinggi, dengan mencapai angka tinggi ketercapaian efektivitas 79,75%. 3)Pengawasan dan pengendalian ABS dapat meningkatkan efesiensi biaya pendidikan, yang  dikategorikan tinggi dengan mencapai angka tingkat ketercapaian efektivitas 89,69%. Dengan demikian efesiensi biaya pendidikan memiliki ketergantungan dari pengandalian dan pengawasan ABS yang bergantung pada nilai variabel independennya

Article Details

Section
Articles

References

Aifin. (1998). Ilmu KOmunikasi, Sebuah Pengatar Ringkas. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka CIpta.

Asmendri. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu. Batusangkar: STAIN Batusangkar.

Depdiknas, D. (2004). Rencana Strategis 2005-2010. Jakarta.

Efendi. (1992). Bagaimana Menjadi Pemimpin Yang Berhasil. Jakarta Pusat: Yayasan Mari Berhasil.

Engkoswara. (1999). Menuju Indonesia Modern 2020. Bandung: Yayasan Ama Keluarga.

Faatah. (2003). Manajemen Berhasil Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fattah. (2000). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Feiby, I., & Sumaila, N. (2020, Mei). Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam. Volume 5 Nomor 1, pp. 1-18.

Gaffar. (1991). Perencenaan Pendidikan, Teori dan Metodologi. Jakarta: Depdikbud.

Gordon. (1976). Psycology and education, the state of the union. Berkeley: McCutchan Publishing Corporation.

Imanuel, P., & Sherly, P. (2015, Desember). ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI ANGGARAN BELANJA PADA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA PROVINSI SULAWESI UTARA. Vol.3 No.4, pp. 33-43.

Ita, Y., Fia, B., & Sabet., A. (2021, Januari 3). Konsep Pengendalian Internal Sebagai Upaya Meminimalisir Tagihan Biaya Pendidikan Pada Sekolah Swasta. Vol.18 No.3, pp. 836-851.

Permadi. (2001). Manajemen Berbasis Sekolah dan Kepemimpinan Mandiri Kepala Sekolah (Strategi dalam rangka peningkatan mutu sekolah). Bandung: 2001.

Piet. (1992). Supervisi Pendidikan, Prinsip dan Teknik. Surabaya: Usaha Nasional.

Ryadi, H., & Jubaidi, A. (2017). Pengaruh Pengawasan Terhadap Eefektivitas Pengelolaan Keuangan Pada Sekretariat DPRD Kabupaten Kutai Timur. Volume 1 No.1, pp. 91-95.

Setiawan, D., & Hadiqoh, I. (2017, Maret). Pengaruh Penerapan Pengendalian Biaya Dan Efektivitas Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Terhadap Sisa Hasil Usaha Di Puskop Kartika Siliwangi . Vol 8 No 1, pp. 41-45.

Smith. (2004). Conscientizaca: Tujuan Pendidikan Paulo Freie. Yoyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: CV AlFabeta.

Terry. (1982). The Principles of management. Homewood Illionis: Ricard Irwin.

Ulfah N B Fitri, d. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis. Jurnal Tabdir Muwahid Vol.5 Nomor 1, pp. 69-81.

Umum, D. P. (2000). Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta: Depdikbud.