Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Pendidikan Humanis

Main Article Content

Firman Mansir

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai kontribusi dan andil kepala sekolah di lembaga pendidikan dalam mencapai cita-cita kepemimpinannya untuk menghasilkan pendidikan yang berasosiasi dan berdasarkan nilai-nilai kemanusian. Salah satu tempat yang memiliki fungsi untuk menyelenggarakan proses pendidikan yang sistematis dan terstruktur adalah sekolah. Luaran  yang diharapkan dalam sebuah sistem pendidikan humanis adalah terbentuknya insan yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan yang Maha Esa. Globalisasi mengakibatkan adanya asimilasi dan akulturasi budaya yang dapat melahirkan budaya baru. Hal itu mengakibatkan kekhawatiran dalam lunturnya nilai, norma, dan budaya lokal terutama pada peserta didik di sekolah. Karena itu kepala sekolah perlu hadir di tengah-tengah arus itu untuk membantu peserta didik dan mewujudkan pendidikan yang humanis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sehingga dalam melakukan analisis data dengan fokus pada analisis literatur. Dengan demikian, kontribusi kepemimpinan kepala sekolah menjadi penting dan memiliki andil yang sangat besar demi terwujudnya implementasi pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.

Article Details

Section
Articles

References

Effendi, Y. R. (2021). KONSTRUKSI MODEL PENDEKATAN HUMANISTIK KEPEMIMPINAN KEPALA HUMANISTIC APPROACH MODEL CONSTRUCTION OF. May.

Eko Putri, I. A. (2012). Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara dalam Pandangan Islam. IAIN Walisongo.

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31–42.

Herawan, E. (2016). Kepemimpinan Mutu Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. PEDAGOGIA, 12(2), 51–59.

Hikmawan, F. (2017). Perspektif filsafat pendidikan terhadap psikologi pendidikan humanistik. Jurnal Sains Psikologi, 6(1), 31–36.

Idris, S., & Tabrani, Z. A. (2017). Realitas Konsep Pendidikan Humanisme dalam Konteks Pendidikan Islam. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 96–113.

Kurnianingsih, E. (2018). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Indonesian Journal Of Education Management & Administration Review, 1(1), 11–18.

Lazwardi, D. (2016). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2).

Mansir, F. (2018a). Diskursus Pendidikan Karakter di Peguruan Tinggi Keagamaan Islam pada Era Milenial. Tadrib, 4(2), 280–300.

Mansir, F. (2018b). Pendekatan Psikologi Dalam Kajian Pendidikan Islam. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 61–73.

Mansir, F. (2019). Implications of Teacher Certification on Professionalism and Welfare of 21th Century PAI Teachers. Tadrib, 5(2), 138–152.

Mansir, F. (2020a). Diskursus Sains dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah Era Digital. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 3(2), 144–157.

Mansir, F. (2020b). The Leadership of Personnel Management in Islamic Education: Emerging Insights from an Indonesian University. Edukasia Islamika, 1–16.

Mansir, F. (2021). The Urgency of Fiqh Education and Family Role in The Middle of Covid-19 Pandemic For Students In School and Madrasah. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 4(1), 1–10.

Mansir, F., & Karim, A. (2020a). Fiqh Learning Methodology in Responding Social Issues in Madrasa. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 7(2), 241–251.

Mansir, F., & Karim, A. (2020b). Islamic education learning approaches in shaping students’ emotional intelligence in the digital age. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1), 67–86.

Mansir, F., & Purnomo, H. (2020). Islamic Education Learning Strategies Based on Multiple Intelligences in Islamic School. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 6(1), 48–57.

Mulyana, Y. (2014). Peran Kepala Sekolah Dasar dalam Pengembangan Profesionalisme Guru. Triadik, 12(1), 93–102.

Rohman, K. (2016). Optimalisasi Pendidikan Humanistik Di Sekolah Dasar: Studi Multisitus di SD Insan Mulia

Surabaya dan SDS Wahidiyah Tulungagung. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 16(1), 79–105.

Rosyadi, Y. I., & Pardjono, P. (2015). Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di smp 1 cilawu garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 124–133.

Sagala, H. S., & Sos, S. (2018). Pendekatan & Model Kepemimpinan. Prenada Media.

Sari, M. K. (2019). Kepemimpinan Pendidikan.

Sarnoto, A. Z., & Muhtadi, M. (2019). Pendidikan Humanistik Dalam Perspektif Al-Qur’an. Alim| Journal of Islamic Education, 1(1), 21–46.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Sumantri, B. A., & Ahmad, N. (2019). Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fondatia, 3(2), 1–18.

Syifaâ, R. (2008). Psikologi humanistik dan aplikasinya dalam pendidikan. EL TARBAWI, 1(1), 99–114.

Thoyib, A. (2005). Hubungan Kepemimpinan, Budaya, Strategi, dan Kinerja: Pendekatan Konsep. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1), 60–73.

Turnip, C. T. (2015). Gaya kepemimpinan kepala sekolah di sekolah menengah kejuruan (smk) kristen 2 klaten jawa tengah. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wahjosumijo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Raja Grafindo Persada.

Zen, S. D. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Padang: Kencana.