Hubungan Antara Kepemimpinan dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru

Main Article Content

Subaidi Subaidi
Moh Choirul Anwar
Moh Nasuka
Munasir Munasir

Abstract

Penelitian ini untuk menguji dan menganalisis hubungan antara kepemimpinan dan kompetensi manajerial kepala madrasah dengan peningkatan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian  kuantitatif, dengan model expost facto. Hasil yang ditemukan bahwa: terdapat hubungan yang signifikan kepemimpinan kepala madrasah dengan peningkatan kinerja guru dengan nilai t-hitung (3,745) > t-tabel (2,00958) pada sig. (0,000) <α = 0,05, tingkat hubungan yang sedang, dan besar pengaruh sebesar 22,6%. Jika  semakin tinggi nilai kinerja guru maka Semakin tinggi nilai kepemimpinan kepala madrasah; terdapat hubungan yang signifikan kompetensi manajerial kepala madrasah dengan peningkatan kinerja guru dengan nilai t-hitung (3,803) > t-tabel (2,00958) pada sig. (0,000) < α = 0,05, tingkat hubungan yang sedang, dan besar pengaruh sebesar 23,2%. Semakin tinggi nilai kompetensi manajerial kepala madrasah maka semakin tinggi nilai kinerja guru; terdapat hubungan yang signifikan kepemimpinan kepala madrasah dan kompetensi manajerial kepala madrasah dengan peningkatan kinerja guru secara simultan, dengan nilai F-hitung (13,574) > F-tabel (3,195) pada sig. (0,000) < α = 0,05. Persamaan regresi linear berganda diperoleh Y = 13,447 + 0,379 X1 + 0387 X2 yang mempunyai tingkat hubungan yang kuat dan tinggi hubungan kedua variabel bebas sebesar 36,6%. Semakin tinggi nilai kepemimpinan kepala madrasah dan kompetensi manajerial kepala madrasah maka semakin tinggi nilai kinerja guru.




Article Details

Section
Articles

References

Bafadal, Ibrahim. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Barnadib, Imam. (1986). Dasar-dasar Pendidikan Memahami Makna dan Perspektif Beberapa Teori Pendidikan. Jakarta: Galia Indonesia.

Danim, Sudarwan. (20 09). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepala sekolahan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahanya. Bandung: Diponegoro.

Duryat, Masduki. (2016). Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

F., Jalal. (2005). Kebijakan*Pendidikan*dalam Profesionalisasi*Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Bandung: FIP UPI.

Fattah, Nanang. (2000). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hapsari, Iriani Indri. (2016). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT Indeks

Hasbullah. (2006). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Edisi Revisi Kelima, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Jawahir Tantowi. (1983). Unsur-Unsur Manajemen Menurut Ajaran Al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Al-Husna

Juni pria, Donni & Rismi Somad. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: CV Alfabeta.

Kamsino AD. (2002). Sosiologi Pendidikan, Serang: UNTIRTA Press.

Karwati.(2013). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah.Bandung: Alfabeta

Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sa’ud, Udin Saefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. (2007). PerencanaanPendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cet. III.

Samino. (2015). Kepemimpinan Pendidikan. Solo: Fairuz Media

Surya. (2005). Mencermati Kebijakan Pendidikan*dalam* Mewujudkan Kemandirian*Guru, Makalah Nasional* Pendidikan* tentang Rekonstruksi*Profesi*Guru* dalam Kerangka* Reformasi* Pendidikan. Malang: UNMUH Malang.

Titahardja, Umar dan Sulo, La. (2005). PengantarPendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, Cet. II

Usman, muh uzer. (2008). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga