Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan MAN 1 Kota Bandung

Main Article Content

Suhairi Suhairi
Iqbal Bukhori

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan MAN 1 Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini adalah penelitian desktriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan MAN 1 Kota Bandung. Teknik pengumpulan data adalah: observasi, penelusuran dokumen, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan MAN 1 Kota Bandung secara umum telah menerapkan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan dan juga telah menerapkan Otomasi Perpustakaan dengan 80% koleksi perpustakaan yang telah terpasang barcode, Model SIM Perpustakaan MAN 1 Kota Bandung menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan yang digunakan oleh Perpustakaan MAN 1 Kota Bandung adalah SLiMS (Sistem Manajemen Perpustakaan Senayan). Faktor-faktor yang mendukung Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan MAN 1 Kota bandung adalah adanya dukungan dari pihak Sekolah melalui pendanaan dan pembinaan dari Perpustakaan pada tingkat Provinsi

Article Details

Section
Articles

References

Almas Hanafi, Manajemen Sistem Informasi di Perpustakaan SMK Negeri 3 Malang”, JurnalBibliotika, 1, No.1, (2017), 94.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

A. Rusdiana, Sistem Informasi, Manajemen Pendidikan Konsep, Prinsip dan Aplikasi. Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN SGD, 2018.

A.Rusdiana dan Moch. Irfan. SistemInformasiManajemen. Cet. 1. Bandung: CV Pustaka Setia, 2014.

Amirin Tatang M. Pokok-pokok Teori Sistem. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001.

BilowoSobri Yogi, Pemanfaatan Sistem Otomasi Berbasis SLiMS oleh Pustakawan di Perpustakaan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah, 2018.

Davis Gordon B. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen bagian I :Pengantar. Terjemahan oleh Andreas S. Adiwardana disempurnakan oleh Bob Widyahartono. Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi, 1999.

Ervianto Agus. Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Dengan Php Dan Mysql di Perpustakaan SMA YPPI 1 Surabaya. Palembang: Universitas Sriwijaya, 2010.

Lipursari Anastasia, “Peran sistem informasi manajemen (SIM) dalam pengambilan keputusan, Jurnal STIE Semarang, 5, No.1, (2013), 32.

Marlini, Dahlia rahmadhani, “Pemanfaatan Software Slims (Senayan Library Management System) Di UPT Perpustakaan Kopertis Wilayah X (Sumatera Barat, Riau, Jambi, Dan Kepuluauan Riau)”, Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan 4, No. 2 (2015), 193.

Milburga, C. Larasati dkk, Membina Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit

Kanisius, 1986.

Norlice Vera Potoboda, Servi Stevi Sumendap dan Yuriewati Pasoreh. “Membangun system otomasi perpustakaan sebagai upaya Mempertahanka neksistensi perpustakaan. Acta Diurna 5, No. 5 (2016): 4.

Riyanto. Manajemen Perpustakaan Sekolah Berbasis Komputer (Step by step Membuat Aplikasi Perpustakaan Sekolah dengan Ms. Excel). Bandung: Fokusmedia, 2012.

Rusdiana, H.A. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

Syah Herman Jumadin. Penerapan Teknologi Informasi di Perpustakaan Umum Multimedia Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Makassar: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin, 2014.

Yusri. SistemInformasi Perpustakaan Berbasis Web Pada SMP Frater Makassar.” Jurnal Jupiter 14, No.2 (2015): 67-71.

Zainal Nur Alfian, Penerapan Sistem Otomasi SLiMS (Senayan library management System) di Perpustakaan Universitas Fajar Makassar. Skripsi. Makassar: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin, 2015.