Implementasi Kurikulum Tahsin Al-Quran Untuk Remaja di Ma'had Kareem Bil-Quran

Authors

  • Supi Amaliah UIKA Bogor
  • Endin Mujahidin UIKA Bogor
  • Imas Kania Rahman UIKA Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.4057

Keywords:

Implementasi, Kurikulum, Tahsin, Remaja

Abstract

Kewajiban setiap muslim adalah mampu membaca Al-Qur’an sesuai tata cara yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. sejalan dengan perintah Allah lewat  firmanNya di surat Al-Muzzamil ayat 4. Fenomena masyarakat awam sejak lama dimana sebagian besar kurang memperhatikan tahsin saat membaca Al-Qur’an. Banyak yang bisa membacanya dengan lancar namun sedikit yang bisa membacannya dengan benar. Pada lembaga-lembaga Al-Qur’an yang menjadi ujung tombak lahirnya kader-kader pengajar dan penghafal Al-Qur’an memiliki tanggung jawab melahirkan para kader yang mumpuni secara kualitas dalam tahsin Al-Qur’an. Hal ini karena dibutuhkannya peran mereka dimasyarakat untuk mengajarkan Al-Qur’an dengan tahsin yang benar. Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum tahsin untuk remaja di Ma’had Kareem Bil-Qur’an. Salah satu Ma’had yang fokus pada pengaderan dakwah Al-Qur’an pada bidang tahsin dan tahfizh Al-Qur’an. Keunggulan yang dimilki Ma’had ini dalam kurikulum tahsin yang diterapkannya yaitu konsep penguasaan praktik tahsin pada fashahatullisan yang mencakup makhraj, shifat huruf, dan itmmaul harakat dan penguasaan pemahaman teori tahsin lewat penguasaan dua kitab tajwid matan Jazari dan matan Tuhfatul Athfal serta pengambilan ijazah sanad dua kitab tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau field research jenis deskriptif kualitatif dengan sumber data diambil lewat wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi data.  Tahap selanjutnya adalah analisis data, reduksi data, penyajian data, terakhir pengambilan kesimpulan data.  Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluaasi kurikulum tahsin di lembaga ini berjalan dengan baik.

Author Biographies

Supi Amaliah, UIKA Bogor

Manajemen Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana UIKA Bogor

Endin Mujahidin, UIKA Bogor

Manajemen Pendidikan Agama Islam

Imas Kania Rahman, UIKA Bogor

Manajemen Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana UIKA Bogor

References

AlFadhli, Laili.(2019).Syarah Tuhfatul Athfal. Sukoharjo. Nur Cahaya Ilmu.

AlFarabi, Muhammad. (2019). Dawaamul ibtihal fii syarhi tuhfathil athfal, Bogor. Duta Grafika.

Jazary, Ibnul, (2006). Manzhumah Muqaddimah fima yajibu ala Qooriil qur’ani anya’lamah bittahqiiq Aiman Rusydi Suwaid, Kerajaan Saudi Arabia, Daar Nur al-Maktabah.

Khoiruddin, H., & Kustiani, A. W. (2020).Alfadhli Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Berbasis Metode Tilawati. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 55-68.

Modul Daurah Tajwidul Qur’an Terjemah Jazariyah dari https://www.academia.edu/40750236/Modul_Daurah_Tajwidul_Quran_terjemah_jazariyah

Nurhayah, N., & Muhajir, M. (2020). Implementasi Metode Tilawati dan Metode Iqro’ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. QATHRUNÂ, 7(2), 41-62.

Pikiran Rakyat. (2020) dari https://bekasi.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-12346326/miris-lebih-dari-50-persen-muslim-indonesia-belum-bisa-baca-alquran.

Al-Qoththon, Manna’, (1973), Mabahist Fii Ulumil Qur’an, Riyadh.

Qobil Nashr, Aththiyah, (2018), Ghoyatul Muriid fii Ilmittajwiid, Daarubni Abbas.

Suwaid, Aiman Rusydi. (2016). Tajwid almushawwar(terjemahnya; panduan ilmu tajwid bergambar, mudah dan prkatis),Solo, Zam-zam Mata Air Ilmu.

Muzzammil, Ahmad.(2013).Ulumul qur’an, Tangerang, Ma’had Alqur’an Nurul Hikmah.

Tafsir, Ahmad, Ahmad, Ilmu Pendidikan Islami, (2016). Bandung, Remaja Rosdakarya.

Yanto, Andri. (2016). Ilmu tajwid lengkap, Jakarta, Bisa Learning Centrer.

https://www.uin-malang.ac.id/r/131101/islam-dan-masalah-remaja.html

https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/download/1493/1091

https://digilib.uinsby.ac.id/1883/5/Bab%202.pdf

https://www.academia.edu/8044192/Kurikulum_Pendidikan_Islam

Downloads

Published

2021-04-25

How to Cite

Amaliah, S., Mujahidin, E., & Rahman, I. K. (2021). Implementasi Kurikulum Tahsin Al-Quran Untuk Remaja di Ma’had Kareem Bil-Quran. TADBIR MUWAHHID, 5(1), 9–26. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.4057
Abstract viewed = 336 times