Implementasi Kurikulum Tahsin Al-Quran Untuk Remaja di Ma'had Kareem Bil-Quran
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.4057Keywords:
Implementasi, Kurikulum, Tahsin, RemajaAbstract
Kewajiban setiap muslim adalah mampu membaca Al-Qur’an sesuai tata cara yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. sejalan dengan perintah Allah lewat firmanNya di surat Al-Muzzamil ayat 4. Fenomena masyarakat awam sejak lama dimana sebagian besar kurang memperhatikan tahsin saat membaca Al-Qur’an. Banyak yang bisa membacanya dengan lancar namun sedikit yang bisa membacannya dengan benar. Pada lembaga-lembaga Al-Qur’an yang menjadi ujung tombak lahirnya kader-kader pengajar dan penghafal Al-Qur’an memiliki tanggung jawab melahirkan para kader yang mumpuni secara kualitas dalam tahsin Al-Qur’an. Hal ini karena dibutuhkannya peran mereka dimasyarakat untuk mengajarkan Al-Qur’an dengan tahsin yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum tahsin untuk remaja di Ma’had Kareem Bil-Qur’an. Salah satu Ma’had yang fokus pada pengaderan dakwah Al-Qur’an pada bidang tahsin dan tahfizh Al-Qur’an. Keunggulan yang dimilki Ma’had ini dalam kurikulum tahsin yang diterapkannya yaitu konsep penguasaan praktik tahsin pada fashahatullisan yang mencakup makhraj, shifat huruf, dan itmmaul harakat dan penguasaan pemahaman teori tahsin lewat penguasaan dua kitab tajwid matan Jazari dan matan Tuhfatul Athfal serta pengambilan ijazah sanad dua kitab tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau field research jenis deskriptif kualitatif dengan sumber data diambil lewat wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi data. Tahap selanjutnya adalah analisis data, reduksi data, penyajian data, terakhir pengambilan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluaasi kurikulum tahsin di lembaga ini berjalan dengan baik.References
AlFadhli, Laili.(2019).Syarah Tuhfatul Athfal. Sukoharjo. Nur Cahaya Ilmu.
AlFarabi, Muhammad. (2019). Dawaamul ibtihal fii syarhi tuhfathil athfal, Bogor. Duta Grafika.
Jazary, Ibnul, (2006). Manzhumah Muqaddimah fima yajibu ala Qooriil qur’ani anya’lamah bittahqiiq Aiman Rusydi Suwaid, Kerajaan Saudi Arabia, Daar Nur al-Maktabah.
Khoiruddin, H., & Kustiani, A. W. (2020).Alfadhli Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Berbasis Metode Tilawati. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 55-68.
Modul Daurah Tajwidul Qur’an Terjemah Jazariyah dari https://www.academia.edu/40750236/Modul_Daurah_Tajwidul_Quran_terjemah_jazariyah
Nurhayah, N., & Muhajir, M. (2020). Implementasi Metode Tilawati dan Metode Iqro’ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. QATHRUNÂ, 7(2), 41-62.
Pikiran Rakyat. (2020) dari https://bekasi.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-12346326/miris-lebih-dari-50-persen-muslim-indonesia-belum-bisa-baca-alquran.
Al-Qoththon, Manna’, (1973), Mabahist Fii Ulumil Qur’an, Riyadh.
Qobil Nashr, Aththiyah, (2018), Ghoyatul Muriid fii Ilmittajwiid, Daarubni Abbas.
Suwaid, Aiman Rusydi. (2016). Tajwid almushawwar(terjemahnya; panduan ilmu tajwid bergambar, mudah dan prkatis),Solo, Zam-zam Mata Air Ilmu.
Muzzammil, Ahmad.(2013).Ulumul qur’an, Tangerang, Ma’had Alqur’an Nurul Hikmah.
Tafsir, Ahmad, Ahmad, Ilmu Pendidikan Islami, (2016). Bandung, Remaja Rosdakarya.
Yanto, Andri. (2016). Ilmu tajwid lengkap, Jakarta, Bisa Learning Centrer.
https://www.uin-malang.ac.id/r/131101/islam-dan-masalah-remaja.html
https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/download/1493/1091
https://digilib.uinsby.ac.id/1883/5/Bab%202.pdf
https://www.academia.edu/8044192/Kurikulum_Pendidikan_Islam
AlFarabi, Muhammad. (2019). Dawaamul ibtihal fii syarhi tuhfathil athfal, Bogor. Duta Grafika.
Jazary, Ibnul, (2006). Manzhumah Muqaddimah fima yajibu ala Qooriil qur’ani anya’lamah bittahqiiq Aiman Rusydi Suwaid, Kerajaan Saudi Arabia, Daar Nur al-Maktabah.
Khoiruddin, H., & Kustiani, A. W. (2020).Alfadhli Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Berbasis Metode Tilawati. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 55-68.
Modul Daurah Tajwidul Qur’an Terjemah Jazariyah dari https://www.academia.edu/40750236/Modul_Daurah_Tajwidul_Quran_terjemah_jazariyah
Nurhayah, N., & Muhajir, M. (2020). Implementasi Metode Tilawati dan Metode Iqro’ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. QATHRUNÂ, 7(2), 41-62.
Pikiran Rakyat. (2020) dari https://bekasi.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-12346326/miris-lebih-dari-50-persen-muslim-indonesia-belum-bisa-baca-alquran.
Al-Qoththon, Manna’, (1973), Mabahist Fii Ulumil Qur’an, Riyadh.
Qobil Nashr, Aththiyah, (2018), Ghoyatul Muriid fii Ilmittajwiid, Daarubni Abbas.
Suwaid, Aiman Rusydi. (2016). Tajwid almushawwar(terjemahnya; panduan ilmu tajwid bergambar, mudah dan prkatis),Solo, Zam-zam Mata Air Ilmu.
Muzzammil, Ahmad.(2013).Ulumul qur’an, Tangerang, Ma’had Alqur’an Nurul Hikmah.
Tafsir, Ahmad, Ahmad, Ilmu Pendidikan Islami, (2016). Bandung, Remaja Rosdakarya.
Yanto, Andri. (2016). Ilmu tajwid lengkap, Jakarta, Bisa Learning Centrer.
https://www.uin-malang.ac.id/r/131101/islam-dan-masalah-remaja.html
https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/download/1493/1091
https://digilib.uinsby.ac.id/1883/5/Bab%202.pdf
https://www.academia.edu/8044192/Kurikulum_Pendidikan_Islam
Downloads
Published
2021-04-25
How to Cite
Amaliah, S., Mujahidin, E., & Rahman, I. K. (2021). Implementasi Kurikulum Tahsin Al-Quran Untuk Remaja di Ma’had Kareem Bil-Quran. TADBIR MUWAHHID, 5(1), 9–26. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.4057
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work