Manajemen Berbasis Sekolah : Optimalisasi Mutu Pendidikan

Authors

  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda Bogor http://orcid.org/0000-0002-4908-4677
  • Iman Subasman Universitas Islam Al-Ihya
  • Endang S B Herawati Universitas Nahdlatul Ulama
  • Venny Oktaviany STKIP Kusumanegara

DOI:

https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.4046

Keywords:

Partisipasi Masyarakat, Sekolah Menengah Atas (SMA), Mutu Pendidikan.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui optimalisasi mutu pendidikan melalui program manajemen berbasis sekolah pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Terpadu Mahmudiyyah. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan mengambil model Milles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa MBS dapat menjadi peluang sekolah untuk mengoptimalkan mutu pendidikan dari aspek delapan standar nasional pendidikan yang terdiri dari standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, standar pembiayaan pendidikan, dan standar sarana prasarana. MBS juga dapat menjadikan sekolah unggul dalam memiliki program kerja dengan berlandaskan kurikulum 2013. Budaya sekolah dan partisipasi masyarakat dapat menjadi salah satu aspek dalam meningkatkan pengelolaan satuan pendidikan berbasis MBS sesuai anjuran pemerintah.

Author Biographies

Rusi Rusmiati Aliyyah, Universitas Djuanda Bogor

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Iman Subasman, Universitas Islam Al-Ihya

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Keislaman

Endang S B Herawati, Universitas Nahdlatul Ulama

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Nahdlatul Ulama

Venny Oktaviany, STKIP Kusumanegara

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, STKIP Kusumanegara

References

Aliyyah, Rusi Rusmiati, Fauziah, Pupu., safitri, Jaihan. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah: Optimalisasi Mutu Pendidikan melalui Pengembangan Kurikulum dan Partisipasi Masyarakat. (Yogyakarta). Samudra Biru.
http://repository.unida.ac.id/401/1/01%20-%20Buku%20Manajemen%20Berbasis%20Sekolah.pdf

Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Wahyuni Ulfah, S., & Ichsan, M. I. (2020). Guru Berprestasi: Penguatan Pendidikan Di Era Revolusi Induatri 4.0. Jurnal Sosial Humaniora, 11(1), 59. https://doi.org/10.30997/jsh.v11i1.2362

Aliyyah, R. R., Mulyadi, D., Widyasari, W., & Kholik, A. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan (Jakarta). Polimedia Publishing. http://repository.unida.ac.id/356/1/Buku%203.%20ManajemenLembagaPendidikan.pdf

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157–165. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran (Bandung). Pt Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2013). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran (Yogyakarta). Gava Media.

Fattah, N. (2012). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (Bandung). Bumi Aksara.

Gunawan, I. (2017). Manajemen Pendidikan (Bandung). Alfabeta.

Indrawan, R. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Surabaya). Refika Aditama.

Kemendikbud. (2013). Panduan Nasional MBS (Jakarta). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Minarti, S. (2017). Manajemen Sekolah (Yogyakarta). Ar-Ruzz Media.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Bandung). Pt Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah (Bandung). Remaja Rosdakarya.

Pidarta, M. (2011). Manajemen Pendidikan Indonesia (Jakarta). PT. Rineka Cipta.

Sagala, S. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan (Bandung). CV Alfabets.

Sallis, E. (2011). Total Quality Management In Education (Yogyakarta). IRCiSoD.

Sanjaya, W. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta). Prenada Media Group.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (Bandung). Alfabeta.

Suartika, I. N., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2013). E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Volum 3 Tahun 2013). 11.

Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan (Jakarta). PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-04-27

How to Cite

Aliyyah, R. R., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Oktaviany, V. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah : Optimalisasi Mutu Pendidikan. TADBIR MUWAHHID, 5(1), 47–67. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.4046
Abstract viewed = 203 times