Manajemen Berbasis Sekolah : Optimalisasi Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.4046Keywords:
Partisipasi Masyarakat, Sekolah Menengah Atas (SMA), Mutu Pendidikan.Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui optimalisasi mutu pendidikan melalui program manajemen berbasis sekolah pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Terpadu Mahmudiyyah. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan mengambil model Milles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa MBS dapat menjadi peluang sekolah untuk mengoptimalkan mutu pendidikan dari aspek delapan standar nasional pendidikan yang terdiri dari standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, standar pembiayaan pendidikan, dan standar sarana prasarana. MBS juga dapat menjadikan sekolah unggul dalam memiliki program kerja dengan berlandaskan kurikulum 2013. Budaya sekolah dan partisipasi masyarakat dapat menjadi salah satu aspek dalam meningkatkan pengelolaan satuan pendidikan berbasis MBS sesuai anjuran pemerintah.References
Aliyyah, Rusi Rusmiati, Fauziah, Pupu., safitri, Jaihan. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah: Optimalisasi Mutu Pendidikan melalui Pengembangan Kurikulum dan Partisipasi Masyarakat. (Yogyakarta). Samudra Biru.
http://repository.unida.ac.id/401/1/01%20-%20Buku%20Manajemen%20Berbasis%20Sekolah.pdf
Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Wahyuni Ulfah, S., & Ichsan, M. I. (2020). Guru Berprestasi: Penguatan Pendidikan Di Era Revolusi Induatri 4.0. Jurnal Sosial Humaniora, 11(1), 59. https://doi.org/10.30997/jsh.v11i1.2362
Aliyyah, R. R., Mulyadi, D., Widyasari, W., & Kholik, A. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan (Jakarta). Polimedia Publishing. http://repository.unida.ac.id/356/1/Buku%203.%20ManajemenLembagaPendidikan.pdf
Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157–165. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran (Bandung). Pt Remaja Rosdakarya.
Daryanto. (2013). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran (Yogyakarta). Gava Media.
Fattah, N. (2012). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (Bandung). Bumi Aksara.
Gunawan, I. (2017). Manajemen Pendidikan (Bandung). Alfabeta.
Indrawan, R. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Surabaya). Refika Aditama.
Kemendikbud. (2013). Panduan Nasional MBS (Jakarta). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Minarti, S. (2017). Manajemen Sekolah (Yogyakarta). Ar-Ruzz Media.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Bandung). Pt Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah (Bandung). Remaja Rosdakarya.
Pidarta, M. (2011). Manajemen Pendidikan Indonesia (Jakarta). PT. Rineka Cipta.
Sagala, S. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan (Bandung). CV Alfabets.
Sallis, E. (2011). Total Quality Management In Education (Yogyakarta). IRCiSoD.
Sanjaya, W. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta). Prenada Media Group.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (Bandung). Alfabeta.
Suartika, I. N., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2013). E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Volum 3 Tahun 2013). 11.
Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan (Jakarta). PT. Bumi Aksara.
http://repository.unida.ac.id/401/1/01%20-%20Buku%20Manajemen%20Berbasis%20Sekolah.pdf
Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., Wahyuni Ulfah, S., & Ichsan, M. I. (2020). Guru Berprestasi: Penguatan Pendidikan Di Era Revolusi Induatri 4.0. Jurnal Sosial Humaniora, 11(1), 59. https://doi.org/10.30997/jsh.v11i1.2362
Aliyyah, R. R., Mulyadi, D., Widyasari, W., & Kholik, A. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan (Jakarta). Polimedia Publishing. http://repository.unida.ac.id/356/1/Buku%203.%20ManajemenLembagaPendidikan.pdf
Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157–165. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran (Bandung). Pt Remaja Rosdakarya.
Daryanto. (2013). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran (Yogyakarta). Gava Media.
Fattah, N. (2012). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (Bandung). Bumi Aksara.
Gunawan, I. (2017). Manajemen Pendidikan (Bandung). Alfabeta.
Indrawan, R. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Surabaya). Refika Aditama.
Kemendikbud. (2013). Panduan Nasional MBS (Jakarta). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Minarti, S. (2017). Manajemen Sekolah (Yogyakarta). Ar-Ruzz Media.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Bandung). Pt Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah (Bandung). Remaja Rosdakarya.
Pidarta, M. (2011). Manajemen Pendidikan Indonesia (Jakarta). PT. Rineka Cipta.
Sagala, S. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan (Bandung). CV Alfabets.
Sallis, E. (2011). Total Quality Management In Education (Yogyakarta). IRCiSoD.
Sanjaya, W. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta). Prenada Media Group.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (Bandung). Alfabeta.
Suartika, I. N., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2013). E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Volum 3 Tahun 2013). 11.
Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan (Jakarta). PT. Bumi Aksara.
Downloads
Published
2021-04-27
How to Cite
Aliyyah, R. R., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Oktaviany, V. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah : Optimalisasi Mutu Pendidikan. TADBIR MUWAHHID, 5(1), 47–67. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.4046
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work